Mengapa Pesawat Memiliki Lubang Kecil di Jendela?

Pesawat terbang adalah moda transportasi paling aman di dunia. Meskipun ada serangkaian insiden tidak menyenangkan yang telah kita lihat dan dengar dalam beberapa tahun terakhir ini, tapi itu bukan berarti transportasi tersebut rawan mengalami kecelakaan setiap saat.

Selain itu, dengan bepergian dengan pesawat terbang, kita bisa menghemat waktu dibanding menggunakan transportasi lainnya.

Fungsi Lubang Kecil di Jendela Pesawat

Jika Anda duduk di sisi jendela pesawat terbang untuk mengamati pemandangan indah di luar pesawat, kemungkinan besar Anda melihat juga sebuah lubang kecil di kaca jendela tersebut. Jika Anda belum melihatnya tolong saat terbang berikutnya, teliti dengan seksama. 😀

Ternyata lubang kecil tersebut dibuat bukan tanpa alasan, tapi solusi teknis luar biasa untuk beberapa alasan penting bagi pesawat, seperti menghadapi perubahan suhu dan tekanan udara ketika berada pada ketinggian tertentu.

Berkat lubang kecil tersebut, pesawat dapat mengatur keseimbangan suhu dan tekanan udara di dalam kabin demi kenyamanan penumpang.

Lubang kecil itu juga mempunyai fungsi lain yang tak kalah pentingnya, yakni menghalau pembentukan embun di tengah kaca jendela yang juga dapat membahayakan keselamatan pesawat terbang.

Selain itu, jendela pesawat terbang terbuat dari tiga lapisan dengan kaca terpisah untuk melindungi penumpang dari pengaruh internal dan eksternal. Masing-masing struktur jendela tersebut terdapat jarak antara tertentu dengan fungsi tersendiri dan hanya lapisan kaca bagian tengah saja yang memiliki lubang kecil.

Tahukah Anda bahwa ketika pesawat terbang sudah lepas landas dan berada di ketinggian tertentu, maka perubahan tekanan udara di sisi luar pesawat terbang semakin berkurang atau menurun dibandingkan di dalam kabin?

Dan hal itu bisa teratasi salah satunya dengan adanya lubang kecil pada jendela pesawat. Ternyata hal-hal yang kelihatannya kecil seperti itu, sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan penumpang pesawat.

Oya, juga tahukah Anda, kenapa semua jendela pesawat dibuat bulat, bukan persegi dengan sudut-sudut tajam? Ternyata jendela pesawat dengan bentuk bulat lebih tahan dari retakan akibat tekanan dari dalam pesawat.