Waspadai Kata Jebakan: “Hijabi Hati, Baru Hijabi Diri”

Membiasakan sesuatu yang baru itu memang tidak mudah, akan tetapi bukan tidak mungkin. Jika anda sudah terbiasa dengan pakaian muslimah, pakaian dengan hijab yang menutupi dada, dengan lengan panjang hingga menutupi lengan, siku, hingga pergelangan. Ini sudah bukan menjadi persoalan.

Masalah baru akan muncul  jika anda sudah terbiasa dengan pakaian tanpa hijab, atau bahkan pakaian yang pendek lagi ketat. Sebenarnya jika dipandang dari segi kesehatan pakaian yang terlalu ketat bagi wanita juga itu kurang menyehatkan, karena akan menghambat aliran darah.

Belum lagi jika dilihat dari sudut pandang budaya kita Indonesia yang mayoritas adalah muslim, nampak risih bagi mereka yang memandang jika anda berpakaian terlalu mini lagi ketat. Akan tetapi bagi anda yang telah terbiasa dengan pakaian minim dan ketat bisa saja santai bahkan tidak merasakan risih sama sekali.

Sebenarnya sama saja, orang yang terbiasa memakai pakaian muslimah dengan hijab ketika melepaskan jilbabnya juga akan merasa malu, risih dan tidak nyaman. Demikian halnya dengan anda yang terbiasa dengan pakaian minim ketat tanpa hijab, jika kemudian memakai hijab juga akan merasakan rasa risih, malu, pengap, dan tidak nyaman.

Namun tidak semua kebiasaan itu baik. Sudah saatnya kita membiasakan sesuatu yang baik. “Sesuatu yang dilakukan itu akan membiasa dan akan dirasakan biasa saja.” Hal ini berlaku untuk apa saja, anda biasa shalat misalkan, Kemudian meninggalkan sholat. Mungkin yang anda rasakan adalah rasa menyesal, rasa sedih dan rasa kehilangan.

Akan tetapi jika hal ini anda lakukan secara terus menerus. Maka meninggalkan sholat itu akan membiasa karena sudah terbiasa. Kemudian anda masuk dengan pergaulan buruk dengan minum-minuman. Mungkin pertama mencoba dan masih merasa berdosa. Tapi jika hal ini dilakukan terus menerus maka minum-minuman pun akan anda rasakan biasa saja tanpa rasa dosa dan terus sampai anda masuk ke dalam kenistaan.

Demikian halnya ketika seseorang melepas jilbabnya, mungkin hari pertama hingga hari ke tujuh, ia merasakan malu, risih, akan tetapi jika hal ini anda lakukan setiap hari maka tidak berhijab pun sudah biasa, tanpa malu tanpa rasa dosa. Setelah itu anda mulai terbiasa dengan pakaian pendek, dan tidak lama kemudian maka orang akan terbiasa untuk berpakaian pendek. Dan terus akan berlanjut sampai ia masuk ke dalam jurang kenistaan.

Sudah saatnya memulai yang baik. Menjadi pribadi yang baik dan membiasakan yang baik. Mungkin pertama kali anda memutuskan untuk berhijab. Anda merasakan pengap, panas, tidak nyaman, malu dengan sindiran orang. Tapi jika hijab ini sudah biasa anda pakai anda akan mulai merasakan kenikmatan berhijab.

Hal baik yang akan membiasa dan melekat pada diri anda. Salah satu ciri anda sudah membiasa dalam berhijab adalah ketika anda sudah tidak nyaman ketika melepas hijab.

Jangan hiraukan orang lain yang berkata “alim dulu baru berhijab, bersih hati dulu baru berhijab” Berhijablah! Siapapun anda, karena dengan terbiasa dengan berhijab akan mempengaruhi perilaku.

Berhijab membuat si pemakainya lebih dekat dengan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena berhijab juga adalah perintah-Nya. Ayo, mulai berhijab sekarang juga! Berhijablah maka anda akan menjadi pribadi yang berbeda. Menjadi pribadi yang diidamkan.