Tips dan Tool Menemukan Nama Domain Terbaik

Mendapatkan nama domain yang tepat untuk blog adalah langkah pertama dan penting untuk sukses membangun blog. Nama domain adalah ‘brand’ bagi blog Anda, dan seperti halnya produk apapun lainnya, jika dari awal kurang tepat dapat memilih nama domain, kemudian suatu saat Anda ingin menggantinya, maka itu adalah sesuatu yang sulit.

Untuk itu sangat penting sejak awal untuk menemukan nama domain, bahkan sebelum Anda melakukan hal lainnya untuk blog Anda.

Saya mengatakan hal ini, karena masih banyak yang ‘mengabaikan’ atau menyepelekan masalah nama domain ini. Namun saya berani memastikan: Anda harus serius dalam memilih nama domain terbaik, jika ingin blog Anda berkembang baik dan menjadi populer.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih nama domain

Memilih dan mendapatkan nama domain memang susah-susah gampang. Untuk itu di bawah saya berikan beberapa pedoman dalam memilih nama domain terbaik:

1. Keyword

Keyword atau kata kunci memegang peranan penting dalam sebuah nama domain. Keyword yang bagus pada domain, juga akan memberi peluang lebih besar untuk berhasil di pertarungan mesin pencari. Tapi ya, mendapatkan domain dengan kata kunci yang bagus seperti webhosting.com sangat-sangat sulit dilakukan saat ini, tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Namun, seiring di pasar selalu muncul ceruk-ceruk baru, kemungkinan mendapat keyword baru pun juga ikut meningkat. Gunakan semua kreativitas yang Anda miliki untuk mendapatkannya.

2. Brand

Yang tak kalah pentingnya jadi pertimbangan saat memilih nama domain adalah ‘BRAND’. Pastikan nama domain yang Anda pilih menarik dan mudah diingat, sehingga orang-orang akan dengan mudah kembali ke blog Anda.

Seringkali nama domain yang ‘unik’ dan sama sekali tidak berhubungan dengan niche blog Anda, justru akan menjadi populer dan itu menjadi brand yang sangat kuat. Anda tahu Google kan? Domainnya sama sekali tidak ada kaitannya dengan kata kunci, namun saat ini justru menjadi rajanya internet.

Untuk itu, selain keyword, perhatikan masalah membangun brand ini untuk nama domain.

3. Panjang domain, ejaan dan lain-lain

semakin pendek domain, semakin baik, karena akan mudah untuk diingat. Namun demikian, bukan hanya faktor nama yang pendek saja yang jadi prioritas. Nama seperti aqcwp.com sepertinya sesuatu yang buruk karena sama sekali tidak ada hubungannya dengan niche blog.

Anda bisa menggunakan tanda strip ( – ) pada domain, namun sebisa mungkin Anda menghindarinya. Selain tanda strip, hindari pula huruf dobel pada domain. DressSite.com sepertinya bukanlah pilihan bagus.

4. Ekstensi domain

Ekstensi .com adalah ektensi domain paling populer dan lazim, namun Anda tidak boleh hanya terpaku pada ekstensi tersebut. Gunakan ekstensi yang paling sesuai untuk website Anda. Misalnya Anda mengelola sebuah organisasi, gunakan .org. Atau .net dan .info juga tidak akan kalah pamor dengan .com.

Tapi ekstensi .com memang paling disukai karena sudah terlanjur identik dengan internet.

Untuk lebih membantu Anda menemukan nama domain terbaik, tips-tips pada artikel berikut mungkin bisa membantu:

Registrat Domain

Ada ratusan registrat domain yang bisa Anda pilih. Namun sama seperti hal lainnya, ada yang bagus, ada yang tidak tidak. Beberapa registrat domain dikenali sebagai scam. Tentu Anda tidak ingin terkatung-katung karena tempat Anda mendaftarkan domain menghilang entah kemana bukan?

Untuk itu, pilih registrat yang telah dikenal baik dan memiliki support yang bagus. GoDaddy, NameCheap dan networksolutions adalah beberapa registrat domain yang terpercaya.

Jika Anda lebih menyukai registrat lokal, beberapa di antaranya yang bisa diandalkan seperti Niagahoster, DewaWeb.

Tool menemukan nama domain

Ada banyak tool yang bisa Anda gunakan untuk membantu menemukan nama domain terbaik. Dan dari sekian banyak alat yang tersedia, berikut pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Domainr.com

Ini salah satu tool inovatif untuk membantu mencari dan menemukan nama domain yang bagus dan unik. Cobalah, siapa Anda bisa menemukan nama domain seperti del.icio.us yang sangat unik dan tampil beda.

2. DomainsBot

Ini semacam mesin pencari untuk nama domain. Anda bisa menentukan panjang karakter atau mengeliminasi tanda strip pada hasil pencarian.

3. NameBoy

Selain ketiga tool di atas, juga ada alat bantu lainnya, seperti:

Nah, selamat berburu nama domain terbaik untuk blog Anda. Sukses selalu!

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here