Cara agar anak rajin belajar
Ilustrasi anak belajar. Source image: Pixabay

Cara Memotivasi Anak Semangat Belajar

ERUDISI.com –  Cara memotivasi anak semangat belajar.  Saat ini Anda sedang di masa anak-anak malas belajar? Bisa akibat terlalu lama sakit atau terlalu asyik bermain gadget. Yuk simak cara memotivasi anak agar semangat belajar. Memotivasi dengan cara tepat membuat mereka semangat.

Ada enam cara  memotivasi anak agar semangat belajar kembali:

1. Memotivasi anak semangat belajar dengan memperkenalkan mereka dengan macam-macam gaya belajar

Hal pertama yang penting sekali Smart Ladies lakukan adalah kenalkan mereka dengan semua gaya belajar mulai dari audio (mendengar), visual (melihat) taktil (menyentuh) dan kinestetik (melibatkan gerakan tubuh).

Setelah mereka kenal dengan gaya belajar yang mereka inginkan atau senangi. Kita bisa membuatkan jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.

2. Meningkatkan minat baca anak

Kedua yang bisa memotivasi anak belajar adalah dengan meningkatkan minat baca anak. Contohnya bisa menyesuaikan dengan kondisi suatu keluarga. Menyediakan space membaca di rumah, mengajak mereka ke suatu tempat menyenangkan membaca buku seperti perpustakaan, cafe pecinta buku, komunitas pembaca buku atau cara lain yang tepat buat anak kita.

Jangan memulai dengan sesuatu yang berat. Mulai saja dengan membacakan buku cerita yang anak-anak sukai seperti buku cerita, buku kisah nabi dan buku penuh gambar dan warna. Sesuaikan dengan kondisi kita dan berikan suasana menyenangkan saat membaca.

perlu mempersiapkan diri untuk memberikan suasana menyenangkan untuk anak nih.

3. Bantu anak untuk lebih teratur dan disiplin

Cara berikutnya membuat anak semangat belajar adalah dengan membantu mereka untuk lebih teratur dan disiplin terhadap waktu. Awali dengan membantunya mengatur waktu untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Ingat meski anak sudah dan orang tua masih punya kewajiban sebagai manager anak. Pastikan mereka disiplin terhadap komitmen kegiatan yang telah mereka sepakati.

Berikan motivasi untuk semangat belajar. Memberikan mereka reward atas capaian karena bisa menambah semangat belajar mereka lebih tinggi lagi.

4. Terapkan Komunikasi Terbuka untuk Memotivasi Anak Semangat Belajar

Komunikasi adalah hal paling penting berikutnya dibangun orang tua. Biasakan menerapkan komunikasi terbuka pada anak agar anak bisa menyampaikan perasaan dan emosinya secara tepat.

5. Jangan lupa apresiasi setiap prestasi anak

Ini juga akan menambah semangat belajar anak kembali. Apresiasi setiap capaian yang mereka lakukan. Sekecil apapun jangan lupa berikan apresiasi setinggi-tingginya.

Misal saat anak bisa menyelesaikan setoran hafalan Alqurannya lebih cepat dibandingkan biasanya, atau anak bisa rutin sholat setiap hari. Berikan mereka apresiasi bisa berupa pujian atau hadiah. Sesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga.

Yakinlah anak-anak itu adalah manusia yang paling mudah dimotivasi. Ibarat mesin, mereka masih fresh dan belum banyak kerusakan. Jadi setiap kali dihidupkan akan lancar.

6. Pastikan Semangat Belajar Mereka Stabil

Nah, meski kita sudah merasakan perubahan pada anak kita yang semakin semangat belajar. Tapi jangan lupa biarkan mereka stabil dengan kebiasaan yang mereka sukai.

Jangan paksakan cara disiplin kita pada mereka. Biarkan mereka memilih cara mana yang mereka sukai.

Misal jika mereka komitmen untuk mengerjakan tugas setalah bermain Lego. Pegang perkataan mereka dan jika mereka menepati komitmen tersebut berikan apresiasi.

Jangan lupa diskusikan kepada mereka dengan apa yang mereka pilih. Resiko apa yang terjadi jika mereka tidak komitmen. Diskusikan bersama anak-anak, perbedaan saat malas dan semangat belajar.

Jadi jika anda menemukan anak-anak malas belajar. Anda bisa memotivasi anak semangat belajar dengan cara diatas. Jangan lupa doakan mereka di setiap sujud  agar semakin dimudahkan Allah dalam menuntut ilmu. Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

 

 

 

Check Also

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah (Sumber foto:pixabay)

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah

ERUDISI.com – Hari libur sekolah telah tiba pasti kita sebagai orang tua ingin sekali membuat …