Apakah Mengonsumsi Obat Mempengaruhi Hasil Tes Kehamilan?

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah melakukan tes kehamilan sementara Anda menjalani pengobatan tertentu bisa memberi hasil yang salah?

Pada umumnya tidak banyak obat-obatan yang mempengaruhi hasil tes kehamilan, baik hasil negatif (tidak hamil) atau pun hasil positif (hamil). Alasannya, karena tes kehamilan mengukur kadar dari human chorionic gonadotropin (hCG) pada darah atau urin. Sedangkan, mayoritas obat-obatan tidak akan menekan dengan cara apapun kadar hCG, atau pun menaikkannya.

Bagaimana dengan antibiotik?

Antibiotik diberikan untuk membantu tubuh Anda memerangi infeksi atau mencegah terjadinya infeksi. Obat-obatan jenis ini tidak mengandung hCG. Namun benar, bahwa antibiotik bisa mempengaruhi efektivitas kontrol kehamilan hormonal, terutama kontrasepsi oral (pil). Dengan kata lain, Anda berpotensi lebih besar untuk hamil jika menggunakan pil kontrasepsi sementara Anda juga mengonsumsi antibiotik.

Bagaimana pil kontrasepsi itu sendiri?

Pil kontrasepsi dan metode pengaturan kehamilan lainnya tidak akan mempengaruhi hasil tes kehamilan melalui urin atau darah. Ini karena mereka tidak mengandung hCG, tidak pula mempengaruhi kada hCG, kecuali dalam kasus bahwa Anda mengalami kehamilan, yang artinya bahwa upaya kontrasepsi Anda telah gagal.

Bagaimana dengan obat ilegal / terlarang?

Alkohol, mariyuana, kokain, tembakau, tidak ada satu pun yang menyebabkan kesalahan pada hasil tes kehamilan.

Obat-obatan yang mempengaruhi hasil tes kehamilan

Hanya obat-obatan yang benar telah diketahui menyebabkan hasil tes kehamilan yang salah, pada hasil positif terutama, yaitu obat-obatan yang mengandung hCG. Obat-obatan jenis ini biasanya digunakan sebagai penunjang pada terapi kesuburan.

Bagaimana jika saya merasa hasil tes kehamilan saya salah?

Jika Anda melakukan tes kehamilan dan berpikir bahwa hasil yang didapat keliru, pertama Anda harus menunggu beberapa hari ke depan dan lakukan tes ulang. Seringkali, Anda hanya terlalu dini melakukan tes kehamilan dan mendapat hasil keliru karena kadar hCG di tubuh Anda belum terdeteksi.

Jika Anda mendapat hasil positif dan Anda ragu akan hasil tersebut, atau sebaliknya selalu mendapatkan hasil negatif sementara Anda ragu akan hal itu, sudah saatnya Anda menghubungi dokter atau bidan untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut. Ini akan menghilangkan keraguan Anda seluruhnya.