Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman bagi Anda yang Menggunakan Motor

Tips Mudik Lebaran

Mudik lebaran merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun yang pasti terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di musim mudik, jalan raya utama pasti dipenuhi dengan lautan kendaraan pribadi yang menuju ke kampung halaman masing-masing.

Perjalanan mudik lebaran yang begitu lama dan melelahkan seringkali dirasakan oleh para pemudik, terlebih jika kondisi cuaca yang tidak baik seperti panas begitu terik atau hujan lebat. Untuk itu sangat perlu menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam perjalanan mudik supaya Anda tetap merasa nyaman dan aman.

Selain menggunakan kendaraan roda empat untuk mudik lebaran, tidak sedikit yang memilih menggunakan kendaraan roda dua. Berikut adalah beberapa tips mudik lebaran untuk para pengendara motor supaya perjalanan mudik lebih aman dan nyaman.

Pastikan Kondisi Sepeda Motor Baik

Sebelum melakukan perjalanan jauh mudik lebaran, servis sepeda motor lebih dulu supaya tidak terjadi masalah di perjalanan. Siapkan peralatan seperti obeng, kunci busi ataupun peralatan lain buat jaga-jaga jika ada masalah pada motor. Jangan lupa sediakan juga jas hujan di dalam jok motor, karena hujan bisa datang kapan saja.

Selain memastikan kendaraan sepeda motor dalam kondisi baik, siapkan identitas diri seperti KTP, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK. Tiga administrasi tersebut wajib Anda bawa supaya nyaman saat mudik karena tidak perlu khawatir jika mungkin ada pemeriksaan oleh Polisi Lalu Lintas (Polantas).

Perlindungan Diri

Alat perlindungan diri yang diperlukan untuk pengendara sepeda motor sudah pasti adalah helm. Pakailah helm SNI dan sesuai dengan ukuran kepala, agar perjalanan mudik lebaran nyaman dan aman.

Karena akan melakukan perjalanan jauh, gunakan jaket tebal supaya tidak masuk angin. Gunakan sarung tangan agar terhindar dari terik panas matahari. Pakai masker agar tidak terkena polusi udara selama perjalanan mudik.

Pakailah sepatu agar kaki terasa nyaman, tidak kepanasan saat disiang hari dan tidak kedinginan saat malam hari. Untuk pakaian sebaiknya gunakan pakaian yang simpel agar ruang gerak Anda lebih leluasa serta merasa nyaman selama berkendara.

Bawa Bekal Secukupnya

Saat mudik lebaran dengan perjalanan jauh, bawalah bekal secukupnya. Mulai dari bekal makanan, minuman dan uang tunai. Siapkan juga ATM, jaga-jaga jika uang tunai habis di perjalanan. Untuk bekal sebaiknya bawa juga obat-obatan ringan seperti plester, obat merah dan minyak kayu putih.

Jangan Sampai Muatan Berlebihan

Yang biasa terjadi di Indonesia saat mudik lebaran adalah membawa terlalu banyak barang. Sebaiknya Anda menghindari muatan yang berlebihan, karena selain berbahaya juga akan membuat perjalanan mudik Anda tidak nyaman. Kemas semua barang bawaan Anda dengan praktis mudah dibawa.

Nikmati Perjalanan Mudik Lebaran Anda

Saat perjalanan mudik lebaran, nikmatilah perjalanan Anda. Jika badan terasa capek maka istirahatlah sebentar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Patuhi peraturan lalu lintas karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Terakhir, supaya mudik lebaran lebih mengesankan, Anda bisa mengabadikan momen perjalanan mudik lebaran menggunakan kamera ponsel. Mengambil foto dengan tujuan untuk kenang-kenangan sekaligus agar tidak bosan selama berkendara.