Cara memilih bawang Bombai yang bagus
Source Image: ThanhThu/ Adobe Stock

Tips Memilih dan Memasak Bawang Bombay

ERUDISI.com – Memilih bawang Bombay memang tidak bisa asal pilih agar mendapatkan bawang yang enak dan manis. Ada beberapa rahasia yang perlu kita lakukan saat membelinya.

Bawang Bombay dan Khasiatnya

Bombai merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang berbentuk bulat dan daging tebal.  Biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Bahkan sering jadi pelengkap menu seperti pizza, burger dan lainnya.
Disebut bombai karena yang membawanya ke Indonesia adalah pedagang dari Bombai (sekarang Mumbai) India.

Kandungan dalam  bombai terdiri dari 90% air, serat makanan, gula, vitamin dan mineral. Sementara kandungan garamnya sangat rendah tetapi kandungan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan asam folatnya tinggi. Begitu juga asam amino, yaitu arginine dan asam glutamat sangat besar.

Manfaat dari Bombai adalah menurunkan kolesterol dalam tubuh, menjaga kesehatan pembuluh darah, melindungi jantung, dapat mencegah kanker,. menurunkan kadar gula  dan banyak lagi.

Memilih dan Memasak Bawang Bombay

Banyak sekali makanan yang bisa  kita buat menggunakan bawang Bombai seperti sayur sop, sayur capcay, , ayam saus mentega, pizza, hingga budger..Bawang ini memang sangat enak apalagi kita masak sebentar saja malam akan lebih nikmat dan manisnya terasa.

Tapi tak semua bawang Bombay memiliki rasa manis lho. Kita harus bisa memilih bawang yang manis.

Satu hal yang perlu kita ingat saat membeli atau memilih bawang Bombai yang bagus. Pilihlah bawang Bombay yang memiliki kuncup datar.

Semakin datar kuncupnya semakin manis. Sebaliknya semakin tinggi kuncup berarti sudah mulai mengeluarkan daun artinya nutrisi sudah akan disalurkan untuk pertumbuhan daun, sehingga rasanya tidak lagi manis.

Satu lagi untuk mendapatkan rasa manis yang perlu kita perhatikan adalah cara memasaknya. Masaklah menggunakan api sedang cenderung kecil dan tidak butuh waktu lama dan menunggu dia matang. Tanda Bombai sudah siap masak adalah sampai layu saja.

Itulah tips memilih dan memasak bawang Bombay yang bisa jadi pengetahuan untuk yang sedang memasak menggunakan bahan ini. Terimakasih dan selalu temukan jawaban dan inspirasi di Erudisi ya.

Check Also

Penyedap rasa NON MSG

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

ERUDISI.com – Masih banyak penyedap alami pengganti penyedap buatan. Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG …