Breaking News
Ide minuman takjil ramadhan
Kumpulan Ide Minuman Takjil Mudah Dibuat Selama Ramadhan. Foto Es Campur (Source Images: 123rf)

Kumpulan Ide Minuman Takjil Mudah Dibuat Selama Ramadhan

ERUDISI.com – Berikut kumpulan ide minuman takjil enak disajikan selama puasa. Tradisi masyarakat saat berbuka puasa adalah meneguk dingin yang manis karena akan membuat tenggorokan menjadi lebih . Banyak sekali ide yang bisa dibuat minuman dingin pelepas dahaga.

Takjil Mudah Dibuat Selama Ramadhan

1. Timun Jeruk Nipis Khas Aceh

Ternyata perpaduan timun dan jeruk nipis bisa memberikan sensasi segar lho. Cobain deh.

Bahan: 3 ketimun jepang, 1/2 buah melon, 200 gram gula pasi, 200 ml air, air perasan 3 buah jeruk nipis, 2 sdt kulit nipis, 5 lembar daun mint 2 buah jeruk nipis dan es batu secukupnya

Caranya: Larutkan gula pasir dengan air yang sudah dipanaskan.Setelah larut dan didinginkan, tambahkan air perasan jeruk nipis. Keruk mentimun dan melon yang sudah dibuang bijinya. Masukkan dalam larutan gula dan didiamkan selama kurang lebih satu jam. Tambahkan irisan jeruk nipis, daun mint yang disobek dan juga es batu.

2. Es Yakult Mix Melon

Rasa asem Yakult dicampur melon membuat rasa es ini begitu segar.

Bahan: ¼ buah melon, 2 botol yakult, 1 sdt  chia seed  (rendam air sampai berbentuk jelly), 100 ml air soda dan Es batu secukupnya

Caranya:  Blender buah melon dan sebagian dipotong kecil . Tambahkan es batu dan yakult. Setelah tercampur rata, tambahkan chia seed air soda dan aduk minuman hingga rata,  es yakult melon siap disajikan.

3. Jus Mangga Kekinian

Kumpulan minuman takjil satu ini perlu kiat coba buat saat bulan puasa. Perpaduan jus mangga, tambahan es krim dan potongan vanilla membuat jus ini begitu mengenyangkan. Yuk coba buat.

Bahan:  2 Buah mangga matang, 1 cup es krim vanilla dan  whipped cream secukupnya.

Caranya:  Potong dadu buah mangga dan , sebagian di blender menjadi jus.Masukkan es krim vanilla dalam jus mangga, kemudian tambahkan whipped cream secukupnya.Terakhir, taburkan sisa potongan buah mangga diatas whipped cream. Es buah mangga siap kita nikmati.

4. Kumpulan Ide Minuman Takjil: Es Doger

Siapa yang tak kenal dengan salah satu es khas Indonesia ini. Es jadul ini tidak pernah bosan untuk dinikmati.

Bahan: 200 gram daging kelapa muda 50 gram sagu mutiara, 75 gram tape ketan hitam, 100 gram tape singkong, 125 gram daging buah alpukat, 125 gram buah nangka yang telah dipotong dadu, Susu kental manis ½ kg gula pasir, 250 ml santan kental, ½ sendok teh garam dan Es serut

Cara Membuat: Rebus susu kental manis, santan kental, susu kental manis, pewarna merah dan garam gunakan api kecil hingga mendidih. Tiriskan.Setelah dingin, campurkan sirup es serut sembari diaduk hingga rata. Simpan di freezer hingga membeku.  Campurkan sagu mutiara, daging kelapa muda yang telah dikeruk, tape ketan hitam, tape singkong, daging alpukat dan buah nangka di dalam mangkok dan sirami lagi dengan susu kental manis sesuai selera. Siap kita nikmati.

5. Es Timun Suri

Jika Ramadan tiba, buah satu ini sangat mudah kita temukan. Buah ini sangat banyak yang suka untuk membuat es.

Bahan: 200 gram Timun Suri, 100 gram Buah Melon, 1 sdt perasan jeruk nipis, gula pasir secukupnya, nata de coco dan  es batu secukupnya

Cara membuat: Blender timun suri dan buah melon hingga merata. Campurkan air perasan jeruk nipis dan aduk. Tambahkan gula pasir sesuai selera.Masukkan dalam gelas dan tambahkan nata de coco sebagai pelengkap.

6.  Es Campur

Salah satu minuman buka puasa sejuta umat adalah es campur. Rasanya benar-benar menyegarkan.

Bahan: 200 gram daging buah kelapa muda, 150 gram daging buah nangka diiris-iris tanpa biji, 100 gram tape ketan hitam, 150 gram sagu mutiara siap pakai, 300 cc gula merah yang sudah dilarutkan, 1 liter santan, 1 sdt garam, 2 lembar daun pandan dan es batu secukupnya

Cara Membuat: Masak santan, garam dan daun pandan diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih. Tiriskan. Campurkan kelapa muda, nangka, sagu mutiara, dan tape ketan hitam di dalam mangkok atau gelas saji. Tambahkan es batu dan siram dengan rebusan santan yang telah dingin, es campur siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Itulah kumpulan ide Minuman Takjil yang mudah dibuat selama Ramadhan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Es Kuud Bandung

Panas-panas gini enaknya minum yang dingin-dingin bukan ? selain sirup ada juga loh minuman yang …