Cara sambut dan merawat bayi baru lahir
Source Image: iStock

Sambut Bayi Baru Lahir, Ini 6 Hal Penting Diperhatikan Ayah Bunda

ERUDISI.com – Banyak cara sambut baru lahir, akan tetapi jangan asal-asalan dalam memperlakukan buah hati kita. Ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian ayah ibu.

Pentingnya Edukasi Sambut Bayi Baru Lahir

Realitanya banyak juga para orang tua yang bingung dengan cara memperlakukan bayi baru lahir dengan baik. Mereka kadang hanya berjalan berdasarkan insting atau ikut-ikutan gaya pengasuhan orang tua zaman dahulu yang jauh dari kata pengamatan. Akhirnya banyak bayi yang diasuh asalan.

Padahal treatment pada bayi baru lahir akan berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. Jadi ayah bunda perlu mengedukasi diri menyambut bayi baru lahir.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Sambut dan Merawat Bayi Baru Lahir

1. Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Buah Hati

Kebiasaan mencuci tangan akan sangat penting dilakukan baik ayah, bunda ataya anggota keluarga lainnya.

Karena bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat, sehingga, bayi rentan terinfeksi virus yang ada di sekitar mereka. .

2. Selalu berhati-hati dengan Bagian Kepala dan Leher Bayi

Saat mengangkat si kecil untuk digendong diayun atau menurunkannya ke tempat tidur, ayah bunda perlu perhatikan posisi kepala dan lehernya.  Jangan asal-asalan karena mereka belum kuat secara fisik dengan tubuh mereka sendiri.

3. Sambut Bayi Baru Lahir: Tidak Boleh Mengguncang si Kecil

Jangan pernah mengguncang tubuh bayi terutama bayi baru lahir.  Baik ketika bermain, menangis, ataupun membangunkan bayi.

Karena getaran yang terlalu kuat akan menyebabkan terjadinya perdarahan otak sampai kematian mendadak pada bayi lho.

Sebaiknya jika ingin menghibur atau mengajaknya bermain, serta membangunkannya dari tidur yang lelap, ayah bunda bisa meniup lembut pada bagian pipinya.

4. Hindari Barang-Barang Membahayakan Bayi

Bayi baru lahir sangat rentan dengan barang-barang berbahaya karena bisa melukai atau membahayakan kondisi bayi ya. Saat bepergian mengajak si kecil juga pastikan stroller ataupun kursi mobil benar-benar aman untuk bayi.

5. Awasi Dari Saudara Mereka Yang Masih Kecil

Jika Ayah bunda baru pengalaman pertama merawat anak kedua, dimana si bayi memiliki kakak. Pastikan Ayah bunda selalu mengawasi interaksi kakak dan adik.
Bisa jadi karena ketidaktahuan si kakak bisa membahayakan adiknya. Bisa saja digendong, ditindih, dicubit atau hal lain.

6. Periksakan Kesehatan Bayi Secara Rutin

Bayi baru lahir sangat penting untuk dilakukan pengamatan oleh dokter ahli sehingga bayi perlu rutin ke dokter.
Bayi perlu pemeriksaan  terkait APGAR (Activity, Pulse, Grimace, Appearance, dan Respiration), berat badan, lingkar kepala, , panjang badan bayi, respon refleks bay, hingga sirkulasi pernafasan bayi.

Itulah 6 hal yang perlu Bunda Ayah tahu dalam sambut bayi lahir serta merawatnya. Semoga bermanfaat ya.

Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Penyebab jamur mulut pada bayi

Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya

ERUDISI.com – Jamur Mulut Pada Bayi, Ini Cara Cepat Penyembuhannya. Tidak bisa kita pungkiri jamur …