Jika sebelumnya saya sudah bahas tentang Virus yang menyerang Android yaitu Monkey test dan Time service maka kali ini perkenankan saya untuk membahas Virus lain yang bernama Stagefright.

Perbandingan Virus Android Dengan Virus Windows (xp,vista,7,8,dll)

Perlu saya ingatkan sekali lagi bahwa Virus yang menyerang Android dengan komputer tidaklah sama. Jika Virus yang menyerang komputer bersistem operasi Windows maka Virus tersebut bisa merusak sistem operasi Windows itu sendiri sehingga bisa saja Windows itu tidak bisa digunakan sama sekali karena banyak file yang utama yang terinfeksi dan dirusak oleh Virus tersebut.
Lain halnya dengan Android, jika Android terkena serangan Virus maka Virus tersebut hanya akan berjalan dan bisa jadi ngambil alih sepenuhnya yang ada pada Android tersebut namun meski begitu belum ada saya temukan dimana ponsel Android mati suri hanya gara gara terserang Virus.

Cara Kerja Virus.

Beberapa hari yang lalu saya melakukan survei ke beberapa situs Web ternama. Disana dijelaskan bahwa Virus ini adalah termasuk Virus yang digunakan para hacker untuk mengambil data pada ponsel android tersebut.
Cara kerja virus ini adalah dengan jalan melalui MMS (Multimedia Messaging Service)
nah, jika SMS (Short Message Service) bertumpu pada jaringan seluler biasa atau jaringan tanpa internet maka untuk Tumpuan MMS ini adalah jaringan yang berkoneksi internet.

Cara Mudah Mendeteksi Virus Tersebut.

Cara yang paling mudah mendeteksi virus ini adalah dengan cara mengunduh aplikasi yang bernama Stagefright Detector, silahkan pilih yang mana saja karena cara aplikasi tersebut mendeteksi sama saja.

Cara Mencegahnya Yaitu Dengan Cara Berikut :

1. Masuk pada SMS atau MMS pada ponsel
2. Cari setelan atau pengaturan
3. Klik pada pengelola SIM
4. Jika posisi pungut otomatis masih tercentang, maka hilangkan centang tersebut.
5. Terapkan pengaturan diatas pada SIM 1 dan SIM 2 (jika dual SIM)

Memang sejauh ini ada beberapa Virus ganas yang menyerang Android.
Namun jangan khawatir untuk masalah ini karena pemilik sistem operasi Android yaitu Google akan terus berupaya agar pengguna sistem operasi Android bisa merasakan keamanan.

Nah itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara mendeteksi dan mencegah bersarangnya Virus diponsel Android, jika ada cara lain yang lebih ampuh dari cara diatas maka secepatnya saya akan share agar cepat teratasi.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat video dibawah ini.
Video dibawah ini adalah gambaran cara mendeteksi dan pencegahannya.

Video Cara Mendeteksi Virus Stagefright :
https://www.youtube.com/watch?v=1l-iCkKVXHs
Video Cara Mencegah Virus Stagefright Berjalan Pada Ponsel :
https://www.youtube.com/watch?v=wYjIYuF3BxA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here