Pertama Kali Naik Pesawat Terbang? Tips Ini Mesti Anda Ketahui

Saya sering bepergian dengan pesawat terbang dan biasanya sebelum hari keberangkatan, saya mengistirahatkan diri secara total, seperti tidur dan bangun lebih awal agar tetap sehat bugar. Saya menghindari mengonsumsi kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein supaya bisa lebih cepat jatuh tidur malam.

Jika Anda akan bepergian dengan pesawat terbang untuk pertama kalinya, pastikan untuk memperhatikan beberapa rincian berikut ini:

1. Beli tiket pesawat terbang

Sebelum membeli tiket, tentukan waktu yang terbaik untuk bepergian dengan pesawat terbang dan dari kebanyakan orang biasanya memilih jadwal penerbangan pada pagi atau siang.

Datangi agen penjualan tiket pesawat terbang terpercaya yang ada di kota Anda dan katakan kepada penjual tiket bahwa Anda ingin booking tiket jadwal terbang. Setelah mendapat tiket pesawat terbang simpan di tempat aman.

2. Siapkan identitas diri yang masih berlaku

Bila Anda akan bepergian dalam negeri, jangan lupa persiapkan KTP atau Kartu Keluarga dan bila akan bepergian ke luar negeri siapkan passport dan KTP serta tiket pesawat terbang.

3. Datang ke bandar udara dua jam sebelum waktu keberangkatan

Ingat bahwa naik pesawat terbang berbeda dengan bus kota yang setiap menit ada yang berlalu lalang di jalan raya tanpa perlu beli tiket. Pesawat terbang hanya terbang berdasarkan jadwal. Selain itu, baik penumpang, barang bawaan penumpang dan pesawat terbang harus melalui berbagai macam prosedur pemeriksaan keamanan dan keselamatan yang cukup panjang.

Datang terlambat di bandara udara, maka jangan berharap Anda refund tiket pesawat atau ganti pesawat dengan jadwal penerbangan berbeda.

4. Kenakan pakaian yang tidak memerlukan ikat pinggang logam

Pemeriksaan di bandar udara sangat teliti, agar perangkat pemindai tidak “menjerit” saat menjalani pemeriksaan, Anda harus melepaskan semua benda logam yang menempel di tubuh.

Pokoknya hindari memakai ikat pinggang logam karena dapat menghemat waktu Anda dan waktu semua orang yang sedang menunggu dalam antrean.

5. Jangan terlalu banyak memakai perhiasan

Benda logam sangat tidak diinginkan di bandara. Jika Anda memiliki aksesoris dan perhiasan (tidak peduli apa kualitas mereka), pastikan sudah melepasnya sebelum melewati perangkat pemindai dengan menaruhya dalam keranjang, yang juga akan melewati alat pemindai.

6. Jangan memakai pakaian ketat

Melakukan perjalanan panjang dengan pesawat membuat tubuh berada dalam keadaan tidak aktif untuk waktu yang cukup lama. Keadaan ini dapat menyebabkan aliran darah melemah, hingga meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah atau masalah deep vein thrombosis.

Untuk itu, hindarilah memakai pakaian ketat. Pilih pakaian yang longgar dan sopan demi keselamatan Anda sendiri. Jangan lupa juga membawa jaket, karena suhu di dalam bandara dan kabin pesawat cukup dingin.

7. Bawa barang secukupnya

Bagasi yang lebih dari 20 kg akan dikenakan biaya tambahan, jadi bawalah barang secukupnya, serta hindari membawa benda tajam seperti pisau, gunting, gunting kuku, payung dan benda logam tajam lainnya.

8. Bawa minum dan makan sendiri

Tidak semua maskapai penerbangan menyediakan jatah makan dan minum kepada penumpang pesawat terbang. Selain itu, harga makanan di bandar udara biasanya sangat mahal. Jadi lebih baik bawalah bekal sendiri secukupnya.

9. Check-in di counter

Setelah tiba di bandara segera masuk ke dalam ruang check-in. Serahkan tiket dan KTP kepada petugas untuk diverifikasi dan menggantinya dengan tiket baru, yakni boarding pass.

10. Perhatikan dan baca dengan seksama tiket boarding pass

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dari tiket boarding pass, seperti gate (pintu keberangkatan penumpang), seat (nomor tempat duduk di kabin pesawat) dan jadwal terbang dan nomor pesawat terbang.

Setelah itu, pergi ke ruang tunggu pemberangkatan penumpang pesawat atau gate seperti yang tertera di tiket boarding pass. Tunggu sampai tiba jadwal terbang. Setelah dipanggil segeralah Anda masuk ke dalam pesawat.

Selamat terbang dan semoga selamat sampai tujuan.