Tips Sederhana Membangun Tulisan untuk Blogger Pemula

Lagi-lagi menulis. Ya, menulis memang sudah menjadi rutinitas seorang blogger. Tanpa tulisan blog mereka bukanlah apa-apa. Karena blog yang disukai pembaca adalah blog yang memiliki banyak bacaan-bacaan yang baik, dan bermanfaat.

Namun yang menjadi masalah adalah blogger pemula. Tidak jarang background blogger pemula bukanlah berasal dari hobi yang suka menulis maupun jurnalis. Sehingga itulah yang menjadi tantangan awal blogger pemula untuk mau belajar betul-betul dari dasar untuk menciptakan tulisan-tulisannya.

Tidak sulit sebenarnya. Untuk menulis pada blog pribadi tidak ada aturan pasti dalam menulis yang harus kita tekankan. Menulisartikel dalam blog pribadi kita bebas menggunakan gaya bahasa dan cara penyampaian kita sendiri, atau pun juga menggunakan bahasa-bahasa sendiri yang tidak baku juga tidak jadi masalah. Namun perlu di perhatikan juga tidak semua topik artikel dapat kita sampaikan dengan gaya bahasa sendiri yang tidak baku contoh seperti artikel review, berita dll karena tulisan Anda akan di anggap main-main atau tidak serius.

Penulisan artikel untuk blog adalah termasuk tulisan yang singkat atau ringkas. Jadi Anda cukup menyampaikan informasi dengan tulisan yang sesingkat mungkin dan terperinci namun mudah di pahami itu jauh lebih bagus. Karena tidak jarang blog-blog yang kita temui menggunakan bahasa yang berbelit-belit sehingga sulit di cerna alhasil pesannya tidak ter-sampaikan.

Nah untuk Anda yang ingin belajar menciptakan tulisan-tulisan ada baiknya ada membaca tips-tips berikut.

1. Membuat tulisan pertama

Untuk pertama mungkin Anda bingung mau menulis apa. Nah maka dari itu Anda harus rajin membaca tulisan-tulisan orang lain. Saya yakin jika Anda sudah memahami apa inti bahasan yang ingin ada tulis pasti akan mudah untuk ditulis. Tips sederhananya adalah tulis lah kembali tulisan orang lain. Maksudnya adalah, baca artikel orang lain sampai paham apa yang disampaikannya. Lalu tulis kembali dalam blog Anda dengan gaya bahasa tulisan Anda sendiri. Walaupun tulisan berbeda namun yang disampaikan tetap sama, begitu juga sebaliknya. Itu jauh lebih sopan dari pada copy paste!.

2. Jadikan pribadi yang suka membaca

Anda bisa tanyakan pada setiap penulis. Dari mana dia bisa menciptakan tulisan jika tidak pernah membaca tulisan-tulisan orang lain. Dengan banyak membaca otomatis kita juga akan mendapatkan banyak wawasan sehingga wawasan itulah yang nantinya akan kita jadikan bahan atau referensi tulisan kita.

Bukan hanya itu, dengan sering membaca juga akan melatih otak untuk berfikir logis dan sistematis. Intinya adalah jika Anda ingin pandai menulis maka Anda harus banyak membaca.

3. Membangun karakter diri dalam tulisan

Dari mana Anda bisa membangun karakter tulisan Anda? Jawabannya adalah terus menulis. Lakukan berulang-ulang maka Anda akan melihat karakter Anda sendiri. Jangan pernah takut apa lagi minder. Saya yakin blogger pemula pasti minder dengan apa yang ia tulis. Jangan pernah minder, tulis lah dengan gaya bahasa kamu, karena disitu karakter tulisan kamu akan dikenal dan berbeda dengan yang lainnya. Karakter tulisan bisa dilihat dari penyampaian dan gaya bahasa.

Perlu di ingat juga, dalam menggunakan gaya bahasa usahakan gunakan bahasa yang di mengerti orang. Karena tulisan yang ber-karakter itu ditulis dari hati, bukan sekedar tulisan-tulisan omong kosong.

Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa menjadikan tulisan Anda lebih baik lagi termasuk saya, karena saya juga masih seorang pemula.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here