Hikmah Silaturahim bagi Umat Muslim

Silaturahim adalah sebuah upaya untuk menyambung tali persaudaraan antar manusia yang masih termasuk dalam hubungan nasab. Selain silaturahim, umat Islam juga dituntut untuk bisa melakukan Birrul Walidain yaitu berbakti kepada kedua orang tua.

Menyambung tali persaudaraan antara sesama muslim itu sangat diutamakan, sebagaimana dijelaskan di banyak hadits dan riwayat tentang keutamaan-keutamaan dan pentingnya silaturahim. Ada pun keutamaan-keutamaan yg akan didapatkan oleh orang yang gemar bersilaturahim antara lain:

1. Termasuk sebagai orang yang memiliki akhlak terpuji

Orang yang gemar bersilaturahim termasuk orang yang melakukan akhlak terpuji sebagaimana yang hadits berikut ini.

“Maukah aku tunjukkan kepadamu akhlak yang paling mulia dunia dan di akhirat? Yaitu kamu sambung silaturahim pada orang yang memutuskan silaturrahimnya kepadamu, dan memberi sesuatu kepada orang yang memutuskan pemberiannya kepadamu, dan kamu memaafkan bagi orang yang menganiaya kamu” (HR. Imam al-Baihaqi)

2. Silaturahim menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antara sesama keluarga

Bersilaturahim dapat menimbulkan rasa cinta dan kasih sayang sebagaimana dijelaskan hadits berikut ini.

“Pelajarilah sejarah nasab (silsilah) yang menurunkan kamu, sejauh yang dapat kamu pergunakan untuk melaksanakan silaturahim. Karena sesungguhnya silaturahim itu dapat menimbulkan rasa cinta dalam keluarga, menyebabkan bertambah banyaknya harta, dan menyebabkan diundurnya ajal.” (HR. Imam Ahmad)

3. Silaturahim dapat memperbanyak harta

Sebagaimana disebutkan dalam hadis diatas dengan bersilaturahim juga dapat menyebabkan bertambahnya harta. Dengan semakin banyaknya saudara kita, maka makin banyak pula pintu-pintu rezeki yang akan terbuka. Apalagi jika anda berniaga maka semakin banyak pula peluang yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki banyak saudara.

4. Silaturahim dapat menambah panjangnya usia

Silaturahim dapat memperpanjang usia seseorang sebagaimana hadits:

“Bersilaturahim, berakhlak mulia, dan hidup bertetangga secara baik, ketiganya dapat menjadikan makmurnya negara dan menambah panjang usia” (HR Imam Ahmad)

5. Bersilaturahim dapat menjadikan jalan makmurnya sebuah negara

Jika kita mau berfikir secara realitas objektif, bersilaturahim telah memberikan sumbangsih yang sangat banyak kepada negara kita ini. Budaya lebaran menggerakkan sektor ekonomi mikro bahkan sektor makro. Karena dari situ lahir geliat ekonomi baru, mulai dari jasa transportasi, produsen kuliner, barang hand made, penuhnya objek wisata, dan berbagai sektor lainnya. Hal ini tidak bisa digerakkan oleh negara tanpa adanya pendukung berupa budaya silatuharim yang sudah ada sejak dahulu kala.

Bukan hanya itu, dengan adanya kerukunan antar warga negara akan menciptakan atmosfir yang kondusif untuk berkembangnya sumber daya manusia. Mulai dari pendidikan, pelatihan, kreatifitas dan tentunya hal ini akan sangat membantu bagi kemakmuran sebuah negara. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus bisa membumikan silaturahim di negara tercinta Indonesia ini.