Faktor penyebab bisnis gagal berkembang
Ilustrasi Source Image: Smart Blogger

Penyebab Bisnis Tidak Berkembang, Nomer 4 Paling Parah

ERUDISI.com – Penyebab tidak berkembang banyak sekali jadi kita mesti hati-hati memulainya. Jika ada pebisnis pemula yang masih berada di titik nol maka perlu tahu apa saja penyebab bisnis tidak berkembang..

Tidak Mengevaluasi Bisnis

Ketahuilah sekecil apapun bisnis yang kita jalankan maka jangan lupa selalu evaluasi dalam rentang waktu bisa seminggu, sebulan, semester atau tahunan. Jangan sampai karena sering tidak mengevaluasi menyebabkan bisnis kita terus mengalami kemunduran hingga . Jadi jangan pernah abaikan evaluasi. Bisnis besar bermula dari bisnis kecil.

Tim Kurang Solid

Bisnis biasanya tidak bisa kita jalani sendiri. Harus ada tim yang benar-benar solid satu sama lain. Percayalah bisnis itu adalah kerja bersama-sama jadi jangan sampai tidak ada kolaborasi antara satu dengan yang lain dalam tim.

Kurangnya Modal dan Pendanaan

Hukum semakin besar bisnis yang kita jalani maka semakin besar pula modalnya. Termasuk saat kita mengembangkan bisnis. Wajar jika tidak berkembang akibat kita tidak mau menambah pendanaan. Jadi bisnis akan terus berkembang jika terus ditambah pendanaannya.

Faktor penyebab bisnis gagal berkembang
Ilustrasi Source Image: Smart Blogger

Penarikan Uang untuk Pribadi Terlalu Cepat

Banyak dari kita terlalu cepat menarik uang hasil usahanya untuk keperluan pribadi. Padahal bisnis baru saja berkembang. Sebaiknya biarkan uang tersebut berkembang dan terus membuat bisnis kita berada pada kurva stabil.

Target Tidak Jelas

Benar banyak dari kita yang kadang sering mengabaikan target pasar. Misalnya kita memiliki target pasar anak muda masa kini jadi kita juga perlu membuat desain produk yang juga up to date. Kalau itu sudah kita lakukan maka target pasar kita sudah jelas.

SDM yang Tidak Memadai

Banyak dari kita yang bisnisnya tidak berkembang karena tidak memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Jalani psikotes agar tahu karakter dan kualitas SDM yang akan bergabung di tim kita.

Nah itulah beberapa penyebab bisnis kita tidak berkembang. Kamu paling setuju di nomer berapa ya?

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

Check Also

Ide sayur kemasan siap masak

20 Ide Paket Sayur Kemasan Bisa Jadi Inspirasi Bisnis Rumahan

ERUDISI.com – Ide paket sayur kemasan yang bisa jadi ladang cuan. Banyak sekali ide kreatif …