7 Hal yang Harus Dihindari pada Smartphone

Memiliki smartphone baru tentu saja adalah hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Apalagi smartphone tersebut merupakan smartphone dengan spesifikasi yang bagus. Tak hanya sekedar mampu membeli smartphone saja, kamu juga harus mampu merawat dan menjaga smartphone kamu itu. Tak sedikit para pengguna smartphone sering mengabaikan masalah tentang perawatan smartphone, sehingga smartphone tersebut cepat mengalami masalah atau kerusakan maupun performanya yang lelet.

Untuk mencegah smartphone kamu cepat rusak maka sebaiknya kamu memperhatikan 7 hal yang harus dihindari pada smartphone kesayangan kamu

1. Tidak memasang screen protector

Meskipun smartphone kamu dilengkapi dengan gorilla glass, hal itu tetap saja belum menjamin keamanan layar smartphone kamu. Karena meskipun sudah dilengkapi gorilla glass, jika layar smarphone kamu sering terkena benturan apalagi benturan yang cukup keras tetap saja akan merusak layar smartphone kamu.

Sebaiknya pilihlah srcreen protector jenis tempered glass.

2. Tidak pernah mematikan smartphone dalam sehari

Zaman sekarang memang tak terlepas dari yang namanya smartphone, sehingga kemanapun dan dalam situasi apapun smartphone tak pernah lepas dari genggaman dan istirahat. Smartphone memang penting tapi merawat smartphone juga lebih penting.

Jika menurut kamu smartphone sangatlah penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, sebaiknya matikan smartphone kamu paling tidak setengah jam dalam satu hari atau kamu dapat mematikan smartphone kamu saat kamu tidur.

3. Instal aplikasi yang bukan dari sumber resmi

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa penyedia aplikasi selain Google Play Store banyak menyediakan aplikasi-aplikasi yang menarik. Tapi masalahnya menginstal aplikasi yang bukan dari sumber resmi, aplikasi yang kamu instal rentan memiliki virus. Sehingga virus tersebut akan merusak sistem atau komponen dari smartphone kamu.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu harus d******d dan menginstal aplikasi dari sumber resmi dan terpercaya seperti Google Play Store.

4. Membiarkan Wifi dan Bluetooth tetap menyala

Membiarkan Wifi atau Bluetooth tetap menyala akan cepat menguras battery, karena kedua layanan ini akan terus mencari jaringan. Sebaiknya matikan wifi ataupun Bluetooth disaat kamu tidak menggunakannya. Sehingga kedua layanan ini tidak menguras battery smartphone kamu.

5. Menginstal terlalu banyak aplikasi

Sekarang ini memang banyak sekali tersedia aplikasi-aplikasi yang menarik untuk dipasang di smartphone kamu. Seperti aplikasi game, sosial media, foto dan berbagai aplikasi lainnya. Tapi masalahnya menginstal banyak aplikasi di smartphone bukan lah hal yang baik, karena akan banyak memakan RAM sehingga membuat smartphone kamu lelet. Selain itu, memasang banyak aplikasi juga akan memperbanyak aplikasi yang akan dijalankan oleh smartphone kamu.

Sebaiknya cukup gunakan aplikasi yang menurut kamu penting dan sering kamu gunakan. Seperti cukup gunakan satu aplikasi foto, hanya menggunakan satu game.

6. Tidak berhati-hati saat menggunakan smartphone

Sering sekali kita mendengar bahwa smarphone rusak karena tercebur ke dalam air atau terjatuh dari ketinggian, akibatnya smartphone kesayangan akan rusak. Ini sering terjadi akibat ketidak hati-hatian saat menggunakan smartphone. Jadi mulai dari sekarang berhati-hatilah saat menggunakan, mengambil ataupun meletakan smartphone. Sehingga hal-hal yang buruk tidak akan terjadi.

7. Menggunakan smartphone saat ngecas baterai

Kebiasaan orang zaman sekrang dalam menggunakan smartphone emang nggak ada batasnya. Sampai-sampai saat ngecas battery pun smartphone tetap digunakan, baik untuk nelpon, chatting, streaming atau lain-lain. Tapi apakah hal ini dibelohkan? Jawabannay tentu saja tidak. Karena jika kamu tetap menggunakan smartphonemu saat ngecas, maka smartphone kamu akan cepat rusak.

Jika kamu ngecas battery smartphone, sebaiknya mematikan smartphone kamu agar pengisian sempurna dan tidak akan membuat smartphone cepat rusak. Selain itu mematikan smartphone saat ngecas juga bisa dimanfaatkan untuk waktu istirahat bagi smartphone kamu.

Itulah 7 hal yang harus dihindari agar smartphone tidak cepat rusak. Maka setelah membaca artikel ini anda dapat menjaga smartphone anda dengan baik. Jika smartphone anda sudah rusak, yang akan pusing anda sendiri juga kan? Tapi tenang saja anda juga masih dapat memanfaatkan smartphone yang rusak kok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here