adalah sebuah masalah besar. Orang cerdas, pandai dan pintar bisa saja gagal dalam menjalankan sesuatu yang sebenarnya mudah bagi mereka hanya karena mereka memiliki sifat malas yang sulit dikelola. Sementara orang yang memiliki keterbatasan di sana-sini justru bisa sukses karena giat dan ulet dalam menjalankan atau mengerjakan sesuatu.

Mari kita temukan penyebab malas yang sering membuat kita memiliki rasa malas ke kampus.

Contents

Temukan penyebab malas

Untuk menghadapi permasalahan malas ini, tentunya pertama-tama kita harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengidentifikasi penyebabnya, maka akan semakin mudah kita untuk menemukan solusinya.

Beberapa contoh dan alasan yang paling umum menimbulkan rasa malas untuk berangkat ke kampus adalah:

  • Merasa mengantuk
  • Merasa kelelahan
  • Belum mengerjakan tugas dan lain sebagainya

Setelah kamu mampu mengidentifikasi penyebab dari permasalahan itu, maka akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan yang sedang kamu alami.

Temukan solusi malas

Langkah selanjutnya adalah menemukan solusi atau jawaban mengenai permasalahan mengapa kamu malas ke kampus. Misalnya:

Merasa mengantuk

Solusi: Mengantuk di awal pagi biasanya disebabkan karena jam tidur yang kurang. Yang terkadang bahkan dapat membuat kamu terlambat bangun atau justru tidur seharian penuh. Seharusnya mengetahui yang kamu hadiri misal adalah kuliah pagi, begadang dan aktivitas lain yang mengurangi jam tidur harus kamu hindari, sehingga kamu dapat bangun pagi dengan perasaan lebih segar.

Merasa kelelahan

Solusi: Ingat, manusia bukan makhluk nokturnal yang melakukan aktivitas di malam hari. Hindari aktivitas malam yang tidak bermanfaat dan hanya akan melelahkan tubuh. Ini juga penting agar kondisi fisik tetap terjaga dengan baik dengan istirahat malam yang cukup.

Belum mengerjakan tugas

Solusi: Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk nongkrong, bermain game, online sosmed dan lain sebagainya, adalah penyebab kebanyakan orang kewalahan mengatur waktu yang seharusnya menjadi waktu produktif. Tugas pun terbengkalai dan menumpuk, akibatnya gairah ke kampus menurun. Solusinya adalah dengan selalu mendahulukan mengerjakan hal-hal terpenting dan memang dibutuhkan.

Menyelesaikan tugas pasti butuh energi, melelahkan tubuh dan pikiran. Nah, seharusnya bermain game, nongkrong dengan teman-teman atau online di sosmed bisa menjadi alternatif hiburan untuk melepaskan kepenatan setelah menyelasaikan tugas. Bukan malah sebaliknya, menghabiskan energi untuk gaming, hang-out dan online sosmed baur kemudian mengerjakan tugas dengan energi yang tidak memadai.

Kesimpulannya, untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahan malas ke pergi ke kampus adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Perbanyak motivasi / alasan ke kampus

Bila cara di atas belum cukup membuatmu rajin kuliah, cobalah kamu berusaha atau memperbanyak motivasi dan alasan agar kamu semangat untuk kuliah, di antaranya mungkin:

Bayangkan hal-hal menarik di kampus
Misalnya teman-teman kelas yang seru, dosen yang nyentrik dan suasana menyenangkan lainnya. Hal-hal tersebut bisa membuat kamu lebih semangat lagi untuk menghadiri kuliah.

Tingkatkan rasa penasaran
Rasa penasaran yang tinggi mengenai materi perkuliahan bisa juga menarik kamu untuk menghadiri kuliah. Misalnya materi tentang teori punahnya dinosaurus yang akan menjawab rasa penasaran tentang hewan-hewan pra sejarah, terori big bang yang akan menjawab rasa ingin tahumu mengenai proses terbentuknya alam semesta dan lain sebagainya.

Dengan meningkatkan rasa ingin tahu dan rasa penasaran kamu tentang hal-hal tersebut, maka kamu akan memiliki motivasi lebih untuk ke kampus.

Pikirkan waktu dan biaya
Malas kuliah akan membuat kamu kehilangan kesempatan menerima informasi dan ilmu pengetahuan yang seharusnya kamu dapatkan. Dengan biaya yang telah dikeluarkan, pengetahuan yang seharusnya menjadi hak kamu malah tersia-siakan begitu saja. Waktu terus berjalan dan terbuang percuma, sementara kamu akan terus berada pada zona nyamanmu.

Masa terbaik untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik justru kamu lewatkan sementara tidak ada yang bisa menjamin masa depan kecuali diri kamu sendiri.

Dengan memikirkan semua kerugian itu, akan lebih banyak lagi hal-hal yang akan mendorong kamu agar lebih semangat berkuliah. Ada banyak hal yang bisa menjadi motivasi untuk selalu rajin kuliah, misalnya demi kebahagian orang tersayang, membanggakan orang tua, keluarga dan sebagainya.

Perbanyak motivasi/alasan untuk meninggalkan kamar
Tempat tidur yang nyaman seolah memanjakan kita sehingga kita sangat betah menghabiskan waktu di sana dan mengabaikan keperluan lain termasuk kuliah. Berbaring sambil bermain game, chatting, browsing berjam-jam, seolah tidak terasa.

Pikirkan, apa yang bisa kamu dapatkan bila terus berada dalam kamar tanpa melakukan apapun? Tubuh menjadi kaku, penimbunan lemak, sirkulasi udara yang buruk, adalah beberapa efek negatif yang bisa mengganggu kesehatan. Kamu juga akan kehilangan interaksi di dunia nyata, pengalaman, teman baru, pengetahuan dan mungkin rejeki yang ada di luar sana pun akan terlewatkan, bila hanya menghabiskan waktu dalam kamar. Ingat, kamar bukan tempat menghabiskan waktu berharga kamu secara berlebihan.

Itulah 4 tips ampuh mengatasi rasa malas ke kampus. Mudah-mudahan mampu menjadikanmu lebih rajin ke kampus, sekaligus membuatmu menjadi pribadi yang lebih produktif lagi.