Tips Jualan agar Cepat Laku

Sekarang bukan hanya penjual saja yang bisa menjual barang, tetapi pengguna atau konsumen pun pada mulai berjualan barang bekas pakainya. Terutama di Grup-grup jual beli di Facebook. Hampir setiap kota punya grup jual beli Facebook sendiri-sendiri. Tetapi banyak dari mereka karena tidak biasa berjualan asal-asalan memposting jualan mereka. Ada beberapa tips jualan agar cepat laku, apa saja itu? Mari simak lebih lanjut.

Jualan di FB agar cepat lakuTips Jualan Online Agar Cepat Laku

1. Tulis Keterangan yang Jelas
Untuk mempermudah, gunakan metode dasar pertanyaan berikut:

  • Apa yang kamu jual?
  • Merk atau jenis apa yang dijual?
  • Apa fungsi barang tersebut? Hal ini tidak perlu jika yang dijual adalah barang yang umum
  • Apa kelebihan dan kekurangannya?
  • Berapa harganya?
  • Bagaimana cara pembayarannya?
  • Bagaimana menghubungimu?

Deskripsi barang sangat penting. Banyak sekali ditemui di beberapa grup jualan tanpa memberikan deskripsi yang jelas, ada pula yang menulis disingkat-singkat, harga by-PM atau yang minat PM. Kalau saya pribadi langsung skip deh, lihat posting jualan seperti itu. Karena menandakan ketidakseriusan penjual dalam menjual barangnya.

2. Sertakan Gambar Barang
Gambar juga sangat penting selain deskripsi barang. Selain bisa menarik pembeli juga dapat meyakinkannya. Banyak istilah, gambar berbicara atau screenshot berbicara. Yah memang demikian, hanya dengan melihat gambarnya kebanyakan orang sudah paham dengan apa yang dijual dan bisa langsung menyimpulkan. Oleh karena itu, buatlah gambar dengan sangat jelas dan menarik, jangan gunakan gambar milik orang lain atau mengambil dari Google.

3. Jawab pertanyaan dengan sopan
Setiap orang punya karakter berbeda, dalam hal ini pembeli terkadang menawar jauh dibawah harga pasar, atau mendiskreditkan jualan. Kamu harus cooling down, jangan terbawa emosi,,,,jawab dengan santai dan meyakinkan. Jangan layani perdebatan tetap fokus pada jualan kamu!

4. Jujur dan tidak berbelit-belit
Kepercayaan adalah kunci penting dalam jual beli. Jujur memegang kunci penting, agar jualan kamu berkah. Sekali kamu berbuat curang atau bohong dengan jualan kamu, maka berakhirlah akun FB mu. Mungkin kamu bisa buat akun yang lain, tetapi rasa bersalah niscaya akan menghantuimu!

Itu beberapa tips penting berdasarkan pengalaman jual beli di grup Facebook. Kadang saya sebagai konsumen dan kadang pula ikut berjualan barang bekas. Kalau yang berjualan lewat web toko online saya rasa banyak sekali yang sudah membahasnya! Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis,
Jonathan adalah seorang blogger amatiran yang menulis apa saja semaunya. Kadang menulis juga untuk Babeh.id ala kadarnya. Kadang menulis untuk blog tanaman, wisata, dan sebagainya. Intinya blogger dengan niche gado-gado yang membuat hidup lebih hidup biar tidak bosan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here