Ini Dia Sekilas Tentang Toyota Agya New 2019

Mobil satu ini hadir dari brand otomotif terkenal asal Jepang, tidak lain adalah Toyota. Produsen asal Negeri Sakura tersebut kembali mengenalkan mobil keluaran terbarunya yang diberi nama Toyota Agya 2019. Toyota Agya keluaran 2019 ini merupakan penerus dari versi yang sebelumnya telah beredar di pasaran.

Spesifikasi Mobil Toyota Agya New 2019

Mesin

Mobil ini didesain dengan model jenis golongan menengah kebawah. Adapun mesin yang tertanam pada Toyota Agya New ini adalah tipe K12M yang terbagi atas beberapa varian serta desainnya yang trendy. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil keluaran Toyota ini mencapai 60-90 horse power yang cocok untuk kondisi medan tertentu.

Variasi mesinnya secara umum terbagi dengan kapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Pada mesin yang berkapasitas 1.0 liter memiliki mesin berupa DOHC yang tersusun atas 3 silinder, 12 katup dan sudah didukung oleh teknologi VVT-i.

Toyota Agya New ini memiliki transmisi manual dengan percepatan tenaga maksimalnya mencapai 67 per detik untuk setiap 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya berkapasitas 9.1 kg untuk setiap 4.400 rpm. Adapun untuk transmisinya menggunakan model transmisi manual dengan 5 percepatan.

Berbeda dengan tipe mesin dengan kapasitas 1.2 liter yang terbagi lagi atas beberapa variasi lagi, yaitu 1.2 G M/T, 1.2 G A/T, 1.2 TRD M/T dan 1.2 TRD M/T. Meskipun varianya berbeda-beda, akan tetapi mesin yang digunakan masih sama. Teknologi yang terpasang di dalamnya berupa DOHC Dual VVT-i dengan 16 katup.

Energi yang dihasilkan mencapai 6.000 rpm pada setiap 88 per detik dan batas maksimal torsinya mencapai 11.0 kg untuk setiap putaran ke 4.200 rpm. Transmisinya terdiri atas 2 macam, transmisi manual untuk 5 percepatan manual dan 4 transmisi untuk percepatan auto.

Meskipun terdapat perbedaan pada mesinnya, namun keduanya sama-sama menggunakan teknologi fuel system EFI. Sebuah teknologi yang terbukti dapat menghemat bahan bakar. Dengan demikian, mobil ini termasuk salah satu yang ramah lingkungan.

Dimensi Mobil

Beralih ke bagian dimensi mobil yang bisa dibilang tidak terlalu besar namun terlihat elegan dan kokoh. Ukuran mobil ini memiliki lebar hingga 1600 mm dengan panjang 3660 mm, tinggi 1520 mm serta memiliki jarak antar sumbu rodanya mencapai 2455 mm. Mobil ini juga didukung oleh susunan kerangka yang kokoh dan bertahan lama.

Bagian depan suspensinya diisi oleh tipe MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakangnya didukung oleh tipe Semi Independent Torsion Beam with Coil Spring. Kombinasi antar keduanya akan membuat mobil dapat meredam guncangan apabila melalui medan yang terjal.

Bagian vlegnya didukung oleh velg Alloy yang sporty dengan ukuran 14 inch yang dilapisi oleh ban Radial dengan ukuran 175/65. Demi keamanan penggunanya, Toyota Agya new memiliki rem Ventilated Disc dengan ukuran 13 inch pada rem depannya, sedangkan pada bagian belakangnya didukung oleh rem Drum Leading-trailing.

Desain Eksterior dan Interior

Mulai dari desain eksterior dari Toyota Agya New yang memiliki bentuk menyerupai trapesium dengan 6 sisi yang membuatnya terlihat lebih sylish dan elegan. Pada bagian body depannya sudah terpasang lampu fog terbaru. Sedangkan untuk lampu belakangnya dibuat dengan sederhana, namun tetap memberikan kesan modern.

Beralih ke sektor interiornya, kini mobil ini mendukung untuk menampung penumpang mencapai 4-5 orang yang termasuk pengemudinya. Pada bagian dashboardnya sendiri memiliki banyak sekali fitur-fitur yang canggih, diantaranya adalah pemutar CD, radio lokal, pengontrol suara, soket USB, bluetooth dan sebagainya.

Keamanan dan Keselamatan Mengemudi

Keamanan dalam berkendara sangatlah penting, oleh karena itulah Toyota Agya New ini juga memberikan fasilitas yang bagus. Beberapa fitur keselamatan dan keamanan bagi penggunanya diantaranya adalah :

  • Memiliki sensor dan indikator pada sabuk pengamannya.
  • Pada kursi penumpangnya sudah didukung oleh sabuk pengaman yang ada di setiap sisinya.
  • Sudah ada air bag pada bagian pengemudi ataupun pada sisi penumpang apabila terjadi hantaman pada mobil.
  • Adanya isofix yang berguna untuk tempat duduk bayi.
  • Dukungan lampu hazard yang posisinya sangat strategis dari pengemudi.

Fasilitas Pendukung Lainnya

Selain memiliki fasilitas keamanan dan keselamatan yang tinggi. Mobil ini juga memiliki beberapa fasilitas lain untuk kepuasan pelanggannya. Beberapa diantaranya adalah :

  • AC
  • Penyesuaian kursi pengemudi sesuai ketinggian
  • Kursi lipat pada bagian belakang
  • Bagasi mobil
  • Tempat botol
  • Bluetooth dan sebagainya

Penutup

Toyota Agya New siap meramaikan pasar mobil kelas menengah di Indonesia dengan spesifikasi yang terbilang bagus. Mobil ini memiliki 6 variasi warna, yaitu hitam, putih, kuning, abu-abu, merah dan silver metalic.