Cara menanam cabe mudah di rumah
Source Images: Balcony Web Garden

Solusi Harga Cabe Naik, Tanam Sendiri Di Rumah Dengan Mudah

ERUDISI.com – Apa ya solusi harga cabe naik dan semakin melambung bahkan naik tiada ampun? Jangan panik. Berikut alternatif agar tetap happy meskipun harga cabe melangit.

Solusi untuk kita yang tetap ingin konsumsi cabe yang mengandung vitamin C yang katanya lebih tinggi dari buah jeruk ini.  Sangat mudah, kita cukup menanam sendiri di taman rumah kita. Tidak sulit kok.

Solusi Cabe Naik, Ini Cara Mudah Di

Perlu kita perhatikan bahwa untuk menanam cabe kita memiliki lahan yang tepat. Atau kita juga bisa menanam  dalam pot atau polybag.

Waktu tanamnya sendiri, umumnya membutuhkan waktu sekitar 2,5-3 bulan sejak pertama kali kita tanam. Masa tanam cabe biasanya selama 6 bulan atau lebih.

Bahkan cabe juga dapat tumbuh dan berbuah, hingga memiliki umur sekitar 24 bulan. Jika kita hitung frekuensi pada saat panen cabe, umumnya memakan waktu 15-18 kali panen. Jangan  khawatir atau takut gagal, karena menanam cabe di rumah sangatlah mudah.

Cara Menanam Cabe di Rumah

Tentukan Lokasi Tanam

Syarat lokasi penanaman yang perlu diperhatikan adalah

  1. Permukaan tanah harus antara 300-2.000 mdpl
  2. Suhu ideal adalah 24027 derajat Celcius
  3. Pastikan kondisi udara tidak terlalu lembab
  4.  Pastikan  lokasi media tanam harus terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. Tanah harus gembur dan pH tanah netral harus berkisar antara 5 hingga 7.

Siapkan Bibit

Oh ya tidak perlu membeli bibit, kita bisa menggunakan cabe yang ada saja.Caranya kupas cabe kemudian ambil bijinya dan jemur pada terik matahari, hingga kering.
Tapi jika tidak memiliki cabe dan tidak ingin repot bisa membeli saja di toko pertanian.

Semailah Cabe

Tahap berikutnya adalah  menyemai cabe.  Masukkan biji cabe kering, jangan lupa siram setiap hari. Jika ingin proses penyemaian cepat tumbuh, kita bisa melakukan penyemaian benih dengan cara berikut:

1. Siapkan polybag, pot kecil, atau spon busa atau tempat penyemaian.

Jika disemai di polibag, tambahkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.Rendam benih dalam air hangat, sekitar 3 jam. Kemudian, masukkan benih ke dalam polybag, tutupi benih dengan tanah sedalam 1 cm.

2. Letakkan di tempat yang masih aman dari sinar matahari, dan tunggu sampai benih berkecambah.

Solusi Harga Cabe Naik: Tahap Menanam

Setelah kita semai, kita akan  menunggu sampai berumur 4 minggu. Jika kecambah berumur 4 minggu atau sebulan, maka kita bisa memindahkan lahan yang sudah kita siapkan, baik langsung ke tanah gembur, ke dalam pot besar,  polybag berdiameter 30 cm dan tempat tanam lainnya.

Perlu kita ingat, saat memindahkan benih ke tanah, harap berhati-hati, agar tidak merusak akarnya ya.

Tahap Pemupukan Cabe

Selain menanam dan merawat, kita perlu memberikan pupuk pada cabe bisa menggunakan kompos. Hal ini akan menghasilkan cabe organik. Hasilnya, juga akan lebih baik dan sehat, tanpa adanya bahan kimia. Aman kita konsumsi.

Tahap Memanen

Inilah masa yang kita tunggu tentunya. Kita bisa memanen cabe pada pagi hari menggunakan gunting.. Pemanenan ini bisa kita lakukan berkali-kali , selama kita bisa merawatnya.

Dari beberapa pengalaman cabe bisa kita panen 18 kali atau lebih tergantung perawatan.

Nah itulah solusi cabe naik yang bisa kita terapkan. Meskipun harga naik, kita akam tetap tenang sepanjang waktu. Semoga menginspirasi ya.

Temukan jawaban dan inspirasi bersama Erudisi dimana saja dan kapan saja. Support kami selalu ya dengan selalu membagikan artikel-artikel kami. Terima kasih.