Panduan MPASI Bayi 6 bulan
Source Image: Yummy Toodler Food

Panduan Pemberian Makanan Padat Pertama pada Bayi

ERUDISI.com – Ayah Bunda perlu panduan pemberian makanan padat pertama pada ? Apalagi bagi ayah bunda yang sedang mempersiapkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) untuk buah hati. Perlu baca artikel ini sampai habis.

Kenapa Penting Untuk Bayi?

Seperti yang disarankan oleh World Health Organization (WHO), pemberian MPASI sesuai 4 prinsip, yaitu tepat waktu, cukup, aman dan diberikan dengan pemberian makan yang tepat atau yang dikenal dengan responsive feeding.

Tepat waktu artinya bayi mulai diberikan makanan pada usia 6 bulan, dengan takaran yang cukup,.jenis makanan aman bagi bayi dan tentu saja pemberiannya tepat seusai usianya..

Hal ini dilakukan karena MPASI mulai diberikan karena pada usia 6 bulan ASI tidak lagi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sehingga perlu makanan pendamping. Selain itu juga membantu pembentukan kecerdasan otaknya dan tumbuh kembang mereka.

Inilah Panduan Pemberian Makanan Padat (MPASI) Pertama pada Bayi

1. Pastikan memilih bahan alami berkualitas baik.

Pilihlah bahan makanan yang alami dan berkualitas baik. Jangan memberikan makanan yang instan atau cepat saji. Bahkan kita tidak disarankan memberikan mereka penyedap pada makanan mereka. Lebih baik memilih bahan alami. Seperti membuat sendiri kaldu, menanam sayuran sendiri dan bahan alami lainnya.

2. Pilihlah Sayuran dan Buah Berwarna dan Segar

Memilih sayuran yang berwarna dan segar seperti wortel, tomat, dan bayam, akan menarik untuk mencoba lho. Bayi yang baru mulai makan akan tertarik dengan sayuran berwarna. Sedangkan buah, pilih yang segar, berwarna dan rasanya manis seperti pepaya, jeruk, melon, pisang.

Jika mereka belum bisa mengunyah bisa buat pure dengan tekstur halus seperti pure dan mulai bertambah kasar mengikuti usia anak.

3. Pilih bahan makanan yang bervariasi dan kompleks zat gizinya

MPASI diberikan agar mereka mengenal aneka makanan dengan tekstur dan rasanya berbeda. Bahkan disarankan memilih bahan makanan yang mengandung asam lemak essensial (Asam Linoliat/ Omega 6) dan asam linoleat karena akan berperan pen- ting dalam tumbuh kembang otak.

Masa-masa periode emas tumbuh kembang adalah usia 0 – 18 bulan. Semuanya didapat dari produk protein hewani, khususnya ikan laut, telur, daging merah, susu dan produk olahannya.

4. Cuci bersih sayur, buah, ikan dan daging sebelum diolah.

Buah-buahan dapat diberikan dalam bentuk pure atau diambil sarinya. Sebelum kita haluskan maka buah diseduh dengan air mendidih terlebih dahulu. Sayuran bisa direbus atau dikukus, kemudian setelah itu haluskan menggunakan blender.

Perlu juga diketahui untuk mencairkan pure buah dapat menggunakan susu formula atau ASI.

5. Panduan Pemberian Makanan Padat Pertama: Hindari penggunaan garam berlebihan

Sangat disarankan untuk bayi yang baru mengenal makanan padat untuk tidak memberikan garam. Lebih baik mendapatkan rasa dari bahan alami seperti irisan seledri dan daun bawang sebagai penambah aroma untuk bubur saring atau makanan tim.

Bisa juga menambahkan daun salam dan bumbu dapur lainnya untuk penguat rasa.

6. Sayur bayam harus segera dikonsumsi

Pastikan hanya memberikan sayur bayam hanya sekali dan jangan sampai dipanaskan kembali karena sangat berbahaya. Bayam yang sudah masak dan dipanaskan kembali mengandung nitrit yang bisa menyebabkan sel darah tidak dapat mengikat oksigen

7. Jangan lupa sterilkan peralatan makan setiap hari

Perlu diingat kuman dan bakteri bisa hidup dimana saja terutama peralatan yang kotor. Maka ingat sterilkan peralatan makan dan botol bayi setiap hari.

Itulah beberapa panduan pemberian makanan padat pertama pada bayi yang bisa ayah bunda ketahui. Ingatlah cari ilmunya sebelum kita melakukan apapun termasuk memberikan anak kita makanan.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi

Check Also

Penyebab jamur mulut pada bayi

Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya

ERUDISI.com – Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya. Tidak bisa kita pungkiri jamur …