Selain Ikan Hiu, Bayi Penyu Lucu Juga Ada Lho di Pulau Pramuka

Sekilas Tentang Destinasi Pulau Pramuka

Ingin menikmati wisata cantik yang tak jauh dari ibukota? Pulau Pramuka jawabannya. Pulau cantik yang brada di gugusan Kepulauan Seribu ini bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi warga Ibu kota, yang tak ingin lelah bepergian jauh, karena letaknya masih di wilayah DKI Jakarta saja.

Destinasi wisata bahari yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang penat dengan kehidupan kota yang melelahkan dan selalu sibuk. Pemandangan pantainya yang menawan disertai hamparan pasir putih yang bersih mampu sejenak membuat Anda terlupa dengan bisingnya kehidupan kota.

Daya Tarik dan Pesona Pulau Pramuka

Salah satu wisata bahari andalah di Pulau Seribu ini memiliki banyak daya tarik mempersona yang mampu memikat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

1. Pantai yang Eksotis

Keindahan pantainya memang tak perlu diragukan lagi. Garis pantai yang panjang dengan ombak yang cenderung tenang membuat pulau ini jadi alternatif yang pas untuk mengisi liburan Anda. Ditambah lagi dengan pasir putih yang lembut dan bersih membuat tempat ini semakin eksotis.

✔ Populer :  Beberapa Tempat Wisata Tersembunyi di Kota Yogyakarta

2. Konservasi Mangrove

Selain keindahan pantainya yang menawan, wisatawan juga bisa memperluas pengetahuan melalui adanya konservasi mangrove yang ada di pulau ini. Selain pemandangannya yang meneduhkan, melalui konservasi mangrove ini pengunjung dapat belajar untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai.

Lokasi ini menyediakan hasil pembibitan tanaman mangrove yang dapat didistribusikan di pulau ini bahkan ke pulau-pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu. Tanaman mangrove ini diharapkan mampu menahan abrasi pantai agar lingukungan pulau tetap terjaga kelestariannya.

3. Penangkaran Penyu Sisik dan Ikan Hiu

Selain konservasi tanaman mangrove, di Pulau Pramuka wisatawan juga dapat menambah pengetahuan dengan mengunjungi penangkaran Penyu Sisik dan ikan Hiu. Pengunjung dapat menyaksikan langsung bagaimana merawat biota laut langka tersebut.

Pengunjung juga berkesempatan melihat langsung anak penyu atau tukik sebelum akhirnya dilepas ke laut. Sedangkan di penangkaran ikan Hiu, pengunjung dapat melihat beberapa jenis hiu. Sayangnya, pengunjung tak dapat berenang bersama hiu layaknya yang ada di Karimun Jawa.

 

Fasilitas di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

1. Water Sport

Seperti halnya di wisata pulau lainnya, di lokasi ini Anda dapat melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga atau permainan air lainnya seperti kano, banana boat, donat boat, dan jetski. Untuk menyewa kano, sediakan budget Rp 35.000 (single canoe) dan Rp 50.000 (double canoe).

✔ Populer :  Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu, Traveller Sejati Wajib Berkunjung Kesini

Sedangkan banana boat dan donat boat bisa disewa dengan biaya Rp 35.000/orang dan sewa jetski membutuhkan biaya Rp 150.000 per 15 menit.

2. Sewa Sepeda Berkeliling Pulau

Ingin keliling pulau? Coba pakai sepeda yang dapat disewa dari warga setempat dengan harga Rp 15.000. Sangat mengasyikkan dan murah meriah, bukan?

3. Penginapan Pulau Pramuka dan Restoran

Tak perlu khawatir dengan urusan akomodasi di Pulau Pramuka karena Anda dapat menemukan tempat penginapan dengan mudah. Ada pula restoran apung di area penangkaran hiu yang menyajikan menu masakan khas Pulau Seribu dan aneka menu lainnya.

Lokasi Pulau Pramuka

Pulau Pramuka terletak di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Anda dapat mengakses pulau tersebut dengan naik kapal dari dermaga Marina di Ancol atau pelabuhan Kali Adem di Muara Angke.

Harga Tiket Masuk di Pulau Pramuka

Tarif retribusi yang dikenakan bagi pengunjung adalah berkisar  Rp 5.000/orang saja. Dengan keindahan panorama yang ditawarkan, harga yang terbilang sangat murah, bukan?

✔ Populer :  Pulau Pari, Dengan 3 Area Pantai yang Mengagumkan & Menyejukan

Jam Operasional

Anda dapat memasuki pulau kapanpun karena terbuka 24 jam. Yang terpenting perhatikan jadwal keberangkatan kapal yang akan Anda tumpangi agar tidak ketinggalan.

Salam hangat

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.