Langkah Menuju Keberhasilan dalam Berwirausaha

Menjadi seorang wirausahawan sukses, adalah impian setiap orang. Akan tetapi untuk mencapai kesuksesan seseorang harus memiliki visi yang jelas, kemauan dan keberanian menghadapi risiko. Selain itu, wirausahawan juga harus mampu membuat perencanaan yang baik tentang usaha yang akan dijalaninya, mengorganisasikan usahanya serta menjalankannya dengan sebaik-baiknya.

Untuk bisa menjadi wirausahawan sukses maka seseorang harus memiliki langkah-langkah yang tepat untuk menuju kesuksesan. Beberapa langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk menuju kesuksesan:

1. Mau bekerja keras

Adalah hal mustahil orang bisa sukses tanpa usaha keras. Seorang wirausahawan yang baru saja menjejakkan kakinya di dunia usaha, pasti pernah mengalami jatuh bangun, kegagalan dan kebangkrutan. Tetapi dengan semangat dan kerja keras, seorang wirausahawan akan mampu bangkit dan membangun usahanya kembali. Seseorang yang terjun menjadi seorang wirausahawan tidak bisa sukses hanya dengan berpangku tangan tapi harus terus berjuang dan berkorban.

2. Mau bekerja sama dengan orang lain

Manusia sering disebut sebagai zoon Politicon, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan bantuan orang lain maka tujuan yang anda cita-citakan akan mudah tercapai. Inilah yang disebut dengan manajemen yaitu ilmu atau seni bagaimana cara anda menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan yang telah anda tetapkan. Anda harus berperilaku menyenangkan bagi semua orang sehingga memudahkan dalam kerjasama untuk mencapai sebuah keberhasilan.

3. Penampilan yang baik

Ini bukan berarti anda harus memiliki wajah yang tampan dan cantik. Karena itu semua adalah faktor pembawaan yang tidak bisa anda ubah. Namun paling tidak Anda berpenampilan yang baik dari tata busana yang anda kenakan, dari raut wajah anda yang penuh senyum, penuh optimisme dan selain itu yang lebih penting adalah perilaku cantik yang ada dalam hati dan jiwa seorang calon wirausahawan, yaitu perilaku jujur dan disiplin.

Seorang pribadi yang baik, jujur dan disiplin akan mudah disenangi orang di manapun dia berada. Oleh karena itu dia akan mudah bekerja sama dengan orang lain. dengan hal tersebut anda akan mudah untuk meraih kesuksesan.

4. Yakin dan Percaya Diri

Self confidence atau kepercayaan diri akan memancarkan sifat optimisme yang akan membuat rekan atau investor anda mempercayai  apa yang sedang anda kerjakan. Sifat ini harus diimplementasikan dalam tindakan anda sehari-hari dengan ketekunan, kesabaran dan tanpa ragu untuk mengambil sebuah keputusan dan tindakan.

Sebab fondasi dasar yang harus anda bangun di dalam jiwa anda adalah keyakinan bahwa tugas anda hanyalah berikhtiar dengan bekerja sebaik-baiknya kemudian berserah diri dan bertawakal pada Tuhan tentang hasilnya.

5. Bijak dalam membuat keputusan

Seorang wirausahawan akan dihadapkan oleh dua pilihan yang harus dengan segera dipilih sebagai keputusan akhir. Seorang wirausahawan harus cerdas dan bijak dalam membuat keputusan. Oleh karena itu sebelum membuat keputusan maka buatlah pertimbangan yang matang, kumpulkan berbagai data dan informasi.

Mintalah pendapat kepada staf dan juga rekan bisnis anda setelah itu jangan ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan jalankan keputusan yang telah anda ambil dengan sebaik-baiknya. Seorang wirausahawan juga harus memikirkan alternatif atau cara-cara terbaik yang bisa diambil untuk bisa mendapatkan keputusan terbaik bagi perkembangan usahanya.

6. Mau untuk belajar dan menambah pengetahuan

Dalam menjalankan sebuah bisnis anda harus mengetahui peta pemasaran. Anda harus mengetahui pesaing anda. Anda juga harus mengetahui potensi perkembangan bisnis anda dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu seorang wirausaha harus selalu belajar dan mau belajar untuk menambah ilmu dan pengetahuannya. Baik di dunia kampus, sekolah, lembaga kursus bahkan di luar itu semua. Seorang wirausaha harus terus menambah ilmu dari pengalaman dan praktik lapangan yang telah dia lakukan.

7. Memiliki ambisi untuk maju

Ambisi di sini lebih tepatnya motivasi yang kuat yang ada dalam diri seseorang untuk maju. Karena dalam kehidupan, Anda akan mengalami banyak sekali cobaan. Orang yang berani gigih menghadapi cobaan, tantangan, dan halangan biasanya akan berhasil dalam kehidupannya. Sehingga seorang wirausaha harus mampu melihat ke depan untuk berjuang menggapai cita-cita yang telah ia idamkan.

8. Pandai dalam berkomunikasi

Untuk sukses menjalankan usaha, anda harus bisa memilih kata dalam menyampaikan ide yang ada di dalam pikiran anda. Anda harus bisa menggunakan tutur kata yang enak didengar dan menarik perhatian. Komunikasi yang baik ini harus disertai dengan perilaku konsistensi dalam kejujuran.  Karena dengan kejujuran pembicaraan anda akan dipercaya oleh lawan bicara anda terutama calon partner bisnis anda atau bahkan calon investor.