Tips Menjadi Pribadi Bermental Baja

Apakah Anda merasa bahwa Anda adalah seorang yang cukup kuat secara mental dan emosional?

Memang, butuh waktu bagi setiap orang untuk menjadi seorang yang bermental baja. Hanya saja perbedaannya ada beberapa orang yang lebih cepat mencapainya dibandingkan orang lain.

Jadi, jika Anda benar-benar peduli atau ada kekhawatiran tersendiri terhadap kekuatan mental Anda, terapkanlah beberapa hal di bawah ini, untuk mencapai sukses dalam kehidupan Anda.

1. Hargai diri sendiri apa adanya
Kembangkan sikap menghargai diri sendiri dan selalu berpikir bahwa Anda membawa ‘nilai’ tersendiri bagi dunia.

Meskipun misalnya, Anda mengidap suatu kondisi kesehatan serius, yang belum ada obatnya, misalnya, usahakanlah untuk menghias hari-hari Anda lebih ceria, dengan melakukan hal-hal yang membahagiakan.

2. Habiskan waktu bersama orang terdekat
Sempatkan waktu untuk berada dekat dengan orang-orang terdekat di hati Anda, terlebih saat Anda menghadapi tekanan atau kondisi yang tidak nyaman.

Berbagilah kesedihan, kegelisahan serta nestapa yang Anda alami, seringkali dari merekalah Anda menemukan solusi efektif keluar dari berbagai kesulitan. Jika pun tidak, setidaknya perasaan Anda akan jauh lebih baik.

3. Rubah pikiran negatif
Kapanpun pikiran negatif muncul di pikiran, segeralah tolak, ganti dengan pikiran yang positif. Cobalah berusaha untuk menyadari bahwa mengembangkan pikiran positif akan memberi kekuatan dan kepercayaan diri yang kuat untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam hidup.

4. Fokus terhadap pekerjaan Anda hari ini
Saya ingat ada satu ujar-ujar: ‘Jangan menyesali masa lalu, jangan pula terlalu merisaukan masa depan!’ Ya. Saya setuju dengannya. Kita hidup hari ini, bukan di masa lalu, dan masa depan, tidak ada seorang pun yang apa yang akan terjadi. Apa guna merisaukannya?

Dengan berkonsentrasi melakukan yang terbaik hari ini yang bisa dilakukan, masa depan yang lebih baik pasti akan mengikuti, karena masa depan adalah buah dari apa yang kita kerjakan hari ini.

Kerjakan yang terbaik hari ini, tanpa diganggu bayangan kegagalan masa lalu, maka mental Anda menjadi jauh lebih kuat.

5. Tidur yang cukup
Jangan merampas kebutuhan Anda untuk tidur. Tidur adalah hal yang sangat penting bagi untuk mengistirahatkan diri, bukan hanya fisik, tapi juga pikiran Anda!

Jadi, lepaskanlah semua ketegangan, dan tidurlah, agar besok Anda bangun lebih segar, pikiran lebih jernih, dan mental Anda lebih kuat lagi.

6. Olahraga teratur
Saya tahu, betapa sukarnya dapat berolahraga teratur. Tapi, cobalah Anda menyadari bahwa melakukan kegiatan fisik yang cukup, adalah hal sangat penting bagi kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

Anda tidak harus melakukan olahraga 2 jam perhari di tempat fitness, atau masuk ke klub kebugaran. Hal-hal kecil, seperti berjalan cepat setiap pagi atau sore hari selama 30 menit, sudah cukup banyak membantu pikiran Anda tetap jernih.

Terakhir, hindarilah ketergantungan terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang. Itu semua dapat membunuh kepercayaan diri, stabilitas mental, bahkan mungkin jiwa Anda! Ketergantungan terhadap apapun selalu bukanlah hal baik, apalagi ketergantungan terhadap sesuatu yang jelas-jelas merusak tubuh dan kondisi kesehatan Anda.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here