aneka olahan daging khas Indonesia
Source Images; Instagram @eat.eh.eats

Ini 15 Menu Olahan Daging Khas Indonesia, Warga +62 Wajib Tahu

ERUDISI.com – Ini 10 khas Indonesia yang cocok dengan lidah siapa saja. Banyak sekali menu berbahan dasar yang ada di Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua. Beragam menu dan olahan tentunya.

15 Olahan Daging Khas Indonesia

1. Rendang

Siapa yang tak kenal dengan menu Rendang ini. khas Minang ini bahkan sudah terkenal di seluruh dunia. Olahan bumbu, santan dan daging dimasak sampai kering. Rasanya sangat nikmat.

2. Dendeng Balado

Sama dengan rendang, olahan daging ini juga sangat ramah di lidah Indonesia. Bumbu yang meresap pada daging kemudian dicampur dengan cabe giling kasar (balado). Menu ini bisa jadi pilihan sajian terbaik.

3.  Rawon

Olahan ini sangat familiar di Pulau Jawa. Kuliner khas Jawa Timur dan Tengah. Rawon merupakan masakan berupa sup berkuah daging hitam dan menggunakan bumbu khas yang bernama kluwek.

Daging yang cocok memasak rawon adalah bagian sandung lamur. Rasa dagingnya sangat khas dan bumbu meresap.

4. Olahan Daging Khas Indonesia: Sop Buntut

Ayo siapa yang suka sekali dengan olahan Sup Buntut? Sangat nikmat sekali kita santap pada malam hari atau saat hujan. Biasanya membuat menu ini menggunakan buntut . Kemudian campur bahan-bahan dan rempah yang khas seperti kapulaga, cengkeh dan kayu manis.
Rasanya sangat nikmat sekali.

5. Soto Daging Betawi

Menu satu ini sangat familiar apalagi bagi pecinta kuah. Menu berkuah santan dan berwarna kuning ini sangat enak sekali. Perpaduan daging dan campuran kentang, tomat, daun bawang, keripik melinjo menambah nikmat menu ini.

6. Gepuk

Empal Gepuk merupakan makanan khas yang terbuat dari  daging sapi dengan rasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk ini menggunakan bahan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging kemudian rebus setengah matang dan  di pukul-pukul sampai agak empuk.

7. Sate Maranggi

Kuliner khas Purwakarta Jawa Barat ini tak kalah hits lho. Daging sapi sebelum dipanggang akan melalui tahap Marinasi terlebih dahulu bersama dengan bumbu khas nya. Sate ini banyak kita temui di street food maupun di resto khas Sunda maupun Nusantara.

8. Tengkleng Sapi

Olahan daging tengkleng cukup familiar bagi daerah Jawa Tengah terutama Solo. Kuliner khas Solo ini sangat terkenal karena rasa kuahnya terasa sekali segar. Karena rebusan iga sapi yang membuat menu ini istimewa sekali.

9. Sop Iga Sapi

Selain sop buntut, menu ini juga sangat familiar bagi lidah masyarakat Indonesia. Sop Iga merupakan olahan daging yang menggunakan bagian tulang iga.
Sama seperti sop buntut, hanya saja sering ditambah sayur-sayuran.

10. daging

Salah satu menu paling juara bagi orang Indonesia adalah semur daging. Rasa kuah semur yang meresap ke daging membuatnya semakin nikmat.
Biasanya aroma ketumbar sangat khas pada olahan ini.

11. Kalio Daging

Menu satu ini tak kalah cetar lho. Kalio daging masakan khas Minang juga. Olahan bumbu berkuah merah ini juga sering jadi salah satu menu di rumah makan Padang. Kalio daging memiliki rasa khas santan yang pekat dan bumbu meresap.

12. Cancang

Hampir mirip dengan kalio tapi aroma bumbu rempahnya lebih khas dan biasanya daging-dagingnya dipotong kecil. Sangat mudah kita menemukan menu ini di rumah makan Padang.

13. Selat Solo

Ayo siapa yang suka dengan Selat Solo. Menu perpaduan western dan Indonesia ini sangat sering kita jumpai di resto khas Indonesia. Jadi sekilas mirip dengan steak tapi aroma khas bumbu Indonesia ada pada olahan dagingnya..

14. Malbi

Malbi merupakan makanan khas Palembang dan sekilas mirip semur daging sapi. Malbi memiliki warna hitam bercita rasa manis dan gurih. Ciri khas dari malbi selain warnanya adalah kuahnya yang banyak dan kental. Enak sekali.

15. Daging Lapis Surabaya

Satu lagi olahan khas Indonesia yang ramah lidah Indonesia adalah daging lapis Surabaya. Sekilas mirip dengan semur tapi daging lapis lebih manis, gurih dan sedikit pedas.

Itulah 15 menu olahan daging khas Indonesia yang ramah lidah Indonesia. Semoga bisa menginspirasi ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya dan selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Kwetiau Goreng Ajib

Untuk anda yang suka dengan mie goreng kini anda bisa buat sendiri di rumah. Selain …