Manfaat air Putih Menurut Thibbun Nabawi
Ilustrasi air: Food Insight

Ini Aturan Minum Saat Berpuasa Ramadhan

ERUDISI.com – Ini aturan minum saat berpuasa. Saat kita berpuasa tentu saja kita akan mengalami rasa lapar dan haus sehingga kita perlu mengatur agar rasa haus tersebut tidak menganggu aktifitas kita.

Tahukah hal yang penting kita lakukan adalah mengetahui aturan minum air saat berpuasa. Apalagi jika kita tidak mengatur minum saat berbuka dan sahur akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Jika air terlalu banyaknya di dalam lambung akan mengganggu sistem kerja lambung lho. Nah untuk lebih jelasnya berikut aturan minum air selama berpuasa.

Minumlah Disela-sela Tarawih dan Sebelum Tidur

Untuk memenuhi kebutuhan air harian kita, kita bisa minum di sela-sela shalat tarawih dan sebelum tidur. Hal ini akan membuat tubuh kita lebih siap menerima.

Aturan Minum Saat Berpuasa: Jangan Minum Sebanyak-banyaknya

Perlu diingat sekalipun tubuh memiliki sistem buffer yang dapat menjaga keasaman lambung, bukan berarti kita diizinkan meminum air sebanyak-banyaknya.

Anggap saja keasaman lambung tidak terganggu. Kapasitas lambung akan melebihi normal. Sifat zat cair yang menekan ke segala arah akan menimbul- kan rasa mual bahkan muntah.

Minimal, lambung akan mengalami cedera, baik sedikit maupun banyak. Dan ini akan merugikan pasokan energi kita.

Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan merupakan pilihan terbaik. Kita bisa minum antara satu sampai dua gelas sebelum makan. Saluran lambung ke usus halus masih terbuka lebar tanpa halangan dari makanan.

Air pun bisa langsung diserap tubuh. Jika setelah makan kita merasa kerongkongan kita butuh minum, minumlah setengah sampai satu gelas saja.

Khusus untuk sahur, banyak ahli yang menyarankan untuk minum sirup, teh manis, air madu atau buah sebelum makan. Minuman dan buah yang manis dapat merangsang saraf- saraf di mulut agar berselera makan.

Makanya orang yang suka makan buah kadang nafsu makannya meningkat lho.

Jadi itulah beberapa aturan minum air putih selama berpuasa agar tubuh kita bisa beraktifitas dengan normal dan lambung bisa bekerja dengan normal selama kita tidak makan dan minum seharian.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

Check Also

lebaran

Kenapa Kriminalitas Meningkat Menjelang Lebaran?

Di bulan Ramadhan angka kriminalitas relatif menurun namun menjelang hari raya Idul Fitri, angka kriminalitas …