Cara membuat kulit Puff Pastry
Source Image: Termomix

Tips Sukses Membuat Puff Pastry Renyah Berlapis-Lapis

ERUDISI.com sukses membuat Kulit Sendiri.  Siapa yang tidak suka dengan olahan Puff Pastry. Rasa roti yang memiliki tekstur renyah berlapis-lapis, lembut dan akan menjadi remah-remah saat kita gigit. Apalagi kita olah menggunakan isian kesukaan kita, wow rasanya nikmat sekali. Betul atau betul?

Meskipun saat ini sudah tersedia di pasar baik market place, supermarket maupun pasar tradisional. Tapi membuatnya sendiri jauh lebih hemat dan bisa kita sesuaikan dengan selera. Selain itu lebih higienis.

Nah, tahukah kulit ini sebenarnya sangat mudah membuatnya loh. Hanya butuh beberapa bahan saja yaitu tepung terigu, garam, air es, dan mentega.

Dikutip laman Baking World Indonesia, berikut rahasia sukses membuat kulit Puff Pastry Renyah dan Lembut:

Pastikan Pilih Bahan Baku Berkualitas

Pilihlah bahan-bahan segar dan berkualitas dari produk terpercaya untuk membuat puff pastry, agar hasil puff pastry dapat mengembang dan renyah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puff pastry diantaranya terdiri dari tepung terigu protein tinggi, korsvet atau pastry shortening (Lamination Fat Pastry), margarin, kuning , garam dan air dingin.

Jangan pernah mengharapkan hasil bagus juga membeli produk berharga standar atau bahkan harga murah.

Cara Mencampur Adonan Perlu Diperhatikan

Tentu saja kunci sukses kulit ada pada langkah demi langka. Salah satunya  adonan kulit berhasil dibuat karena kita  memperhatikan cara mencampurkan bahan-bahan yang ada.

Dalam proses pembuatan kulit puff-pastry, adonan dibuat dengan mencampurkan bahan yang terdiri dari terigu, margarin, air es, garam dan bahan tambahan lainnya seperti susu bubuk maupun cream of tartar.

Rahasia Sukses Membuat Kulit Pastry: Hati-hati Dalam Menggilas

Setelah adonan kulit puff-pastry dibuat dari campuran bahan-bahan yang disediakan, selanjutnya adalah bagian menggiling adonan.
Berhati-hatilah saat menggiling adonan, hindari menggiling adonan terlalu kuat karena akan membuat korsvet pecah dan keluar dari adonan.
Usahakan pelan dan terstruktur. Perhatikan bentuk saat menggilas. Semakin tipis semakin bagus hasilnya.

Simpanlah Adonan di Kulkas

Kulit Puff-pastry yang telah selesai digiling, selanjutnya dibungkus dengan plastik lalu masukan adonan ke dalam kulkas selama beberapa jam (lebih baik menyimpan selama seharian penuh).

Penyimpanan adonan dalam kulkas bertujuan agar korsvet atau lamination fat dapat tetap padat sehingga bekerja maksimal saat dipanggang, hal ini akan membuat lapisan adonan pastry menjadi super renyah.

Itulah beberapa kunci sukses membuat kulit Puff Pastry Homemade. Rasanya dijamin lebih enak dan renyah. Selamat mencoba ya.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Tentukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.[]

Check Also

Penyedap rasa NON MSG

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

ERUDISI.com – Masih banyak penyedap alami pengganti penyedap buatan. Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG …