Harga tiket ke kawasan kota tua
Foto: Juwita

Kawasan Kota Tua, Destinasi Penting Saat Berkunjung ke Jakarta

ERUDISI.com – Pasca revitalisasi wajah Kawasan Kota Tua menjadi lebih menawan dan lebih rapi. Kawasan Kota Tua makin kekinian tanpa menghilangkan ciri khas sejarah tempat ini.

Kota Tua sendiri memiliki luas 334 hektar dan banyak sekali spot menarik sarat sejarah untuk kita kunjungi.Setidaknya ada 5 spot menarik di Kota Tua.

1. Museum 3D Kota Tua

disini memberikan pengalaman seru  menampilkan berbagai lukisan 3 dimensi.Tujuh zona ini terdiri dari zona lukisan, satwa, lautan, rutinitas, dinosaurus, petualangan dan horor. Sedangkan tiga ruangan yang ditawarkan berupa Ames Room, Mirror Room, dan Optical Chair.

Buka setiap hari kecuali hari libur. Harga Tiket masuk saat weekday Dewasa 60k dan anak-anak (3-7) 40k. Sementara saat weekend dewasa 80k dan anak-anak 50k.

Pasar Jadoel Kawasan Kota Tua
Pasar Jadoel Kawasan Kota Tua

2. Museum Fatahillah

Di museum ini kita bisa melihat banyak barang bersejarah ada 23.500 koleksi Mulai dari peninggalan kerajaan tarumanegara dan Pajajaran hingga peninggalan zaman Belanda.

Karena tempat ini pada masa Belanda merupakan Balai Kota, ruang pengadilan hingga penjara bawah tanah.
Masuk ke museum ini hanya cukup bayar 2 ribu rupiah saja. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

3. Museum Bank

Awalnya gedung ini dibangun dan  digunakan sebagai rumah sakit yang bernama Binnen Hospital. Kemudian  tahun 1828 beralih menjadi sebuah bank yang bernama De Javashe Bank (DJB).

Tahun 1953 era setelah kemerdekaan, bank ini menjadi Bank Sentral Indonesia atau sering kita kenal dengan sebutan Bank Indonesia. Setelah operasional BI pindah ke gedung baru tahun 1962, gedung yang lama menjadi museum pada 15 Desember 2006.
Masuk kesini cukup bayar 5 ribu rupiah saja.

4. Museum Bank Indonesia

Awalnya gedung ini dibangun dulunya  sebagai rumah sakit yang bernama Binnen Hospital. Kemudian tahun 1828 beralih fungsi menjadi sebuah bank yang bernama De Javashe Bank (DJB).

Pada tahun 1953 era setelah kemerdekaan, bank ini dinasionalisasikan menjadi Bank Sentral Indonesia atau sering kita kenal dengan sebutan Bank Indonesia.

Setelah operasional BI pindah ke gedung baru pada 1962, gedung yang lama di lestarikan menjadi Museum Bank Indonesia dan resmi beroperasi pada 15 Desember 2006 lalu.
Jika ingin kesini cukup membayar 5 ribu saja.

Jalan Seni kawasan kota tua
Icon baru di Jalan Seni Kota Tua

5. Stasiun Kereta Api Kawasan Kota Tua

Tak hanya masih berfungsi sebagai stasiun tetapi tempat ini juga sering dijadikan objek wisata. Bahkan bangunan masih bergaya tempo dulu. Bahkan stasiun kota termasuk  cagar budaya peninggalan sejarah di .

6.  Jalan Seni Kota Tua

Berbeda dengan sebelumnya, kini Jalan Seni ini tampak lebih rapi dan cantik. Hanya terdapat seniman-seniman jalanan yang berdandan ala-ala pahlawan pada masa dahulu. Kita bisa mengajak mereka berfoto dan kita bisa memberikan mereka tip.

Harga tiket ke kawasan kota tua
Foto: Juwita

Jalan Seni ini kita juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kawasan kota tua. Pemandangan gedung dengan arsitektur lama membuat tempat ini sangat berkesan. Meskipun berada di ibu negara dengan bangunan tinggi pencakar langitnya.

Kawasan kota tua masih lestari sampai kapanpun jua. Tertarik mengunjunginya? Kawasan ini buka 24 jam kok. Hanya saja untuk museum hanya museum buka dari jam 9 pagi hingga 3 sore.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi. Semoga selalu temukan jawaban inspirasi setiap hari. []

Check Also

Yuk Lihat Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah

ERUDISI.com- Tahukah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun ini makin kekinian, indah dan makin rapi …