Cara mudah menabung uang jajan bagi pelajar
Image: University Visitor Network

Tips Menghemat Uang Jajan bagi Pelajar

ERUDISI.com. Pelajar juga perlu untuk menghemat uang. Hal ini sangat bermanfaat untuk mereka tidak saja dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang.

Jika anda pelajar atau memiliki anak yang masih berstatus pelajar bisa menerapkan tips ini ya.

1. Buatlah

Seperti kita ketahui Sinking Fund adalah dana yang sengaja seseorang kumpulkan untuk kepentingan tertentu. Seperti membeli tas, bedak, handphone, laptop atau lainnya.

Pada dasarnya rumus sinking fund setiap orang berbeda mengikuti kondisi keuangan masing-masing. Tapi pada umumnya rumus yang sering ditetapkan orang pada kondisi keuangan stabil adalah kebutuhan pokok 30%, 10% investasi, 20% dana darurat, 10% donasi dan sinking find 20%.

Jadi jika seperti itu maka jika anda pelajar maka bisa menyisihkan uang jajan setiap hari 30 % dari uang jajan yang ada.

Cara ini akan membuat uang kita bisa diatur dan kita bisa mengendalikan keuangan dengan baik.

2. Jajan Seperlunya

Usahakan untuk menetapkan budget belanja harian. Jika memberikan uang secara minggu atau bulanan maka masukkan dalam pos-pos masing-masing dengan tepat.

Cara mudah menabung uang jajan bagi pelajar
Image: University Visitor Network

3. Menghemat bagi Pelajar: Cari Uang Tambahan

Tak ada salahnya jika mencari uang tambahan selama tidak menganggu aktifitas belajar. Bisa dengan menawarkan jasa mengajar anak-anak, jualan, menjadi reseller dan keahlian lain sesuai passion.

Jika sudah menghasilkan maka jangan lupa langsung tabung untuk sinking fund maupun dana darurat.

Jika sinking fund untuk sesuatu yang jelas maka dana darurat untuk hal-hal bersifat urgent.

4. Biasakan selalu mencatat uang masuk dan keluar

Ya biasanya sekecil apapun uang yang diterima. Usahakan untuk mencatatnya di buku atau di smartphone. Cara ini akan membuat kita terbiasa rapi dan bisa mengendalikan diri dengan baik.

5. Belajar dengan Prinsip Membeli Karena Kebutuhan Bukan Keinginan

Nah, ini poin penting yang wajib diperhatikan untuk setiap pelajar. Meskipun uang jajan yang diberikan tidak terlalu besar dan jika dikelola dengan baik akan sangat besar manfaatnya. Percayalah, sudah banyak yang membuktikan.
Belajarlah memiliki prinsip bahwa apa yang kita beli bukan karena keinginan semata tapi karena memang kita butuh.
Hanya karena suatu barang sedang viral atau lucu lalu kita membelinya tanpa tahu fungsinya. Sungguh sebuah hal yang sia-sia dan membuat keuangan kita jadi berantakan.

Itulah beberapa tips menghemat uang bagi pelajar. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Temukan jawaban dan inspirasi bersama Erudisi. []

Check Also

Soft Skill Anak Remaja

4 Soft Skill Penting Dimiliki Remaja Hadapi Industri 4.0

ERUDISI.com – Pentingnya Soft Skill untuk Anak Remaja dalam mempersiapkan era industri 4.0. Remaja adalah …