Tips memilih sekolah terbaik menurut ayah Edy Parenting
Ilustrasi anak usia sekolah. Source Image; Learning Lift Off

Tips Pilih Sekolah Anak Menurut Ayah Edy Parenting

ERUDISI.com – Tips pilih anak sekilas terkesan sangat mudah. Namun, saat dihadapkan pada beberapa pilihan sekolah, kita akan mengalami kesulitan untuk memilih sekolah yang tepat. Apalagi, semua sekolah sama-sama memiliki nilai plus.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat berada pada kondisi seperti ini? Jangan bingung!

Cara yang Baik untuk Anak

yang baik untuk anak dari berikut bisa jadi panduan.

Keramahan Guru dan Staf di Sekolah

Poin utama saat kita memilih sekolah untuk anak adalah keramahan guru dan para staf di sekolah. Hal tersebut bisa jadi tolak ukur kenyamanan anak saat bersekolah di sana.

Dari kondisi ini, kita bisa menilai apakah kesiapan sistem dan sumber daya sekolah tersebut sudah terkoordinasi dengan baik atau belum.

Jika guru tidak ramah, otomatis dia tidak akan sabar mendampingi anak-anak belajar. Begitu juga, saat anak-anak berbuat kesalahan dengan membuang sampah sembarangan, staf kebersihan akan memarahinya habis-habisan.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah seberapa ramah guru dan semua staf di lingkungan sekolah.

Pilih Sekolah yang Mau Berkomitmen

Hal berikutnya yang wajib dipertimbangkan saat memilih sekolah anak adalah seberapa besar keinginan sekolah untuk bekerja sama dengan dalam mendidik anak.

Apakah sekolah meminta atau mengajak orang tua untuk berkomitmen dan bekerja sama dalam pendidikan anak? Atau, sekolah menyelenggarakan pendidikan hanya sekedar untuk memenuhi syarat dan aturan administrasi saja. Hal ini bisa jadi pertimbangan bagi orang tua memilih sekolah.

Pendidikan anak sejatinya bukan sekedar formalitas, tetapi prioritas untuk mencapai target agar anak dapat memaknai hidup dan siap menghadapi tantangan pada zamannya.

Sekolah yang berkualitas akan mengajak orang tua bersama-sama mendidik anak.

Lingkungan Sekolah

Perhatikan kondisi lingkungan sekolah karena hal ini akan berpengaruh pada pembentukan karakter anak.

Perhatikan cara bergaul antar siswa. Apakah mereka terbiasa memuji atau mengejek? Apakah siswa-siswa dominan menggunakan bahasa yang sopan atau kasar? Apakah mereka lebih senang merundung atau berbaur?

Hal ini bisa jadi pertimbangan sederhana dalam memilih sekolah untuk buah hati tercinta.

Kantin Sekolah

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui kesehatan lingkungan sekolah adalah dengan mengunjungi kantin atau tempat anak-anak berkumpul. Meski terkesan receh, tetapi hal ini sangat penting jadi perhatian orang tua.

Apakah banyak pedagang makanan di sekitar sekolah? Jika peduli terhadap kesehatan siswa, sekolah tidak akan mengizinkan pedagang makanan yang tidak higienis untuk berjualan di sekitar sekolah.

Toilet Sekolah

Jangan lupa perhatikan toilet sekolah, ya. Sekolah yang peduli pada kebersihan tidak akan membiarkan toiletnya kotor dan bau.

Apabila toilet kotor dan bau, bisa kita simpulkan bahwa sekolah tidak peduli dengan kebersihan.

Bersih atau tidaknya toilet bisa jadi tolak ukur kepedulian pihak sekolah terhadap lingkungan sekolah.

Tips ini diambil dari penjelasan Ayah Edy Parenting di beberapa video tentang pendidikan anak. Tipsnya sangat sederhana, tetapi efeknya luar biasa bagi anak kita. Jangan sampai salah memilih sekolah untuk buah hati, ya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi orang tua yang sedang mencari sekolah untuk anaknya, ya. Pastikan poin di atas bisa jadi pertimbangan.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

[]

Check Also

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah (Sumber foto:pixabay)

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah

ERUDISI.com – Hari libur sekolah telah tiba pasti kita sebagai orang tua ingin sekali membuat …