6 Partanyaan Sebelum Memilih Platform Blogging

Memilih aplikasi blogging yang akan digunakan, bisa menjadi hal yang membingungkan, karena dari luar, berbagai platform blogging, seperti Blogger, WordPress, TypePad, LiveJournal dan lainnya, semuanya hampir tampak sama.

5 pertanyaan yang perlu Anda jawab dalam memilih platform blogging yang paling sesuai untuk Anda:

1. Apa tujuan utama Anda dalam membuat blog?

Apakah Anda ngeblog hanya sebatas hobi dan kesenangan? Apakah berniat untuk mendapatkan uang atau membangun blog ‘besar’ dengan trafik sangat tinggi?

Software blogging yang Anda pilih sedikit banyak tergantung dari tujuan Anda membuat blog itu sendiri. Tanyakan hal di bawah ini:

  • Berapa banyak space yang dibutuhkan untuk image dan konten blog Anda?
  • Apakah Anda berniat menampilkan iklan di blog?
  • Apakah Anda berencana membuat fitur tambahan, seperti mendirikan forum dan fitur tambahan lainnya?

2. Apakah Anda benar-benar membutuhkan keleluasaan penuh untuk mengkustomasi desain blog?

Berbagai platform blogging, menawarkan kemampuan berbeda dalam hal keleluasaan untuk merubah tampilan, tata letak, desain blog dan banyak lagi. Jadi, penting untuk mengenali kebutuhan Anda terhadap kustomasi desain yang Anda inginkan dan butuhkan bagi blog Anda.

3. Apakah Anda memiliki kemampuan teknis?

Antara software blogging satu dan lainnya, juga membutuhkan pengetahuan dan kemampuan teknis yang berbeda-beda pula. Ada yang sangat mudah dan sederhana, ada pula yang membutuhkan penguasaan teknis yang cukup tinggi.

Memang hampir semua platform menawarkan kemudahan dalam mengelolanya, namun beberapa paket aplikasi blogging dengan fitur lebih, cenderung membutuhkan sentuhan kemampuan teknis lebih pula.

4. Apakah Anda membutuhkan banyak penulis?

Beberapa platform blogging sangat mudah dikonfigurasi untuk menangani banyak author dibandingkan yang lainnya. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan sebelum Anda memutuskan memilih aplikasi blogging yang tepat.

5. Apakah Anda punya budget cukup untuk keperluan blogging?

Jika Anda menyediakan dana untuk blogging, maka akan berdampak banyak terhadap pilihan aplikasi blogging yang dapat dipilih. Memang banyak platform blogging yang gratis tersedia online, tapi tetap saja aplikasi gratisan tersebut memiliki beberapa keterbatasan fitur yang disediakan. Walaupun memang, fitur yang terbatas itu umumnya sudah sangat mencukupi untuk para blogger rata-rata, bisa jadi itu tidaklah sesuai dengan kebutuhan Anda. Semua amat tergantung dari goal atau tujuan blog Anda dalam jangka panjang.

6. Apakah Anda butuh alamat email yang sesuai dengan nama domain Anda?

Jika Anda ingin memiliki alamat email yang disesuaikan dengan alamat domain milik Anda sendiri, maka pilihan aplikasi blogging Anda semakin terbatas. Mungkin Anda merasa tidak membutuhkannya saat ini, tapi jika ada baiknya Anda mempertimbangkan opsi ini sejak awal.

Nah, dengan memperhatikan kelima pertanyaan di atas, kiranya Anda kini sudah memiliki sedikit gambaran mengenai platform atau software blogging yang seperti apa yang Anda inginkan dan butuhkan.

Untuk memilih software blogging mana yang paling cocok untuk Anda, silakan baca: Perbandingan Aplikasi Blogging.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here