Cara dan bacaan sujud tilawah
Ilustrasi sujud (Foto: Freepik)

Kapankah Waktu Sujud Tilawah? Ini Jawaban Singkatnya

ERUDISI.com – Kapankah waktu melakukan ? Sujud tilawah dilakukan setelah membaca ayat sajdah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat. Dan hukum sujud-tilawah ini adalah sunnah menurut pendapat mayoritas (jumhur) ulama.

Barangsiapa membaca ayat sajdah atau mendengarkannya, maka disunnahkan baginya untuk bertakbir dan sujud sekali, kemudian bertakbir ketika bangkit dari sujud.

?

Sujud-tilawah yaitu sujud karena membaca ayat sajadah atau ayat-ayat di dalam al-Qur'an yang diperintahkan untuk sujud ketika membacanya.

Kapankah waktu sujud-tilawah?Sujud-tilawah dilakukan setelah membaca ayat sajdah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat.

Sujud ini tidak dilanjutkan dengan tasyahhud atau tahiyat dan tanpa salam.

Telah diriwayatkan dalam Mushannaf Ibnu Abi Syaibah dari dua tabi'in, Abu Qilabah dan Ibnu Sirin, bahwa keduanya berkata,
“Apabila seseorang membaca (ayat) sajadah pada selain waktu shalat, (hendaklah) dia berkata, ‘Allahu Akbar.”
Syaikh al-Albani berkata, “Sanadnya shahih, dan Abdur- Razzaq meriwayatkannya di dalam Mushannafnya (3/349/5930) dengan sanad lain dari keduanya. yang shahih

Cara dan bacaan sujud tilawah
Ilustrasi sujud (Foto: Freepik)

Tidak Disyariatkan Wudhu saat Sujud Tilawah

Tidak disyaratkan suci (memiliki wudhu) dan menghadap kiblat saat sujud-tilawah (diluar shalat).

Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Umar, bahwa beliau bersujud (tilawah) tanpa berwudhu. (Fiqhus Sunnah 1/188)

Adapun bacaan sujud-tilawah sendiri terdapat dalam hadits Aisyah,m radhiallahuanha bahwa yang dibaca Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam tatkala sujud-tilawah adalah:

سَجَدَ وَجُمِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

“Wajahku sujud kepada Dzat yang telah
menciptakan- nya, membelah pendengaran dan penglihatannya, dengan daya dan kekuatan-Nya.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan an-Nasa'i. Dishahihkan oleh al- Albani dalam Misykatul Mashabih 1/227)

Masya Allah, semoga penjelasan singkat tentang kapankah waktu sujud-tilawah? Bisa menjadi jawaban atas pertanyaan selama ini ya. Jangan lupa amalkan dan sampaikan kepada keluarga, teman dan saudara seiman lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi.. Semoga selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari. Jangan lupa share artikel ini ya. [] []

Check Also

Lubang pada Manusia yang Dicintai Jin – Anda Punya?

Apa sajakah lubang pada manusia yang disukai jin ? tentunya Anda memilikinya, sebagai manusia cintaan …