Mengenal Jenis-Jenis Sisir Rambut Serta Fungsinya

ERUDISI.com – Ayo siapa yang disini yang belum tahu dengan jenis-jenis sisir rambut beserta fungsinya? Banyak lho dari kita yang salah menggunakan alat mempercantik rambut

Juwita

Mengenal Jenis-Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya
Jenis-jenis sisir rambut dan fungsinya Source Images: Freepik

ERUDISI.com – Ayo siapa yang disini yang belum tahu dengan jenis-jenis sisir rambut beserta fungsinya? Banyak lho dari kita yang salah menggunakan alat mempercantik rambut satu ini. Bahkan akibatnya rambut menjadi tambah rusak dan rontok.

Tahukah sebenarnya jenis sisir di desain sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tidak semua sisir bisa digunakan oleh semua orang lho. Yuk kita bahas jenis sisir dan fungsinya satu per satu!

Rambut dan Fungsinya

Sebagian kita kebanyakan hanya tahu sisir berbentuk lurus. Padahal banyak lagi jenis-jenis sisir lainnya lho.

1. Curling Hair Brush

 

Jenis-jenis sisir rambut profesional
Source Image: click-n-curl.com

Model sisir rambut satu ini berfungsi untuk menggulung rambut ke dalam (ngeblow). Bentuk bulat ini agar rambut tampak lebih bervolume dan terlihat keriting. Sisir ini sangat cocok bagi yang suka ngeblow rambut.
Gunakan saat kalian sedang mengering rambut setelah keramas. Maka volume rambut yang diinginkan akan lebih terlihat rapi dan tahan lama.

2. Vented Hair Brush

Jenis sisir rambut rumahan
Jenis-Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya: Vented Hair Brush Source Images: daraz.pk

Vented Hair Brush ini khusus untuk memudahkan dalam mengurai dan merapikan kekusutan pada rambut keriting. Ciri unik dari sisir vented ini adalah banyak-banyak bulatan agar memudahkan dalam mengurai kekusutan pada rambut.

Bahkan untuk rambut yang mengembang juga sangat cocok menggunakan sisir ini lho.

3. Cushion Hair Brush

Jenis Sisir Rambut Menurut Ahli
Source Images: Alibaba

Cushion Hair Brush berfungsi untuk menyisir rambut tebal ke arah luar atau dalam. Selain itu untuk rambut yang tidak tebal juga bisa menggunakan sisir jenis ini agar rambutnya terlihat bervolume lebih. Sisir ini lebih cocok untuk rambut lurus dan panjang.
Bentuknya yang simpel memberikan kesan jenis ini sangat mudah digunakan.

4. Massage Hair Brush

Jenis-Jenis Sisir Rambut Sesuai Jenis Rambut
Sisir Pijat Source Images: thesun.com

Seperti namanya massage hair brush ini adalah sisir pemijat. Bentuknya memang terlihat berfungsi untuk merapikan rambut yang sekaligus untuk pemijatan kepala. Efek getaran yang dihasilkan oleh saat sedang menyisir memberikan efek pijatan ringan dan nyaman.

Benar-benar cocok bagi yang sering mengalami sakit kepala karena banyak pikiran atau banyak pekerjaan. Sehabis keramas gunakanlah jenis sisir ini untuk merelakskan kepala. Rambut rapi plus tubuh menjadi lebih relaks.

5.  Jenis-Jenis Sisir Rambut: Wide Tooth Comb

Jenis-Jenis Sisir
Sisir Lurus Source Images: Etsy

Nah,inilah sisir yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Padahal tidak semua jenis rambut lho cocok menggunakan sisir jenis ini. Jenis sisir ini berfungsi untuk memisahkan helaian rambut dan akan membuat rambut rapi.

Sisir ini sangat cocok digunakan saat rambut setengah basah atau kering. Agar rambut mudah diatur. Tapi jangan gunakan sisir jenis ini ya saat rambut kusut. Karena akan mengakibatkan rambut makin kusut dan susah terurai.

Cara Agar Rapi

Setelah kita mengetahui jenis-jenis sisir rambut dan fungsinya. Kita juga perlu mengetahui cara merawat rambut agar mudah disisir sesuai jenis rambut.

1. Kenali Jenis Rambut

Sangat penting seseorang mengetahui jenis rambut mereka agar keinginan agar rambut terawat bisa terwujud dengan maksimal. Beda jenis rambut akan beda jenis sampo yang akan digunakan.

2. Keramaslah Secara Teratur

Tahukah keramas setiap hari tidak bagus untuk rambut Anda. Lebih baik keramaslah setiap dua hari sekali atau mengikuti jenis rambut kalian. Rambut keriting sangat disarankan keramas tiga kali seminggu. Rambut berminyak sebaik rutin keramas agar menghindari rambut lepek dan rusak.

3. Gunakan Sampo dan Kondisioner Yang Tepat

Yup, penting sekali seseorang untuk mengetahui jenis sampo dan kondisioner mengikuti jenis rambut. Konsultasi kepada ahli rambut akan sangat baik. Penggunaan sampo dan kondisioner akan membuat rambut terawat.

4. Pilihlah Sisir Rambut Sesuai Jenis Rambut

Mengenal Jenis-Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya
Jenis-jenis sisir rambut dan fungsinya Source Images: Freepik

Ini sangat penting sekali untuk merawat rambut lho. Kenali jenis-jenis sisir dan sesuaikan dengan rambut kita. Hal ini penting sekali diperhatikan ya.

5. Berikan Treatment Khusus

Selain sampo kondisioner usahakan memberikan vitamin dan masker rambut secara berkala. Bisa sendiri di rumah atau ke perawatan rambut. Cara ini akan membuat rambut lebih terawat.

6. Penuhi Asupan Makanan Bergizi

Selain perawatan dari luar, kita juga perlu memperhatikan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kaya zat besi dan kalsium. Seperti sayur dan buah.

Jadi itulah penjelasan mengenai jenis-jenis sisir rambut, fungsi dan cara merawat rambut agar lebih sehat dan rapi. Semoga bermanfaat.

Related Post