Bagaimana Meningkatkan Ranking Situs di Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google menggunakan beragam metode untuk menentukan halaman yang akan dimunculkan di halaman pertama hasil pencarian mereka. Rumus pastinya, itu rahasia mereka, tapi selalu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian Google. Itulah yang disebut dengan istilah SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin pencarian.

Tidak ada jaminan apapun, tidak pula skema cepat untuk memenangkan persaingan SEO. Jika ada seseorang menjanjikan Anda hasil cepat dalam hal SEO, maka kemungkinan besar itu adalah scam. Terlepas dari apa yang Anda lakukan, pastikan saja bahwa Anda membuat situs yang diinginkan orang untuk kunjungi dan konten yang ditulis dengan cara di mana orang ingin membacanya.

Karena jika Anda mengakali sistem, cepat atau lambat, Google akan mengetahuinya dan merubah formula mereka. Dan Anda akhirnya akan tersingkir dari hasil pencarian Google.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian Google.

1 – Frasa Kata Kunci (Keyword)

Keyword adalah kata-kata (frasa) yang Anda pikir paling mungkin dimasukkan orang ke mesin pencari untuk menemukan konten Anda.

Anda bisa menghabiskan banyak energi untuk urusan kata kunci ini saja, dan memang itu sangat penting untuk ranking Google yang lebih baik. Keyword yang disasar, mesti muncul di beberapa bagian di dalam konten Anda, lebih disukai pada paragraf pertama atau paragraf-paragraf awal. Namun ingat, jangan berlebihan dalam penggunaan kata kunci. Jika ia terlihat tidak natural (spammy), maka itu justru buruk di mata Google.

Dan kembali, poin utamanya di sini adalah ‘berbicara’ kepada manusia, dan harus menggunakan kata-kata yang paling mungkin digunakan orang untuk mencari topik konten Anda. Memberitahu apa yang akan didapat pembaca adalah hal yang sangat membantu. Sebaliknya, menumpuk keyword berlebihan sama sekali tidak berguna.

✔ Populer :  Kesalahan Fatal Optimasi SEO untuk Pemula

Tanyakan: jika Anda ingin mencari konten di website Anda sendiri, kata kunci apa yang Anda coba masukkan ke Google untuk setiap halaman yang ada? Itu lah, kata kunci yang mesti Anda optimalkan.

Lalu, cobalah mencarinya di Google menggunakan frasa tersebut. Apakah ada begitu banyak hasil? Konten seperti apa yang Anda harap menemukannya? Ini bisa membantu Anda menemukan perspektif baru. Bila perlu, coba minta orang lain untuk membaca konten Anda dan minta pendapat mereka, apa keyword paling tepat untuk konten tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan Google Trends guna melihat keyword-keyword yang sedang populer.

Usahakan hanya satu satu topik atau subyek untuk setiap halaman. Ini bukan berarti Anda harus menulis secara kaku atau menggunakan frasa kata kunci yang aneh-aneh. Subyek Anda bisa seluas-luasnya, tapi hanya memastikan Anda tidak membuat topik atau beragam konten tidak relevan satu sama lain dalam satu halaman.

Tulisan yang jelas, mengerucut pada satu topik, tidak saja memudahkan orang untuk membacanya, tapi juga sangat baik dari kaca mata mesin pencari. Jangan takut untuk menulis konten panjang sekalipun, jika ia memang relevan dan menyajikan suatu subyek secara utuh.

2 – Kerapatan (densitas) Kata Kunci

Salah satu hal yang dilihat oleh Google ketika mengindeks satu halaman web, adalah kerapatan atau densitas kata kunci yang digunakan. Dengan kata lain, seberapa sering sebuah kata kunci muncul di sepanjang konten.

✔ Populer :  Cara Menggunakan Google untuk Pencarian pada Satu Website

Namun ingat, gunakan secara alami. Jangan pernah mencoba ‘menipu’ mesin pencari dengan mengulang-ulang kata kunci yang sama lagi dan lagi, atau membuat teks tak terlihat. Ini sama sekali tidak bekerja, bahkan itu bisa membuat konten Anda malah dikeluarkan dari indeks mereka.

Buatlah paragraf pembuka yang kuat, yang menyampaikan tentang apa yang disajikan konten Anda. Ini bukan hanya hal yang baik bagi pembaca, tapi sangat membantu mendapat ranking lebih baik dari mesin pencari Google.

3 – Optimalkan Judul

Buatlah judul yang deskriptif. Ini sangat penting! Google akan menampilkan judul halaman sebagai link di hasil pencarian mereka, karena itu tulis dan buatlah judul yang membuat tertarik membacanya.

Jika bisa, sebisa mungkin, tempatkan kata kunci seperti dimaksud pada poin sebelumnya di dalam judul. Jika artikel Anda berbicara tentang burung unta, judul Anda harus mengandung kata ‘burung unta’ bukan?

4 – Pentingnya Link

Salah satu faktor paling dominan yang digunakan Google adalah hyperlink (tautan), dan Google melihat link ‘ke’ dan ‘dari’ website Anda. Atau dalam istilah SEO dikenal dengan inbound link (link dari website lain ke website Anda) dan outbound link (link website Anda ke ke website lain).

Dalam hal ini, Google juga sangat menaruh perhatian terhadap frasa atau kata yang digunakan pada link untuk menentukan topik satu halaman. Gunakan link di dalam konten sebagai kata kunci. (Baca: Jangan gunakan klik di sini, sebagai link) Alih-alih menulis, “Klik di sini untuk belajar lebih jauh tentang SEO”, akan lebih baik: “Baca lebih jauh untuk belajar SEO yang lebih baik”.

✔ Populer :  Penjelasan Backlink untuk Pemula

Sedangkan inbound link dari website, digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank.

Anda bisa meningkatkan PageRank dengan cara bertukar link dengan website lain yang relevan. Jadilah netizen yang baik, dan berikan link ke tempat lain (tapi yang relevan), maka web lain pun akan melakukan hal yang sama.

5 – Media Sosial

Jaringan media social bisa jadi media promosi yang bagus, namun ini masih belum jelas benar pengaruhnya terhadap ranking halaman secara langsung. Promosi melalui Google+, mungkin memberi dampak paling besar, mengingat ia juga produk milik Google.

Tapi, terlepas dari itu, Anda bisa mendapatkan trafik lumayan dari media sosial. Karena itu, pastikan konten Anda ramah bagi media sosial. Tambahkan gambar, dan buat judul yang menarik.

6 – Buat gambar yang ramah bagi mesin pencari

Selalu tambahkan atribut alt images di setiap gambar yang Anda gunakan. Ini penting agar gambar dikenali oleh mesin pencari, juga kesempatan bagus untuk menambah kata kunci yang bisa dilihat oleh Google. Tapi sekali, jangan menumpuk kata kunci di dalam gambar.

7 – Desain yang bagus

Hal terakhir, halaman yang rapi, tertata dengan baik, dengan struktur konten yang baik pula, ditambah navigasi yang mudah, akan membuat ranking halaman Anda makin tinggi di mata Google.

Desain yang bagus, juga membuat pembaca betah dan berlama di halaman Anda, dan ini satu indikator yang sangat bagus bagi Google untuk memberi ranking lebih tinggi lagi. Karena itu, selalu upayakan desain yang baik, baik dari segi kemudahan dan keindahan, maka banyak faktor-faktor SEO lainnya, akan Anda dapat dengan sendirinya.

BAGIKAN