Begini Cara Mengetahui Apakah Akun Facebook Kita Sedang Dihack atau Tidak

Pada artikel sebelumnya Erudisi pernah memposting artikel yang berjudul Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook. Setelah kamu mengetahui bagaimana cara seorang Hacker mencuri data di Facebook, sekarang Erudisi akan memposting cara mengetahui apakah akun Facebook kita sedang dihack atau tidak. Banyak sekali pengguna Facebook tidak mengetahui atau tidak sadar apakah akun Facebook miliknya sedang dihack. Biasanya pengguna Facebook menyadari Facebook miliknya dihack setelah mereka tidak dapat login ke akun Facebook miliknya karena password Facebooknya Berganti.

Padahal sebenarnya setiap yang melakukan hacking ke akun Facebook tidak selalu mengganti password akun sikorban. Hacker biasanya hanya mengganti password sikorban jika menggunakan Facebook korban untuk kejahatan seperti penipuan. Apabila Hacker bertujuan untuk mencuri data atau informasi pribadi korban maka Hacker tidak perlu untuk mengganti passwor sikorban. Inilah yang sangat jarang diketahui oleh pengguna Facebook.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka Erudisi akan membagikan cara mengetahui apakah akun Facebook kita sedang dihack atau tidak.

1. Masuk Ke Menu Setting dan pilih Keamanan.

2. Klik Tempat Anda Masuk lalu lihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik kamu telah diakses.

3. Jika anda menemukan aktifitas yang mencurigakan dan merasa bukan anda yang melakukan login langsung saja klik Hentikan Aktivitas, maka sihacker akan langsung otomatis Log-out dari akun kamu.

4. Setelah kamu menghentikan semua aktifitas yang mencurigakan, langsung saja ganti password akun Facebook kamu. Dengan mengganti password maka haacker tidak dapat login kembali ke akun kamu.

Untuk mencegah hacker melakukan hacking kembali terhadap akun kamu, kamu dapat meminta sistem Facebook untuk memberikan notifikasi setiap kali ada yang login ke akun kamu melalui perangkat atau browser baru. Notifikasi tersebut akan diberikan di tiga tempat sekaligus, yaitu melalui pemberithuan Facebook, e-mail, atau pesan SMS ke nomor yang sudah kamu daftarkan.

Untuk menggunakan fitur ini kamu cukup dengan mengklik Peringatan Masuk yang juga berada di menu Keamanan. Dengan mengklik Peringatan Masuk, kamu dapat mengatur kemana notifikasi dikirimkan. Misalkan kamu memilih melalui SMS maka kamu akan menerima SMS jika ada yang melakukan login ke akun Facebookmu.

Itulah cara mengetahui apakah akun Facebook kita sedang dihack atau tidak. Dengan demikian kamu akan terbebas dari serangan hacker yang memanaatkan akun Facebook milik kamu.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here