Gua Srandil: Datang Senang Pulang Riang, Jika Anda Mengunjungi Tempat Ini

Wisata Gua Srandil merupakan tempat eksotis di utara pulau Jawa yang menarik untuk dikunjungi. Nyatanya, banyak sekali turis baik domestik atau pun turis mancanegara yang berbondong-bondong berkunjung ke Gua Srandil. Konon Presiden kedua Bapak Soeharto juga sering melakukan ritual semedi di gua ini.

Gua Srandil sebenarnya tempat petilasan, atau makam dari para pemuka masyarakat pada masa kerajaan Pajajaran. Pada tahun 1980-an, tempat ini beralih fungsi menjadi tempat wisata oleh masyarakat setempat dibantu TNI AD untuk pembangunannya.

Gua Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat ini, karena gua Srandil terletak di daerah strategis. Gua Srandil sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, baik penduduk di sekitar Kabupaten Cilacap maupun dari Kabupaten lain di Jawa tengah.

Untuk akses transportasi menuju gua Srandil pun gampang, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Banyak angkutan yang melalui lokasi tersebut seperti bus antar kota (AKAP). Selain itu anda juga bisa menggunakan kapal pribadi, karena gua Srandil terletak di bibir pantai. Pihak pengelola tempat juga menyediakan dermaga kecil untuk para wisatawan yang datang melalui jalur laut.

Wisatawan yang datang, biasanya melakukan ritual seperti membawa sesajian atau semedi semalaman. Mereka meyakini melakukan hal tersebut, hajat yang diinginkan bisa terkabul. Tetapi banyak juga pengunjung yang datang, sekadar bersantai untuk menikmati indahnya pesona pantai dan berpetualang di sekitar gua.

Gua srandil merupakan tempat wisata murah meriah, anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mengunjungi tempat ini. Untuk memasuki tempat wisata gua Srandil anda cukup memberikan sejumlah uang sukarela yang tidak dipatok berapa besarnya.

Tempat ini juga memiliki keunikan tersendiri, konon siapa pun yang datang ke tempat ini akan mendapatkan ketenangan meskipun pikirannya sedang kacau, sehingga tempat ini dijadikan tempat permohonan bagi orang-orang tertentu yang meyakininya.

Karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengunjungi tempat ini, dan anda akan mendapatkan kegembiraan yang luar biasa setelah berkunjung, maka saya merekomendasikan wisata Gua Srandil untuk menjadi destinasi wisata Anda berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here