Soft Skill Anak Remaja
Source image: Glyde Metal

4 Soft Skill Penting Dimiliki Remaja Hadapi Industri 4.0

ERUDISI.com – Pentingnya Soft Skill untuk dalam mempersiapkan era . Remaja adalah aset bangsa yang harus terus dimotivasi untuk belajar mengupgrade diri. Memiliki adab dan akhlak yang baik juga perlu memiliki berbagai kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan saat mereka dewasa.

Salah satu kemampuan yang wajib mereka miliki adalah soft skill. Soft skill sendiri artinya adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu secara alami  mencakup kecerdasan, baik kecerdasan emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya.
Biasanya soft skill ini bawaan individu dan lahir dengan sendirinya karena habit (kebiasaan).

Berikut Soft Skill Yang Berguna Bagi Anak Remaja.

Public Speaking

Keahlian berbicara di depan umum ini perlu sekali remaja miliki. Dengan keahlian ini mereka terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak.
Percayalah anak yang memiliki kemampuan berbicara yang baik akan berdampak bagi kepercayaan diri mereka nantinya.

Manajemen Waktu Soft Skill Penting Untuk Remaja

Perlu kita ingat, remaja sangat penting kita ajarkan me-manage waktu mereka. Ajarkan mereka membuat jadwal setiap hari, setiap Minggu, bulan dan tahun.. Target-target yang mereka miliki ini jika diatur dengan baik mereka akan terbiasa disiplin mengerjakan tugas apapun yang kita berikan.

Berikan mereka Buku Jurnal atau ajak mereka membuat jurnal sendiri. Ajari mereka untuk mengisi dengan baik jurnal mereka sendiri.

Soft Skill Anak Remaja
Source image: Glyde Metal

Bekerjasama Dalam Tim

Soft skill berikutnya yang perlu mereka miliki adalah bekerja dalam tim. Biasakan mereka bekerja dalam tim. Bisa dimulai dengan bekerja sama dengan saudara, aktif organisasi di atau masjid.
Hal ini nantinya akan berguna saat dirinya menemui banyak orang dengan karakter berbeda dan agar dapat melatih kemampuan neradai dengan cepat.

Berpikir Kritis

Anak remaja perlu diajarkan berpikir kritis. Ellen Galinsky, pengarang Mind in the Making mencantumkan cara berpikir kritis dalam daftar tujuh keterampilan hidup paling penting yang dibutuhkan setiap anak. Jadi kita bisa memasukkan berpikir kritis ini dengan mudah kepada mereka.
Diantaranya dengan membiasakan mereka membaca, membiarkan mereka bermain, bertanya banyak hal, ajak mereka berdiskusi dan kegiatan lainnya libatkan mereka.

Hal ini akan membuat mereka memiliki kemampuan mencerna dan menciptakan ide-ide kreatif untuk membuat sesuatu yang luar biasa.

Nah, itulah beberapa soft skill yang penting dimiliki oleh anak remaja agar mereka mampu bersaing di era industri 4.0 ini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi ya. Jangan lupa share artikel-artikel kami ya agar banyak yang mendapatkan manfaat. []

Check Also

Cara mudah menabung uang jajan bagi pelajar

Tips Menghemat Uang Jajan bagi Pelajar

ERUDISI.com – Tips menghemat uang bagi pelajar. Pelajar juga perlu untuk menghemat uang. Hal ini …