Yang Perlu Diketahui Blogger tentang File WordPress dan Database

Blog WordPress atau website Anda terdiri banyak bagian yang bekerja bersama-sama untuk menampilkan blog Anda kepada pengunjung.

Jika salah satu bagian yang hilang atau rusak, blog Anda bisa jadi tidak akan tampil sempurna saat dibuka oleh pembaca. Bahkan lebih buruk lagi, jika Anda tidak melakukan backup seluruh bagian blog Anda, kemudian ‘bencana’ terjadi, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan blog Anda seperti sedia kala.

Untuk itu, memahami bagian-bagian utama terpenting, yang juga merupakan dasar bagaimana blog WordPress dibangun menjadi hal penting, terutama sekali bagi pengguna WordPress.org yang harus melakukannya semuanya sendiri. Berbeda dengan pengguna WordPress.com yang bisa mengandalkan tim WordPress untuk melakukan hal-hal penting di belakang layar, seperti backup database, keamanan situs dan sebagainya.

Nah, bagian terpenting dari sebuah blog WordPress adalah Database dan File WordPress. Mari kita bahas lebih lanjut satu per satu.

Database WordPress

Database WordPress adalah dimana semua konten teks Anda tersimpan. Ini termasuk pos, laman dan komentar yang dibuat pembaca blog Anda. Semua konten teks yang tampil di blog Anda, diambil dari database dan bekerja bersama-sama file WordPress sehingga bisa tampil sempurna bagi pengunjung.

Setiap kali Anda menerbitkan konten di blog, atau mengunggah file, atau menyimpan pengaturan apapun melalui dasbor WordPress, maka sebuah data baru akan dibuat kemudian disimpan di database.

Karena itu menjadi hal sangat penting untuk selalu memiliki backup / cadangan file database blog Anda. Ada cukup banyak plugin tersedia untuk keperluan ini, yang membantu membuat backup database secara berkala dan otomatis. Sehingga jika kemudian terjadi kemungkinan terburuk, seperti blog Anda ‘dibajak’ orang tidak bertanggung, Anda dengan mudah mengembalikannya seperti semula.

File WordPress

Ini adalah bagian terpisah dari database tadi. Ini adalah sekumpulan file yang bertugas mengambil data dari database, juga bagian-bagian lain dari blog Anda selain pos, laman dan komentar yang tersimpan di database.

File-file penting ini meliputi semua file akses sistem dan konfigurasi juga file-file konten blog Anda lainnya.

Contoh dari file WordPress Anda adalah file tema, file plugin, dan semua file yang Anda unggah melalui dasbor WordPress, seperti gambar, audio dan file media lainnya.

Setiap kali mengunggah atau memasang komponen baru di blog, ia tersimpan pada file WordPress, dan bekerja bersama-sama file sistem lainnya, mengambil data dari database dan menampilkannya di blog Anda secara akurat.

Untuk itu, sama-sama pentingnya untuk selalu memiliki backup atau cadangan file WordPress Anda secara berkala. Dan ya…. untungnya ada banyak plugin yang membantu Anda melakukannya dengan mudah. Selain itu, saat ini hampir semua penyedia hosting terpercaya menyediakan backup penuh seluruh file blog Anda (termasuk database dan file WordPress) secara rutin, bahkan Anda yang melakukan backup beberapa kali dalam sehari.

Memahami kedua bagian atau elemen penting blog WordPress ini, kemudian memiliki cadangan secara berkala, memberi Anda ‘ketenangan’ yang dibutuhkan untuk membangun sebuah blog yang sukses.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here