tanda-tanda pasti hamil
Ilustrasi test pack . Source Image: iStock

Malu Cek, Ini Cara Sederhana Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan

ERUDISI.com – Malu Ingin Cek, Ini Cara Sederhana Mengenal Tanda-tanda ! Banyak dari kita kadang malu untuk mengunjungi dokter karena sudah berapa kali salah duga. Kirain hamil ternyata tidak. Apalagi bagi yang baru akan .

Berikut cara sederhana yang bisa kita jadikan tanda-tanda kehamilan.

Lakukan Test Pack Terlebih Dahulu

Jika kita sudah telat datang bulan dan sudah lewat dari tanggalnya maka kita bisa melakukan test pack. Lakukan test pada saat pagi hari setelah bangun tidur. Hasil tes pada waktu ini dinilai lebih akurat.

Jika saat melakukan test pack ada tanda samar-samar, maka coba lagi lakukan beberapa kali agar bisa memutuskan apakah harus berkonsultasi dengan dokter atau tidak. Itu semua tergantung pada hasil test pack.

Lelah berlebihan

Selain melakukan test pack, tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah sering lelah. Biasa akan mengalami letih, lemah, lesu bahkan perasaan capek yang berlebihan. Bisa jadi ini tanda yang perlu diwaspadai dan segera ke bidan atau dokter.
Lelah berlebihan ini normal terjadi apalagi dalam tubuh kita adalah janin.

Tanda-Tanda Kehamilan: Payudara Bengkak

Jika ada tanda-tanda payudara mengembang maka ini bisa menjadi indikasi kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon sakan tubuh yang ikut merangsang bagian payudara. Jika ini terjadi maka segeralah konsultasi ke dokter

Sering buang air kecil

Ini tanda-tanda yang memang sangat condong kepada kehamilan. Biasanya orang yang sedang hamil akan sering ingin buang air kecil.

Sembelit

Susah BAB bisa memperkuat prediksi, lebih-lebih jika menu makanan masih sama seperti hari-hari biasa, tetapi kita merasa susah sekali buang air besar dan tidak lancar.

Penggelapan areola

Bagi wanita yang usianya masih muda dan baru menikah, hal ini susah dibedakan. Berbeda halnya bagi mereka yang sudah lama menikah, hal ini akan sangat nampak.

Naiknya temperatur basal tubuh.

Ini tanda kehamilan yang akurat, dipastikan  hamil. Pada waktu bangun tidur atau siang hari, tubuh  terasa hangat, semacam ada hawa hangat.

Muncul flek dan kram

Saat ini sudah bisa dipastikan hamil. Namun perlu diketahui, ini gejala yang buruk. Membutuhkan penanganan khusus, butuh istirahat total (bedrest).

Usahakan posisi kaki lebih tinggi daripada kepala, Hindari aktivitas hubungan badan, jalan-jalan, kecuali untuk BAB. Lakukan bedrest 1 hari atau 2 hari.

Jika masih dijumpai flek, bedrest mutlak ditambah. Flek ini biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana. Jangan salah kita artikan ini sebagai pertanda akan datangnya haid.

Lebih-lebih jika ada kram perut. Jika berhasil dan tidak haid, berarti hamil masih bisa dipertahankan. Usahakan 2 minggu setelahnya jangan mengangkat beban berat, naik tangga atau berhubungan badan.

Tes kehamilan.

Sebaiknya jika diantara tanda-tanda ini nampak, jika masih bingung apakah hamil atau tidak, silakan tes. Ini adalah cara terakhir yang sangat praktis. Lakukan tes kehamilan langsung ke dokter spesialis kandungan.

Tak perlu malu, apalagi tanda-tanda kehamilan diatas sudah sering terasa pada tubuh kita.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

Check Also

seks selama kehamilan

Berhubungan Selama Hamil: Amankah?

Jika Anda saat ini tengah hamil, mungkin Anda telah banyak mendapatkan informasi tentang hubungan seksual …