Tips menyegarkan Mata yang Kelelahan

Mata lelah merupakan suatu kondisi mata yang sering dialami terutama bagi para blogger atau pekerja kantor yang setiap harinya menghadap layar komputer atau Anda yang suka bermain dengan gadget, pasti pernah merasakan mata pedih, pegal, perih dan mulai buram ketika memandang layar monitor.

Jika hal ini telah Anda rasakan, sebaiknya segera berhenti menatap monitor. Ini adalah tanda bahwa mata Anda telah mencapai batas maksimal atau kelelahan.

Jika diteruskan, bisa mengakibatkan hal-hal buruk pada mata Anda, sepertit mata minus, mata plus dan berbagai macam penyakit mata lainnya.

Di bawah ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat mata kelelahan untuk mengembalikan kesehatannya.

Memandang ke titik fokus jauh

Ketika bekerja dengan komputer, mata hanya fokus pada satu titik yang relatif dekat. Dan itu dilakukan selama berjam-jam dan berulang setiap hari.

Kegiatan ini membuat otot mata hanya fokus pada titik yang berjarak dekat dan dilakukan dalam waktu yang relatif lama, sehingga otot-otot mata berkurang elastisitasnya.

Tips mengatasi mata lelah dengan memandang ke titik fokus jauh yaitu dengan memandang suatu titik atau pemandangan yang berjarak jauh.

Ketika mata mulai terasa lelah ketika menatap objek yang berjarak dekat, cobalah Anda pandangkan mata pada titik yang berjarak jauh atau keluar sejenak untuk melihat ke sekeliling.

✔ Populer :  Menjaga Kesehatan Diri dan Bayi Selama Kehamilan

Pemandangan hijau berupa pepohonan dapat menyegarkan mata. Lakukan kegiatan ini secara rutin ketika Anda sibuk di depan layar monitor, untuk melatih otot mata yang tegang agar tetap terjaga keelastisannya.

Jika memungkinkan, pilihlah tempat kerja yang dekat dengan jendela sehingga Anda dapat dengan mudah melihat pemandangan keluar melalui jendela.

Senam mata menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi mata lelah. Caranya yaitu dengan memandang suatu titik fokus terjauh selama 15 detik lalu alihkan pandangan pada titik yang dekat (kira-kira berjarak 1-2 meter dari mata) selama 10 detik.

Lakukan cara ini secara bergantian selama kurang lebih 30 menit maka mata Anda akan menjadi rileks. Akan lebih baik jika dilakukan di pantai, di daerah persawahan atau di suatu dataran tinggi dimana Anda dapat melihat jarak yang jauh.

Merambang mata

Mengatasi mata lelah dengan cara merambang mata merupakan teknik tradisional namun masih efektif digunakan sampai sekarang. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk merambang mata.

Caranya ambil beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan lalu siram dengan air panas dan biarkan menjadi dingin. Kemudian sari daun sirih diletakkan dalam piring, kedipkan mata Anda di dalam piring tersebut.

✔ Populer :  10 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Jantung

Selain mengatasi mata yang lelah, cara ini terbukti ampuh untuk menyegarkan bola mata.

Mengompres mata dengan timun

Hal ini umumnya sering dilakukan oleh wanita, yaitu mengompres mata dengan timun ketika melakukan spa atau perawatan di salon. Nah, sebenarnya hal ini juga bisa dilakukan oleh laki-laki.

Jadi bagi Anda yang suka begadang atau bekerja di depan layar komputer, timun memiliki banyak kandungan air yang membantu mengembalikan kelembaban mata dan membuat mata segar kembali.

Kandungan air dalam timun ini akan membantu syaraf di area mata menjadi rileks. Timun juga dipercaya dapat mengatasi “mata panda” bagi Anda yang hobi begadang.

Caranya cukup mudah, iris mentimun kemudian letakkan di area mata. Namun jangan gunakan mentimun yang baru diambil dari lemari es, tapi biarkan timun sampai bersuhu normal.

Jika sudah bersuhu normal, mentimun siap digunakan untuk mengompres mata. Mengompres mata dengan timun terbukti efektif digunakan sebagai penyegar mata lelah.

Menyegarkan mata dengan tomat

Sudah tidak diragukan lagi bahwa tomat memiliki banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi mata. Selain dikonsumsi secara langsung, tomat juga dapat diaplikasikan sebagai masker mata.

✔ Populer :  Apakah Hal-hal Fisik Mempengaruhi Kesehatan Mental

Caranya yaitu dengan mengiris tipis tomat, lalu ditempelkan pada mata dengan posisi mata terpejam. Diamkan selama 30 menit. Angkat, lalu bersihkan mata. Selain membuat mata menjadi segar kembali, masker tomat juga dapat merelaksasi mata.

Istirahat

Cara menyegarkan mata karena kurang tidur yaitu dengan memberi waktu bagi mata untuk tidur atau memejamkan mata sejenak. Dengan beristirahat membuat mata menjadi segar kembali.

Tetes mata dengan propolis

Anda juga bisa menggunakan propolis murni yang diteteskan ke mata. Bisa juga menggunakan madu propolis, caranya sama yaitu dengan meneteskan madu propolis ke mata, namun cara ini memberi sensasi sakit dan perih yang luar biasa pada mata. Tapi dampaknya bisa Anda rasakan seketika setelahnya.

Jika beberapa tips di atas telah dilakukan, namun Anda masih merasakan pegal pada mata, sebaiknya Anda “berpuasa” dengan tidak melihat layar gadget atau komputer selama beberapa hari.

Dan jika masalah masih berlanjut, sebaiknya segera mengunjungi dokter mata untuk konsultasi lebih lanjut.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu membuat mata Anda kembali segar.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992