Rahasia hilangkan noda kunyit di tangan
Source Images: how2removestain

Cara Mudah Hilangkan Noda Kunyit, No 3 Super Gampang

ERUDISI.com –  Cara ampuh hilangkan bekas kunyit di tangan. Banyak dari kita sering enggan menggunakan kunyit utuh untuk memasak karena dampaknya yang besar. Jika terkena tangan akan membekas dan sulit untuk dihilangkan.

Padahal kunyit utuh jauh lebih bagus daripada bubuk lho. Aroma kunyit yang baru dikupas lebih terasa daripada bubuk. Selain itu lebih fresh dan masakan lebih enak.

Tak hanya untuk masakan, kunyit juga sering dijadikan sebagai tambahan minuman jamu atau herbal. Diantara kandungan yang terdapat dalam kunyit adalah kurkumin, bisdesmetoksikurkumin,s esmetoksikumin, resim, pati, lemak, vitamin C, antioksidan, karbohidrat, protein, selulosa, zat pahit, zat besi, minyak atsiri, karbohidrat, protein, dan selulosa.

Kandungan pada kunyit ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu sistem pencernaan, mengobati luka, mengatasi gatal-gatal dan alergi serta banyak lagi.

Apalagi bagi masyarakat Indonesia, kunyit utuh masih jadi andalan dibandingkan yang sudah berbentuk bubuk. Tentu saja kandungan kunyit utuh lebih kaya dan masih terjaga jika yang sudah olahan.

Jadi sampai kapanpun kunyit utuh masih jadi primadona di tanah air. Meskipun tangan mereka akan terlihat tidak menarik, mereka masih memilihnya.

Sebenarnya tak sulit menghilangkan noda bekas kunyit. Hanya butuh kesabaran dan bahan yang tepat saja.

Solusi Hilangkan Noda Kunyit

1. Rendam Tangan Dengan Air Hangat dan Perasan Jeruk Nipis

Solusi pertama yang bisa kita lakukan saat tangan terkena noda kunyit adalah merendamnya menggunakan air hangat dan tambahan perasan jeruk nipis.

Rendamlah selama 10-15 menit. Noda kunyit akan memudar dan kuku-kuku akan terlihat lebih fresh dan tidak kusam.

Kandungan astringen yang terdapat dalam jeruk nipis bagus untuk kuku. Dia akan membersihkan noda pada tangan dan menyehatkan kuku. Jadi bisa untuk merendam kaki juga nih.

2. Gunakan minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak jarak

Yup, ketiga minyak ini bisa kita gunakan untuk hilangkan noda kunyit lho. Caranya cukup gosok-gosokkan ke tangan dan diamkan sejenak. Kemudian cuci tangan menggunakan sabun dan bilas hingga bersih. Noda hilang seketika. Jika masih ada noda lakukan treatment ini beberapa kali.

3. Cara Hilangkan Noda Kunyit: Parutan Lengkuas

Parutan lengkuas juga ternyata ampuh lho hilangkan noda kunyit di tangan. Cukup ambil lengkuas dan parut. Kemudian gosok-gosok ke tangan hingga air lengkuas membasahi tangan. Kemudian cuci dengan sabun dan bilas hingga bersih di air mengalir.

4. Rendam Baju dan Tambahkan Cuka

Jika noda kunyit menempel pada  baju, segera rendam menggunakan detergen dan tambahkan cuka atau jeruk lemon. Kucek-kucek hingga bersih sampai noda memudar dan hilang. Bersihkan pada air mengalir dan jemur hingga kering.

5. Baking Soda Bisa Hilangkan Noda Kunyit pada Peralatan Dapur

Tak hanya tangan atau baju berpotensi terkena noda kunyit, peralatan makan dan dapur juga sering jadi sasaran. Tak perlu khawatir, kita bisa menggunakan baking soda menghilangkan noda yang menempel.

Caranya, buatlah pasta dengan mencampurkan baking soda dan air, lalu oleskan pasta tersebut ke seluruh area yang bernoda.

Biarkan campuran baking soda mengering selama 15-20 menit, lalu gosok dengan air hangat hingga noda hilang. Pasta ini sangat bagus untuk mengatasi masalah meja dapur yang terkena noda kunyit.

Itulah beberapa cara mudah hilangkan noda kunyit.  Semoga bisa jadi solusi ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Jangan lupa bagikan artikel ini ya.

Check Also

Cara memilih bawang Bombai yang bagus

Tips Memilih dan Memasak Bawang Bombay

ERUDISI.com – Memilih bawang Bombay memang tidak bisa asal pilih agar mendapatkan bawang yang enak …