Ini 9 Contoh Kegiatan Pra Membaca Metode Montessori

ERUDISI.com – Tahukah bahwa dalam Montessori ada tahapan pendidikan anak yang disebut kegiatan pra membaca. Ada beberapa kegiatan pra membaca yang bisa orangtua lakukan di

Juwita

Contoh Kegiatan Pra Membaca Anak Metode Montessori
Contoh Kegiatan Pra Membaca Anak Metode Montessori

ERUDISI.com – Tahukah bahwa dalam ada tahapan pendidikan anak yang disebut kegiatan pra membaca. Ada beberapa yang bisa orangtua lakukan di rumah.

Kegiatan Pra Membaca dan Manfaatnya

Banyak dari orang tua di Indonesia abai pada kemampuan sebelum membaca anak. Padahal kemampuan ini sangat bermanfaat bagi anak. Tahukah bahwa aktifitas anak di rumah meskipun sederhana bisa jadi hal penting dalam tumbuh kembangnya.

Berikut kegiatan pra membaca Montessori yang bisa diterapkan di rumah:

1. Sistem Motorik

Sistem motorik sangat berperan penting dalam mencapai target anak bisa membaca. Diantara kegiatan yang fokus pada sistem motorik anak adalah

  • Hand eye coordination, contohnya proses makan finger saat bayi atau saat anak mulai makan sendiri.
  • Bilateral Coordination, contohnya bermain sepeda, menggunting dan main bola.
  • Core muscle, contohnya merangkak, memanjat, lompat dan Tummy time.
  • Balance and coordination, contohnya jalan mundur, naik ayunan, main perosotan, jalan di papan titian dan jalan mundur.

Orang tua sangat penting menstimulasi sistem motorik anak karena akan memudahkan mereka dalam proses membaca nantinya.

Mulailah dengan aktifitas yang ringan dan mudah dilakukan anak. Didalam Montessori, semua berjalan secara alami Bahkan mulai umur 1 hari saja, anak kita sudah bisa menerapkan aktifitas pra membaca ini.

2. Read Aloud

Kegiatan pra membaca berikutnya yang jangan sampai terlewatkan adalah read aloud (membaca nyaring). Read aloud sangat bermanfaat selain menambah kosa kata anak, juga anak bisa mengenal binti huruf (fonik).

Read aloud ini adalah kegiatan penting pra-membaca ya. Anak akan dengan mudah nantinya masuk dalam tahapan belajar fonik (bunyi masing-masing huruf).

3. Choosing the Same Object

Choosing the Same Object yaitu mencocokkan benda di sekitar kita yang sesuai dengan bentuk geometrinya. Contohnya orangtua menunjukkan benda berbentuk persegi panjang, kemudian ajak anak untuk mencari benda apa saja yang memiliki bentuk persegi panjang. Biarkan mereka mencari dulu tanpa dibantu ya.

Kegiatan ini bermanfaat dalam memudahkan anak mengenal garis yang membentuk huruf seperti garis lurus, melengkung dan lainnya.

4. Kegiatan Pra Membaca Montessori: Patterning

Patterning artinya menyusun pola berulang. Orangtua akan mencontohkan pola kemudian meminta anak mengamati dan melihat pola dan mengingat urutannya.

Contohnya kita bisa mengenalkan anak dengan gambar pola mainan kubus dan meminta anak menyusu. sesuai pola pada gambar.

Manfaat kegiatan ini adalah bisa melatih konsentrasi anak sehingga saat anak belajar membaca dia bisa berkonsentrasi dengan baik.

5. Sorting by Category

Kegiatan sorting by category adalah kegiatan memilah objek sesuai kategori masing-masing. Bisa berdasarkan warna, bentuk dan ukurannya.

Misalnya orangtua meminta anak mengelompokkan Lego sesuai warna masing-masing.
Manfaat aktifitas ini adalah anak akan mudah dalam mengelompokkan kata per kata sehingga bisa merangkainya menjadi sebuah kalimat.

Contoh Kegiatan Pra Membaca Anak Metode Montessori
Contoh Kegiatan Pra Membaca Anak

6. Matching Picture and Objects

Ini adalah kegiatan mencocokkan gambar sesuai objek asli. Bisa dengan menyiapkan dua wadah satu berisi figur hewan dan wadah satu lagi berisi gambar hewan. Ajak mereka mencocokkan figur dan gambar dengan benar.

Manfaat dari aktifitas matching picture and objects ini adalah untuk melatih anak memahami antara bunyi huruf atau kata dengan objek aslinya saat membaca.

7. Sequence Cards

Sequence cards adalah kartu tahapan sebuah kegiatan. Kartu ini bermanfaat dalam mengajari anak urutan sebuah kegiatan.

Karena Sequence cards ini berisi kegiatan sehari-hari, seperti urutan makan, memakai baju, menggosok gigi, memakai sepatu dan lainnya.

Aktifitas sequence cards ini bisa memudahkan anak dalam mengenal urutan membaca dari awal sampai akhir sebuah bacaan. Anak akan terlatih dalam membaca, memahami dan membuat sebuah kalimat secara bertahap.

8. Klasifikasi

Meskipun kegiatan ini bisa disamakan dengan sorting by category, tetapi tingkat kesulitannya lebih kompleks. Anak bisa bereksplorasi lagi lebih luas lagi.
Misalnya orangtua bisa mengajak anak mengklasifikasikan hewan berdasarkan makanan, tempat tinggal (darat, laut dan udara), jenisnya dan lainnya.

Selain menambah kosa kata juga menambah wawasan di kecil. Jangan lupa tambahkan media penunjang lainnya seperti ensiklopedia, video atau buku lainnya yang berhubungan dengan tema yang dibahas.

9. Nomenclature Cards

Dalam Montessori ada namanya kartu nomenklatur. Gimana kartu tersebut terbagi dalam 3 macam yaitu gambar, objek dan tulisan.
Kegiatan ini akan membuat anak mudah dalam memasangkan sebuah gambar dan menyebutkan bunyi kata pada gambar tersebut dengan tepat.

Nah, itulah beberapa kegiatan pra membaca Montessori yang bisa orang tua praktekan. Semoga bisa membantu par orang tua dalam membersamai anak-anak ya.

Related Post