Resep sayur sop sederhana enak
Source Image: wellty.care

Urutan Memasukkan Sayur Sop Agar Tepat Nutrisi

ERUDISI.com – Urutan memasukan tentulah ada. Jangan asal masuk. Urutan ini akan membuat lebih cepat masak dan siap disajikan tanpa ada sayuran yang masih keras.

Berikut Urutan Memasukan Sayur Sop

Wortel

Waktu masak wortel kira-kira 10 menit. Dengan tingkat kematangan yang pas. Tidak keras dan tidak terlalu lunak. Masukkan wortel pertama kali saat memasak sayur sup.

Wortel mengandung serat, vitamin K, Kalium, vitamin C, folat, fosfor, kalium, protein, dan kalsium yang baik untuk tubuh jadi saat kita bisa menjaga kesegaran, maka akan bermanfaat bagi tubuh

Kentang

Sama dengan wortel, kentang juga pas dimasak dalam waktu 10 menit. Potonglah dalam ukuran dadu yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran sedang akan membuatnya pas saat dimakan. Masukkan di urutan kedua setelah wortel.

Jika sudah konsumsi kentang, sebenarnya tidak perlu lagi konsumsi nasi lho. Kentang mengandung  karbohidrat, mineral (besi, fosfor, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium), protein, serta Page 2 9 vitamin terutama vitamin C dan B1. Jadi sangat bermanfaat kita konsumsi.

Urutan Memasukkan Sayur Sop: Brokoli

Jika akan memasukkan brokoli, maka setelah kentang dan wortel. Biasanya brokoli akan masak dalam waktu 7-8 menit. Potong dalam ukuran sedang dan jangan terlalu kecil. Karena bisa menyebabkan hancur.

Bunga  brokoli sendiri mengandung vitamin-K, dan kelompok vitamin B-kompleks , seperti niacin (vit B-3), asam pantotenat (vit. B-5), piridoksin (vit. B-6), vitamin B-12, dan riboflavin yang bermanfaat untuk jantung dan mata.

Jagung

Jagung bisa matang dalam ukuran yang tidak terlalu lama hanya butuh 2-3 menit saja. Sayuran ini  memiliki tekstur daging yang cepat matang apalagi sudah lepas dari bongolnya.

Jagung- sendiri juga mengandung mineral kalium dan magnesium serta antioksidan yang baik untuk mengontrol tekanan darah kita.

Buncis

Sama dengan jagung, buncis juga tidak terlalu lama. Hanya butuh 2-3 menit. Buncis sangat enak jika setengah matang. Warna hijau masih terlihat. Sebaliknya terlalu lama. akan membuatnya tidak hijau lagi.

Apalagi buncis ini juga mengandung protein, serat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium sodium, vitamin B, C, K, folat, dan beta karoten

Tomat

Tomat cukup sebentar saja kita masukkan ke dalam sup. Dia hanya butuh 2-3 menit saja. Karena tomat sangat segar jika tidak matang.

Sementara tomat merupakan makanan rendah kalori, kata serat yang baik untuk pencernaan, bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mata. Jadi saat memasak sayur tambahkan tomat agar bermanfaat bagi tubuh.

Kol

Kol hanya butuh waktu sebentar saja untuk dimasak 1-2 menit saja sudah cukup. Tak perlu berlama-lama ya. Setelah semua matang, aduk dan koreksi rasa.

Sementara kol sangat kaya antioksidan, kata serta dan dipercaya makanan antikanker, bagus untuk jantung karena dapat memperlancar peredaran darah dan banyak sekali manfaat lain dari kol ini.

Bahan sayuran ini sering dijadikan pilihan membuat salad mentah ditemani wortel. Rasanya memang juara meskipun kita konsumsi mentah.

Sayur sup nikmat siap disajikan. Lebih sehat, sehat dan warnanya menggunggah selera sekali.

Itulah urutan memasukkan sayur sop yang tepat agar sayuran yang kita masak bisa bermanfaat bagi tubuh dan tepat sasaran.

Bahkan sayuran sop  hangat sendiri direkomendasikan sebagai makanan saat tubuh kurang fit, saat kita batuk, pilek dan demam. Karena aroma sup dan kandungan sayur-sayuran tersebut sangat tubuh kita butuhkan.

Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi ya. Jangan lupa baca artikel-artikel lainnya. Terima kasih.

Check Also

Penyedap rasa NON MSG

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

ERUDISI.com – Masih banyak penyedap alami pengganti penyedap buatan. Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG …