Semua orang pasti mempunyai data pribadi entah itu foto, video, musik bahkan mungkin seperti pesan pribadi. Bagaimana jika data tersebut dicuri oleh sebuah virus yang nantinya disalah gunakan oleh orang yang membuat virus tersebut ? Tentunya kita tidak mau bukan, nah kali ini penulis akan memberikan tips  cara mengecek apakah ponsel kita sudah bersih dari virus atau malah menjadi sarang virus ?

Terkadang meski kita sudah memasang antivirus pun masih besar kemungkinan ponsel kita disusupi oleh virus tersebut, penyebab virus masuk ke ponsel kita sebagian besar adalah melalui pada saat kita memasang paket aplikasi melalui jalur selain toko resmi.

Contoh contoh memasang paket melalui selain toko resmi :

1. Memasang  Aplikasi Dalam Bentuk Format APK
Toko resmi seperti Google Play store juga sebenarnya juga berformat APK namun sudah dikemas sedemikian rupa sehingga aplikasi tersebut hanya menampilkan tombol u***h dan jika sudah kita u***h maka akan memasang otomatis.

Memasang  aplikasi berformat APK selain di Google Play Store sebenarnya sangat membahayakan bagi yang belum terlalu paham seluk beluk ponsel android ini, namun jangan khawatir karena kita akan membahas di artikel lain bagaimana cara agar tetap aman meski memasang  aplikasi diluar toko resmi yaitu Google Play store.

2. Memasang Aplikasi Format APK Hasil U***h dari Iklan yang Kita Klik
Pada saat kiat berjelajah di browser entah itu kita mencari lagu atau mencari sesuatu namun pada saat kita u***h ternyata data yang kita u***h adalah sebuah aplikasi, ketika kita tidak teliti saat itu juga kita membuka data tersebut dan ketika data tersebut kamu buka pasti akan bertanya tanya mengapa aplikasi yang terunduh ? Padahal yang hendak kita u***h lagu misalnya.

Namun karena kamu sudah merasa mengunduh serta tidak mau mencari lagi data lagu yang lain dan mungkin kamu berfikir lagu tersebut ada dalam aplikasi itu maka itu adalah awal virus akan masuk dan didalam aplikasi tersebut tidak akan kamu temukan data yang kamu kehendaki.

3. Memasang  Aplikasi Hasil Unduhan dari Situs Web P0rn0
Biasanya hal seperti ini kebanyakan adalah korbannya kaum lelaki. Pada saat kamu membuka sebuah situs p0rn0 maka jebakan betmen disana sangat banyak, mulai dari iklan sampai dengan video yang akan kamu tonton atau kamu u***h.

Nah, biasanya pada saat kamu hendak mengunduh salah satu video maka kamu akan mencari tombol d******d bukan ? Sebagai informasi tambahan bahwa video p0rn0 jarang sekali menyiapkan Link u***h yang seperti kita kira.

Memang betul kita akan banyak menemukan Link yang bertuliskan DOWLOAD namun didalam link tersebut bukanlah sebuah video yang akan kamu dapatkan, biasanya ketika unduhan sudah berjalan maka gambar mini dan nama aplikasi tersebut akan mirip dengan video yang kita tonton, misal : video blabla.apk

Karena disana sudah jelas berformat apk berarti data tersebut adalah aplikasi android, sedangkan format umum video adalah 3gp, mp4, avi, webm, flv dll
Misal : Video blabla.flv

Nah, mungkin kita akan berfikir bahwa video tersebut sudah siap untuk ditonton namun saat kamu buka video berformat APK tersebut bukanlah pemutar video yang akan tampil akan tetapi aplikasi yang ada pada system yaitu pembantu pemasangan paket aplikasi. Jika kamu lanjutkan memasang aplikasi tersebut maka saat itu juga virus mulai merusak sistem android kamu.

Catatan : Sumber virus terbanyak terdapat pada situs website P0RN0 !

Pencegahan Agar Ponsel Tidak Terkena Virus
Setelah kita membaca tulisan diatas kita sudah bisa simpulkan hal apa yang harus kita jauhi,
kita akan kehilangan banyak termasuk uang, betul uang untuk flashing ulang dan itupun jika berhasil karena saat ini masih ada sebagian tempat perbaikan ponsel yang belum mampu mengatasi hal seperti ini.

Virus pada android jika sudah menyerang sistem maka jalan satu satunya adalah membersihkan seluruh data pada penyimpanan sistem yaitu penyimpanan perangkat dan sedangkan ketika kita memasang aplikasi serta data aplikasi tersebut tersimpan dalam penyimpanan perangkat.

Saat ini saya pribadi baru menemukan sebuah aplikasi yang hanya mampu mendeteksi namun untuk memperbaiki aplikasi tersebut membutuhkan akses root agar bisa masuk kesistem, bisa kita simpulkan bahwa proses virus tersebut masuk kesistem juga membutuhkan hak akses root namun hanya data  manipulasi agar virus tersebut bisa masuk.

Aplikasi tersebut bernama STUBBORN TROJAN KILLER silahkan u***h di Google Play Store
jika terdeteksi maka saatnya kita perbaiki.

Cara Memperbaiki Ponsel yang Terkena Virus.

1. Dalam Mode ROOT
Jika kita hendak memperbaikinya dengan mode root maka yang harus dipastikan ponsel tersebut harus di root terdahulu, jika sudah ter-root maka jalankan kembali aplikasi tersebut dan disana kita akan menemui aplikasi tersebut akan memperbaiki secara otomastis, namun jika dalam mode root tidak mampu memperbaiki maka full flashing jalan terakhir.

2. Full Flashing
Full flash artinya kita bukan hanya sekedar hard reset namun kita akan menghapus dan memperbaharui serta memperbaiki sistem operasi atau biasa disebut OS (Operating System)

Memperbaiki os ini tidak bisa sembarangan karena kita akan bermain pada sistem penuh pada ponsel tersebut maka sangat disarankan agar membawa ponsel tersebut kepada yang lebih ahli, namun jika kamu yakin mampu memflashing sendiri maka tidak ada salahnya melakukannya sendiri, selain menghemat biaya kita juga bisa belajar mengatasi virus tersebut.

Demikianlah artikel ini saya buat, saya hanya memberikan informasi bukan bermaksud untuk mengurui karena diluar sana masih banyak yang lebih ahli, namun artikel diatas bisa menjadi referensi.

Semoga bermanfaat.