Makanan khas Indonesia berbahan dasar ikan
Ikan Bakar Foto Milik Akun Instagram @suprabajati

Kuliner Indonesia Berbahan Dasar Ikan Wajib Dicoba

ERUDISI.comKuliner Indonesia berbahan dasar ikan sangat banyak sekali. Apalagi sebagai negara kepulauan kita memiliki banyak sekali sumber daya laut yang bisa kita jadikan makanan.

13 Khas Indonesia Berbahan Dasar Ikan Yang Bisa Kita Sajikan

1. Arsik Khas Batak

Jika kita berkunjung ke Danau Toba Sumatera Barat kita akan menemukan makanan satu ini. Berbahan dasar ikan mas yang berpadu dengan bumbu khas Toba, membuat rasanya istimewa.
Asal Arsik dari Samosir Tapanuli Utara.
Disebut arsik karena saat memasak olahan ini diguyur-guyur atau disiram menggunakan bumbu olahan hingga ikan masak.

2. Asam Padeh Khas Minang

Siapa yang tidak kenal dengan Asam Padeh. Makanan khas Minang ini tak kalah nikmatnya. Olahan ikan dengan tambahan bumbu cabe dan asam Kandis. Resepnya berbeda dengan olahan Minang pada umumnya, asam Padeh tidak menggunakan santan. Rasanya sangat enak dan menggugah selera.

Biasanya ikan yang sering orang gunakan ikan tongkol karena memiliki yang lebih banyak daripada ikan lainnya.

3. Sop Ikan Khas Batam

Batam sebagai daerah kepulauan sangat kaya hasil laut. Salah satu kuliner yang paling terkenal adalah Sop Ikan. Biasanya mereka menggunakan fillet ikan nila atau tenggiri. Kemudian lengkap dengan sayuran selada, sawi asin dan potongan tomat hijau.

Sup Ikan ini biasanya beraroma khas ikan yang segar, nikmat dengan tambahan bawang goreng dan kita santap hangat.

4. Lempah Kuning Khas Belitung

Kuliner Khas Indonesia berbahan Ikan satu ini memang tidak kalah nikmat. Olahan ikan Gangan menggunakan bumbu kuning berpadu dengan nanas untuk menghasilkan rasa asam yang original. Rasanya benar-benar nikmat khas Pulau Belitung.

5. Gabus Pucung Khas Betawi

Kuliner Indonesia berbahan ikan satu ini mulai langka. Olahan gabus Pucung menggunakan perpaduan ikan gabus dan kluwak. Sajian ini terasa nikmat saat makan dengan nasi hangat. Biasanya pada resto-resto atau Betawi juga ada yang menyajikan menu satu ini.

6. Pecak Ikan Betawi

Satu lagi makanan Betawi yang sangat terkenal Pecak Ikan. Ikan goreng siram Pecak. Rasanya sangat nikmat dan menggugah selera sekali.

Ada dua jenis sambal pedas yang sering kita temukan sambal Pecak biasan dan sambal Pecak kacang. Perbedaan hanya pada penambahan kacang tanah saja.

7. Pesmol

Olahan ikan satu ini ada dua khas daerah yaitu Betawi dan Sudah. Pesmol menambahkan kencur dan acar sementara Betawi menggunakan lebih banyak kemiri pada bumbu halusnya dan hanya menambahkan irisan tomat pada sajian terakhir.

8. Mangut Khas Jawa Tengah dan Yogyakarta

Siapa yang sudah mencoba Mangut Khas Jawa Tengah dan Yogya ini. Masakan bersantan ini biasanya menggunakan ikan lele, pari, patin, nila dan tongkol.
Sebelum pengolahan lebih lanjut ikan mereka goreng atau asap terlebih dahulu. Hal ini agar saat penambahan bumbu meresap dalam ikan dan ikan matang sempurna.

9. Rabo' ruan Khas Kalimantan Timur

Wah siapa yang tidak kenal dengan Rabo'ruan, yaitu olahan ikan suwir masak kering. Biasanya menggunakan ikan gabus yang sebelumnya dikukus kemudian mereka olah dengan bumbu dan santan. Rabo'ruan sering jadi oleh-oleh dan stok lauk kering.

10. Cakalang Khas Manado

Siapa yang tak kenal dengan Cakalang. Sangat familiar lidah Indonesia. Sering kali jadi sambal saat menyantap aneka hidangan. Olahan suwiran ikan kering ini juga sangat cocok jadi lauk kering dan isian panada. Biasa menggunakan ikan bertekstur daging tebal seperti Cakalang, tongkol, tuna dan tenggiri.

11. Ikan Woku Manado

Satu lagi menu ikan yang sangat terkenal di Manado yaitu Ikan Woku. Ciri khas olahan ini ada pada Bumbu Woku nya yaitu penambahan daun pandan, kemangi, daun jeruk, daun salam dan serai. Aroma bumbu sangat kuat dan terasa lezat.

12. Palumara Makassar

Olahan ikan kahs Makassar ini sangat sederhana sekali. Mirip sup ikan tapi berwarna kuning. Biasanya menggunakan bandeng dan tenggiri. Rasanya sangat segar dan kaya bumbu.

13. Ikan Bakar Manokwari Papua

Pada dasarnya tiap daerah memiliki bumbu ikan bakar khas masing-masing termasuk Manokwari Papua. Ciri khas Ikan bakar khas Manokwari ada pada ikan bakar yang kemudian siram sambal mentah. Sambal mentah terdiri dari cabai, bawang merah, dan garam saja. Tapi rasanya sangat lezat.

Nah, itulah beberapa kuliner Indonesia berbahan ikan yang bisa jadi inspirasi memasak. Semoga bermanfaat ya.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Jangan lupa bagikan artikel-artikel kami.

 

Check Also

2 Resep Bumbu Sate Ayam yang Wajib Anda Coba Dirumah

2 Resep Bumbu Sate Ayam yang Wajib Anda Coba Dirumah

Indonesia selain kaya dengan pesona keindahan alam, ternyata juga kaya akan kulinernya. Salah satu makanan …