Tips SEO WordPress untuk Meningkatkan Trafik

Ada banyak cara meningkatkan trafik blog WordPress melalui SEO, namun jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blog, terutama pengguna WordPress.org dengan self-host, maka ada beberapa tips SEO yang bisa dilakukan.

Berikut tips SEO WordPress untuk meningkatkan trafik blog:

1. Rubah struktur permalink

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengganti struktur permalink, sehingga terdiri dari teks definitif, alih-alih hanya nomor pos.

Permalink default WordPress adalah http://www.bloganda.com/?p=123. Dari menu Pengaturan >> Permalink, pilih Struktur Tersuai, dan masukkan “/%category%/%postname%/” untuk merubah permalink dengan menyertakan kategori dan judul posting. Jika mau, Anda juga cukup masukkan “/%postname%/” untuk hanya menyertakan judul pos sebagai permalink.

Menampilkan kategori dan judul pos pada URL pos memberi informasi lebih lengkap kepada mesin pencari tentang konten Anda dibanding hanya berupa angka ID.

2. Tulis deskripsi pos

Jangan mengandalkan deskripsi otomatis atau cuplikan dari konten Anda sebagai deskripsi posting. Optimasi deskripsi pos dengan menulis secara singkat tentang konten pos Anda. Sertakan keyword yang menjadi target.

Deskripsi pos yang baik, lugas dan informatif, tidak hanya memberitahu mesin pencari tentang isi pos Anda, namun sekaligus menarik minat orang untuk mengkliknya ketika muncul di halaman hasil pencarian.

3. Optimasi nama file gambar dan alt-tag

WordPress menyediakan cara sangat mudah untuk mengganti dan mengoptimasi alt-tag dan nama file image. Saat Anda mengunggah gambar, Anda dapat mengganti judul dan alt-tag gambar dengan mudah.

Nama dan alt-tag gambar yang deskriptif dan mengandung kata kunci, memberi peluang lebih baik kepada mesin pencari untuk mengenali konten Anda.

4. Tingkatkan kecepatan loading halaman

Seberapa lama halaman pos dan laman blog Anda dimuat pada browser pengguna, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ranking hasil pencarian. Karena itu, selalu menjadi penting untuk membuat blog Anda dapat diakses cukup cepat oleh pengunjung.

Untuk meningkatkan kecepatan, Anda bisa membuang beberapa elemen yang tidak terlalu penting. Selain itu menggunakan plugin cache seperti WP Super Cache, dapat membantu mempercepat blog.

5. Tautan ke pos terkait

Daftar pos terkait yang tampil di akhir artikel, tidak hanya bagus untuk membuat pembaca berada lebih lama di blog Anda dengan menyuguhkan konten relevan dari pos yang sedang mereka baca, namun juga membantu mesin pencari menemukan konten lama Anda lebih mudah.

Fitur ini biasanya sudah tersedia dari theme yang Anda gunakan, namun jika mau Anda juga dapat menggunakan plugin untuk melakukannya, salah satu yang suka adalah Yet Another Related Post.

6. Gunakan plugin SEO

Tersedia banyak plugin WordPress SEO untuk membantu Anda dalam proses SEO guna meningkatkan ranking hasil pencari di search engine.

Pilihan bagus adalah plugin WordPress SEO by Yoast. Ia dapat membantu mengidentifikasi kata kunci target, membuat judul yang baik, menambahkan deskripsi dan banyak lagi. Plugin ini juga cukup mudah digunakan dan hasilnya sangat efektif.

Nah, itulah beberapa tips SEO WordPress untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari. Anda punya pengalaman lain, silakan berbagi melalui komentar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here