ERUDISI.com – Ini waktu-waktu mustajab berdoa di bulan yang penting diketahui dan dipraktekkan oleh setiap muslim. Masya Allah, senjata orang muslim adalah doa. Kekuatan doa akan mengantarkannya pada derajat takwa.

Keutamaan Doa

Doa adalah inti ibadah. Bahkan Allah sangat dekat dengan orang yang senantiasa berdoa dengan penuh keikhlasan dan ketundukan mengharap kemudahan dari Allah.

Bahkan dalam banyak ayat Alquran menjelaskan bagaimana Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berdoa kepada Allah dan mengerjakan amalan yang membuat doanya terkabul serta menjauhi diri dari perbuatan yang membuat doa terhalang dikabulkan. Masya Allah.

Tentu saja salah satu hal yang penting perlu dilakukan oleh seorang hamba agar doanya terkabul adakah mengetahui waktu-waktu mustajab dalam berdoa. Dari berbagai sumber, berikut Erudisi rangkum waktu- pada bulan Ramadhan.

Waktu-Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

1. Sepertiga malam terakhir ()

Di sepertiga malam terakhir (waktu sahur) merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Dimana pada waktu ini, Allah Subhanallahu Wa Taala turun ke langit bumi, sebagaimana diriwayatkan dalam Hadist Bukhari dan Muslim.

Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni' .” (HR. Bukhari no.6321 dan Muslim no.758).

Ini janji Allah bagi hamba-nya yang khusyuk berdoa. Waktu ini adalah waktu istimewa dan jangan sampai waktu ini kita habiskan dengan banyak tertawa dengan tontonan yang bermanfaat. Scrolling sosial media yang tidak penting.

Gunakanlah waktu ini dengan berdoa dan berzikir serta membaca Alquran. Allah begitu menyukai dan mencintai hambanya yang suka berdoa.

2. Doa Malam

Sungguh salah satu waktu Allah kabulkan doa kita adalah pada malam Lailatul Qadar. Di malam yang Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam perintahkan umatnya untuk bersungguh-sungguh mencarinya di 10 terakhir Ramadhan.

Jika kita bertemu dengan malam Lailatul Qadar maka Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنك عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعفو فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuw wun tuhibbul ‘afwa fa'fu'anni (Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf (menghapus kesalahan), karenanya maafkanlah aku (hapuslah dosa-dosaku).

3. Waktu-Waktu Mustajab Berdoa : Ketika Berpuasa

Sungguh Allah akan mengabulkan doa orang-orang yang berpuasa. Sebagaimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam sampaikan dalam haditsnya.

“ Ada tiga orang yang do'anya tidak ditolak : (pertama) Pemimpin yang adil, (kedua) Orang yang berpuasa ketika dia , (ketiga) Do'a orang yang terzalimi .” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752)

4. Ketika Berbuka Berpuasa

Pada saat berpuasa, salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah pada saat berbuka puasa. Pada saat itu, seorang hamba telah menyelesaikan tugasnya melaksanakan perintah Allah dan Allah menyediakan waktu berbuka tersebut hambanya berdoa sebanyak yang mereka mau.

Masya Allah, benarlah bahwa Ramadhan ini bulan yang mulia, sehingga dijuluki bulan Mubarok (kemuliaan/keberkahan). Bahkan setiap waktu adalah mulia dan setiap waktu kita bebas berdoa sebanyak yang kita mau. Jangan sia-siakan waktu ini.

Itulah  waktu-waktu mustajab berdoa yang bisa kita lakukan pada saat Ramadhan. Berdoalah dengan kesungguhan. Mintalah apa yang kita inginkan sedetail mungkin. Terutama meminta keistiqomahan dalam jalan Sunnah.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.