Ini Checklist Wajib Pemudik Perhatikan Sebelum Pulkam

ERUDISI.com – Ini 10 Checklist Wajib Pemudik perhatikan sebelum melakukan mudik lebaran ke kampung halaman. Mudik di Indonesia merupakan salah satu tradisi saat perayaan hari

Juwita

Tips Aman Pemudik
Checklist Wajib Pemudik Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah (Ilustrasi Source Images:MACIEJ NOSKOWSKI/iStock)

ERUDISI.com – Ini 10 Checklist Wajib Pemudik perhatikan sebelum melakukan ke kampung halaman. Mudik di Indonesia merupakan salah satu tradisi saat perayaan hari raya Idul Fitri. Para perantau ibukota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari besar umat Islam ini.

Setelah sebulan berpuasa, euforia pemudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar terutama orang tua sangat besar. Belum afdhol rasanya kalau belum pulang ke kampung halaman. Tapi meskipun kebahagiaan untuk pulang ke kampung halaman begitu besar, jangan sampai rumah yang ditinggal tidak diperhatikan sebelum mudik.

Ini Checklist Wajib Pemudik Perhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah

1. Titipkan Rumah Kepada Orang Kepercayaan Keluarga

Sebelum pulang, pastikan sudah menitipkan rumah kepada orang kepercayaan. Bisa tetangga, teman dekat atau keluarga. Berikan mereka arahan akan kondisi rumah. Bisa dengan memberikan kebebasan kepada mereka mengakses rumah dengan memberikan kunci.
Bisa juga memberikan arahan untuk menyiram bunga, menyapu rumah atau lainnya. Hal ini bisa sangat membantu rumah kita tetap aman saat ditinggal mudik.
Tapi pastikan orang yang kita amanahkan adalah orang terpercaya.

2. Nyalakan Beberapa Lampu Di Lokasi Strategis

Biasanya saat mudik identik dengan pencurian. Bisa disebabkan karena rumah yang terlihat gelap  Jadi usahakan untuk menghidupkan lampu di beberapa area strategis.

Anda bisa menyalakan lampu di area yang terlihat dari luar rumah seperti teras depan, samping kanan dan kiri dan area belakang rumah.

3. Matikan Semua Barang Elektronik

Satu hal yang checklist wajib  pemudik abaikan saat meninggalkan rumah adalah elektronik. Salah satu penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan semua barang elektronik untuk dimatikan.
Putuskan semua aliran listrik barang-barang elektronik tersebut seperti TV, Radio, kulkas, kipas angin, magic com dan lainnya.

Pastikan semua sudah Anda putus sebelum meninggalkan rumah.

4. Checklist Wajib Pemudik Perhatikan: Amankan Barang-Barang  dan Dokumen Berharga

Sebelum Anda meninggalkan rumah, sebaiknya sudah menyimpan barang-barang berharga dan dokumen di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan orang yang tidak bertanggung jawab.

Bisa di dalam brankas yang memiliki password saat dibuka. Atau bisa juga menyimpan di Safe Deposit Box yang ada di layanan keuangan. Hal ini akan sangat membantu kita saat mudik lebaran.

5. Pastikan Regulator Gas Sudah Dalam Kondisi Aman

Salah satu yang sering menyebabkan kebakaran adalah kebocoran gas. Jadi pastikan gas dalam kondisi aman. Lepaslah regulator gas kemudian tutup rapat gas yang tidak digunakan.

Usahakan menyimpan di tempat aman dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

6. Matikan Saluran Air

Hal lain yang sering diabaikan oleh pemudik saat pulang kampung adalah saluran air. Usahakan sudah mematikan kran air dan pompa air. Selain pemborosan, kran air bisa menyebabkan air tergenang dan bisa membasahi seisi rumah.

Bahkan bagi yang saluran air menggunakan listrik maka pastikan stop kontak air sudah dalam kondisi mati.

7. Pastikan Rumah Bersih

Usahakan sebelum pulang mudik, Anda sudah membersihkan rumah dan sudah menutupi area yang mudah terkena debu. Hal ini akan membuat Anda tidak punya pekerjaan sepulang dari mudik.

8. Bisa Memasang CCTV

Jika Anda merasa kurang tenang saat mudik ke kampung. Anda bisa mengontrol rumah melalui CCTV. Hal ini bisa jadi jejak digital dan rekaman untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu.
Bahkan saat ini CCTV bisa juga diakses secara online. Jadi bisa dipantau lewat jarak jauh.

Jika diperlukan, Anda bisa memasang CCTV di rumah untuk memonitor atau mengawasi rumah dari jauh. Hal ini untuk berjaga-jaga agar terdapat jejak digital atau rekaman apabila terjadi sesuatu hal di rumah Anda.

9. Pastikan Semua Pintu Sudah Terkunci

Hal terakhir setelah semua checklist dilakukan adalah memastikan semua pintu sudah terkunci rapat. Cek lagi semua pintu dan jendela apakah sudah ditutup rapat. Apalagi akses menuju rumah, pastikan sudah dalam kondisi ditutup dengan benar.

Itulah 9 daftar Checklist Wajib Pemudik perhatikan sebelum meninggalkan rumah. Rumah Aman mudikpun lancar. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Related Post