Solusi masalah kulit berminyak
Source Images: nadianb/shutterstock

7 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Terampuh Usir Jerawat

ERUDISI.com – Banyak cara mengatasi berminyak. Masalah kulit yang memiliki kelebihan minyak ini memang sangat menganggu bahkan bisa menyebabkan timbulnya .

sendiri merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea yang ada di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum ini adalah minyak alami yang bekerja melapisi kulit dan rambut. Jika produksi sebum berlebihan akan menyebabkan kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Jenis kulit berminyak  bermasalah dengan pori-pori besar, komedo, jerawat dan bercak berwarna pada kulit. Biasanya hampir seluruh bagian wajah akan terlihat mengkilap yang disebabkan oleh minyak berlebih ini.

Ini Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Meski kita memiliki type kulit berminyak, ada beberapa cara mengatasi muka berminyak jika bisa kita terapkan.

1. Perbanyaklah Minum Air Putih

Konsumsilah air putih setiap hari. Minimal 8 gelas sehari. Kebutuhan air yang terpenuhi akan membuat kerja tubuh normal termasuk wajah. Regenerasi bisa terjadi dengan baik dan wajah akan terjaga kelembabannya sepanjang hari.

2. Gunakan Produk Wajah yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Setiap orang itu memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, sehingga jenis produk wajah yang digunakan juga otomatis berbeda-beda pula. Jadi jangan sembarang membeli produk tanpa tahu apakah cocok atau tidak.
Solusi terbaik sebelum menggunakan produk adalah berkonsultasi dengan ahli kulit atau dokter kulit langsung. Konsultasikan permasalahan kulit kita.

3. Mengatasi Kulit Berminyak: Rutinlaj Menggunakan Masker

Penggunaan masker telah terbukti menjadi cara terampuh mengatasi wajah berminyak dan telah banyak dibuktikan oleh orang , baik laki-laki ataupun perempuan.
Lakukan aplikasi masker 3 kali setiap minggunya.

Masker sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori dan juga merelaksasi kulit sekaligus mengencangkan.

Jenis masker yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah masker alami. Masker jenis ini sangat membantu agar tidak timbul jerawat dan minyak berlebih.

4. Gunakan Pelembap

Meskipun memiliki jenis kulit berminyak, penggunaan Pelembab tetap penting untuk diperhatikan. Apapun jenis kulit, wajib  menggunakan pelembap wajah. Pelembab wajah akan menjaga kelembapan kulit wajah tetap terjaga.

Pelembap mengandung minyak sangat tidak disarankan untuk jenis kulit berminyak. Hindari  pelembap yang mengandung lanolin, vitamin E atau minyak mineral.  Semua bahan tersebut hanya akan menambah jumlah minyak dalam kulit berminyak.

5. Jenis Kulit Berminyak Bisa Melakukan Facial Steam di Rumah

Orang dengan jenis kulit berminyak Isa melakukan facial steam di rumah menggunakan alat-alat sederhana. Kita bisa melakukan uap sederhana dengan bisa menggunakan handuk, baskom atau pemanas air dan bisa juga menggunakan steamer. Cara sederhana ini bisa membantu wajah menjadi lembab dan menghilangkan kotoran dan debu.

6. Cobalah Terapi Es Batu

Cara mengatasi muka berminyak berikut ini yang juga sangat murah dan mudah  berikutnya adalah terapi es batu. Cara sederhananya dengan menggulung empat atau lima es batu menggunakan kain katun lembut. Setelah itu, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama satu atau dua menit.

Manfaat terapi es batu adalah melancarkan sirkulasi darah, mengecilkan pori-pori dan menjadikan kulit lebih halus.

7. Hindari Makanan Berminyak

Makanan berpengaruh besar terhadap kondisi-kondisi yang terjadi pada tubuh setiap orang, termasuk kondisi wajah.Jadi hindari makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan dan makanan siap saji.Makanan tersebut makan menganggu kerja tubuh dan akan terlihat dari wajah.

Itulah 7 cara mengatasi masalah kulit berminyak yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat ya.

Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi serta jangan lupa bagikan artikel -artikel kami ya.