Masih Sering Berfoto dengan Kertas Ucapan? Kampungan! Kamu Bisa Gunakan Aplikasi Ini!

Walaupun saat ini banyak Aktivis lingkungan serta sejumlah pecinta alam mengkampanyekan aktivitas Nol Sampah (Zero Waste) dan penghematan kertas, namun tampaknya hal sebaliknya tidak berlaku bagi sejumlah pendaki gunung yang mengaku sebagai pecinta alam.

Slogan ‘jangan mengambil apapun kecuali foto, jangan membunuh apapun kecuali waktu, dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak’ ternyata hanya jadi hisapan jempol belaka bagi para pendaki amatiran. Baca juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan Pendaki Untuk Menjaga Kebersihan Gunung

Iklan

Yang lebih mencengangkan, seiring fenomena selfie dan semenjak adanya film pendakian abal-abal kemarin, jenis sampah di gunung tidak cuma sampah logistik pendaki tapi juga sampah kertas ucapan.

Banyak sekali pendaki khususnya yang pemula berbondong-bondong mendaki gunung hanya untuk mengejar berfoto sambil memegang kertas ucapan dan digunakan tampil eksis di media sosial.

Ya, satu gaya foto yang sedang digandrungi oleh pendaki amatiran tak beretika itu adalah berfoto dengan kertas yang ditulis ucapan atau sering disebut kertas ucapan.

Siapa yang nggak pernah berfoto di gunung sambil memegang kertas ucapan? Pasti hanya sedikit diantara para pendaki yang tidak menggunakan kertas ucapan saat berfoto di gunung. Kenapa banyak sekali pendaki yang berfoto menggunakan kertas ucapan? Karena memang lagi TREN.

Memang sudah sejak lama gaya seperti ini dilakukan segelintir Pendaki Gunung. Namun baru akhir-akhir ini ramai dilakukan banyak Pendaki. Gaya fotonya pun beragam, bisa hanya fokus ke tulisan dan menjadikan pemandangan sebagai latar belakang. Tapi seringnya foto sambil memegang kertas bertulisan.

Bagi yang sedikit malu-malu atau mungkin takut jerawatnya ikut eksis, bisa menutupi setengah wajahnya dengan kertas yang berisi ucapan. Baca juga: Alasan Mengapa Pergi Mendaki Gunung

Lalu apa isi ucapannya? Sangat beragam. Mulai dari ucapan untuk seseorang, cinta, pamer telah sampai puncak, dan masih banyak lagi.

Menarik memang, tapi kenyataanya tak selamanya semanis itu. Banyak pendaki yang lupa atau sengaja melupakan kertas ucapannya untuk dibawa pulang. Akhirnya menjadi gunung baru, gunung sampah.

Foto boleh jadi hasilnya indah dan keren. Tapi apa kerennya jika sampahnya dibuang begitu saja di puncak. Jangan mengaku pecinta alam jika masih senang menyiksa alam. Baca juga: 5 Aplikasi Wajib Bagi Traveller Sejati

Namun, Sekarang ada aplikasi android yg bisa para kamu gunakan untuk menulis kata-kata sebagai pengganti dari kertas. Nama aplikasinya yaitu  “TextGram“.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Kamu tinggal download dan instal aplikasinya di smartphone kesayanganmu. Setelah itu kamu bisa memulainya dengan cara mengetik ucapan yang ingin kamu buat. Mulailah dengan mengatur letak tulisan, margin, dan sebagainya. Setelah itu, klik saja next untuk memperindah kartu ucapan yang kamu inginkan.

Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi TextGram ini antar a lain adalah template-template yang beragam yang menjadi latar belakang kalimat ucapan. Pilih template yang kamu sukai, Setelah memilih tamplate, kamu bisa juga mengedit jenis font, ukuran font, warna, dan hiasan lainnya. kamu bisa menempelkan stiker yang bisa menambah keindahan dan keunikan kartu ucapan kamu. Stiker-stiker yang bisa berbentuk emoji, grafik, atau ikon lucu tersebut bisa kamu pindahkan sesuai yang kamu inginkan.

Jadi kalau bisa menggunakan aplikasi kenapa masih menggunakan kertas? Maka mulai dari sekarang dan seterusnya kamu nggak usah menggunakan kertas untuk berfoto dengan kata-kata ucapan.

Ayo mulailah menggunakan aplikasi smartphone selain untuk mengurangi sampah, cari ini juga jauh lebih keren. Baca juga: Trik Hemat ala Anak Kost Agar Bisa Travelling

Iklan
BAGIKAN
Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.