Cara mudah memilih ikan segar
Source Images: Alexraths/Getty

Tips Memilih Ikan Segar dengan Mudah dan Anti Ribet

ERUDISI.com – Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam saat berbelanja. Ikan segar tentu saja akan sangat baik baik tubuh kita.

Ikan mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Diantaranya mencerdaskan otak, menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga konsumsi ikan sangat penting untuk kita dan keluarga.

Daging ikan memiliki serat-serat protein yang lebih pendek dibandingkan serat-serat protein daging sapi atau ayam. Oleh karenanya ikan dan hasil produknya banyak orang manfaatkan orang terutama yang mengalami kesulitan pencernaan karena ikan mudah dicerna.

Begitu juga vitamin yang ada dalam ikan sangat banyak diantaranya vitamin A, D, Thiamin, Riboflavin,dan Niacin. Ikan juga memiliki kandungan mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium dan phosphor.

Seperti kita ketahui, ada dua kelompok vitamin dalam ikan yaitu larut dalam air dan larut minyak. Yang larut dalam minyak yaitu vitamin A dan Vitamin D dalam minyak ikan. Tentu saja vitamin ini sangat bagus kita konsumsi.

Tapi banyak dari kita masih keliru untuk memilih ikan yang segar. Bahkan tidak memperhatikan kesegarannya saat membelinya. Nah kali ini Erudisi akan berbagi memilih ikan segar.

INI TIPS MEMILIH IKAN SEGAR

1. Perhatikan Kulitnya

Jika kulit Ikan memiliki warna yang terang dan cerah ini menandai dagingnya yang segar. Saat membeli maka tekanlah kulit ikan,jika masih kuat dan tekstur daging keras. Ini artinya ikan masih segar. S

Sebaliknya jika saat kita tekan kulit ikan bertekstur lembek dan lunak, ini bisa dipastikan ikannya sudah rusak.

Selain itu jika warna – warna khusus dan corak pada ikan masih terlihat jelas. Seperti warna kuning pada punggung dan ekor Ikan Ekor Kuning, corak pada Ikan Baronang, atau corak garis pada ikan Tongkol artinya kesegarannya masih terjaga dan recommended dibeli.

2. Perhatikan Sisik

Kesegaran ikan juga bisa terlihat pada sisiknya yang melekat kuat dan mengkilat. Jika kita pegang terasa utuh dan tidak banyak yang terlepas. Maka ikan ini masih baru dan bagus untuk konsumsi.

3. Insang

Tahap berikutnya perhatikan bagian insang, jika masih berwarna merah dan terang berarti ikan bagus konsumsi. Biasanya ikan segar insangnya tertutup oleh len­dir berwarna jernih dan berbau segar spesifik ikan.

4. Memilih Ikan Segar: Perhatikan Mata Ikan

Mata Ikan yang bagus memiliki kondisi mata yang terang, jernih, agak cembung menonjol. Perhatikan jika mata ikan tenggelam atau masuk ke dalam, ini menandakan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar lagi dan tidak baik konsumsi.

5. Tekstur Daging

Jika ikan memiliki tekstur daging kenyal maka ini menandakan proses rigormortis masih berlangsung. Rigormortis adalah proses otot-otot yang bekerja dan membentuk otot kaku pada hewan dan ikan yang masih segar.

Bila kita tekan dengan jari, tidak tampak bekas lekukan, maka daging tersebut segar. Bahkan daging yang segar juga bisa terlihat dari daging yang masih melekat kuat pada tulang.

Itulah beberapa tips memilih ikan segar. Semakin segar dan fresh ikan maka akan baik dikonsumsi. Sebelum membeli juga perlu diperhatikan apakah jenis ikan tersebut alergi bagi tubuh atau tidak.

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika memiliki alergi aoda makanan laut. Semoga bermanfaat ya.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi dimanapun dan kapanpun. Terima kasih dan jangan lupa bagikan artikel -artikel kami ya.

Check Also

Cara memilih bawang Bombai yang bagus

Tips Memilih dan Memasak Bawang Bombay

ERUDISI.com – Memilih bawang Bombay memang tidak bisa asal pilih agar mendapatkan bawang yang enak …